Tempat Wisata

Tiket Pantai Klayar Pacitan & 5 Pesona Desember 2022

Harga tiket masuk ke Pantai Klaya: Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon : -. Alamat : Kendal, Sendang, Donorojo, Pacitan, Jawa Timur, Indonesia, 63554.

Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia membuat kawasan pantainya terkenal dengan ombaknya yang liar. Meski demikian, jangan tinggalkan pesona keindahan pantainya. Suka Pantai Klayar di Pacitan, Jawa Timur.

Selama ini Pacitan dikenal memiliki banyak tempat wisata pantai, salah satunya Klayar. Keindahannya sama sekali tidak kalah dengan pantai-pantai di Bali. Ditambah dengan pasir putih dan laut biru jernih memberikan kesan liburan yang tak terlupakan.

Harga tiket masuk pantai Klaya

Untuk menikmati objek wisata yang indah ini, pengunjung tidak perlu khawatir tentang biaya. Karena tiket masuknya cukup murah dan sangat terjangkau. Begitu juga dengan tarif parkir yang berlaku, dibayarkan untuk semua kendaraan.

Harga tiket masuk pantai Klaya
Tiket dewasa Rp 15.000
Tiket masuk untuk anak-anak Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas ke Pantai WATU KARUNG Pacitan

Syarat dan Ketentuan Mengunjungi Pantai Klayar:

  • Wajib mematuhi protokol kesehatan.
  • Wajib memiliki dan menggunakan aplikasi PeduliLindendi untuk screening.
  • Anak-anak di bawah usia 12 tahun dapat berkunjung dengan pengawasan orang tua.

Jam buka Pantai Klajar

Pengunjung dapat menikmati objek wisata ini kapan saja. Karena buka setiap hari dan selama 24 jam. Namun tentunya pengunjung juga harus berhati-hati dengan ombak yang tinggi.

jam operasi
Setiap hari 24 jam

Pesona keindahan pasir putih dan laut biru di Pantai Klayar

Pemandangan Pantai KlayarPerpaduan antara laut biru, pasir putih, dan hijaunya pohon kelapa menjadikan pantai ini salah satu spot yang paling diminati wisatawan. Foto: Tabung Gmap/MWID

Begitu Anda memasuki area pantai, pemandangan yang menakjubkan menyambut Anda. Terutama pantai berpasir putih yang menemani Anda di setiap belokan. Seperti belaian lembut dan menyenangkan di telapak kaki.

Selain itu, angin sepoi-sepoi membawa aroma pantai yang begitu menenangkan. Ditambah dengan suara ombak yang begitu riuh menyapa iringan air yang menyapu bibir pantai. Terakhir, warna biru menyatu dengan putihnya pasir.

Pantai Klajar terlihat semakin eksotis karena adanya pohon-pohon mirip pantai yang berdiri tegak di sisinya. Apalagi ditambah dengan bebatuan yang berdiri tegak, siap menjadi penahan ombak besar. Perpaduan laut, pasir putih, pepohonan dan bebatuan menciptakan panorama yang sempurna.

Baca: 7 Tempat Wisata Terbaik di Pacitan

Batu Sphinx

Sphinx Rock yang cukup unikBatu yang mirip dengan patung Sphinx. Foto: Gmap/Bangkit Setyo

Pantai Klajar dikelilingi bebatuan. Terumbu karangnya besar, memungkinkan mereka menyebarkan ombak ke pantai. Terumbu ini juga terlihat sangat kokoh berdiri, dengan warna bebatuan khas pantai.

Selain itu, kekhasan lainnya adalah terdapat sebuah batu besar dengan bentuk yang berbeda di sini. Bentuk batu ini menyerupai patung Sphinx yang berbentuk singa seperti di Mesir. Hanya bedanya, tidak ada ukiran wajah karena terbentuk secara alami.

Tidak persis sama, tapi siluetnya sangat mirip. Seperti patung Sphinx yang menjaga laut. Tak heran jika pengunjung menyebutnya Patung Sphinx, menjadikannya kesempatan berfoto yang populer.

Seruling Paus Pantai Klayar

Gelombang menerjang bebatuanGelombang besar. Foto: Gmap/Hudha ae Wakid

Bebatuan di Pantai Klayar memang sangat unik. Berbeda dengan patung Sphinx, ada lagi batu seruling paus. Batuan ini tidak berbentuk seperti ikan paus, melainkan batu biasa.

Namun yang membuatnya unik adalah batu ini bisa menyemburkan air seperti ikan paus. Saat meludah, terdengar seperti peluit ikan paus. Itu sebabnya disebut juga “seruling paus”.

Sedangkan semburan air berasal dari ombak yang menghantam bebatuan berlubang. Air masuk dari lubang dan menyembur ke atas. Inilah mengapa air bisa menyembur dan mengeluarkan suara seperti ikan paus.

bermain di pantai

Turis bermain di pantaiGaris pantai yang panjang dan lebar memudahkan pengunjung untuk bermain di pantai, dan permainan ATV juga tersedia di sini. Foto: Google Maps/Alfany Perdani

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menikmati Pantai Klajar. Meski begitu, pengunjung tidak bisa menyelam atau snorkeling di sini. Itu karena ombaknya sangat tinggi dan besar sehingga berbahaya.

Pengunjung juga tidak diperbolehkan berenang di pantai. Karena ombak besar bisa menghanyutkan bahkan menabrak karang. Olahraga air tidak tersebar luas di pantai.

Namun jangan khawatir, pengunjung tetap bisa menikmati keindahan Pantai Klayar. Pengunjung bisa berjalan menyusuri pantai dan tentunya berfoto dengan latar belakang yang indah. Pengunjung juga bisa memanjat bebatuan untuk mendapatkan tempat menarik.

matahari terbit dan matahari terbenam

Pantai adalah tempat yang tepat untuk menyaksikan matahari terbit atau terbenam. Pantai Klajar tidak memiliki jam buka, sehingga pengunjung bisa datang kapan saja.

Pagi-pagi sekali pengunjung bisa mendatangi objek wisata ini. Tunggu matahari terbit di ufuk timur sambil berfoto karena matahari baru akan terbit.

Saat senja, pengunjung bisa menyaksikan keindahan matahari kembali tidur. Momen ini sangat ditunggu-tunggu oleh para pemburu matahari terbenam yang siap dengan kamera.

Akomodasi di Pantai Klayar, Pacitan

Kinasih Homestay Pantai KlayarSalah satu homestay pantai ini sangat cocok bagi yang ingin langsung merasakan suasana pantai. Foto: Google Maps/Fajar

Wisatawan yang ingin menginap di sini bisa menginap di sekitar kawasan pantai. Sebenarnya tidak banyak penginapan yang bertipe hotel, tetapi ada yang bertipe penginapan keluarga tamu banyak tersedia. Bahkan beberapa keluarga tamu Itu langsung di pantai.

Untuk harga penginapan di Pantai Klayar sendiri relatif terjangkau. Harga akomodasi berdasarkan jenis keluarga tamu ditawarkan mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 500.000. Sedangkan penginapan ala resort bisa mencapai Rp 800.000 hingga Rp 2.000.000 per malam.

Rute pantai Klayar

Objek wisata tepi pantai ini terletak kurang lebih 34 kilometer dari pusat kota Pacitan. Transportasi umum menuju pantai masih sulit. Jika Anda datang dari pusat kota Pacitan, Anda bisa menggunakan transportasi menuju Pasar Punung atau Pasar Donorejo. Dari pasar ini kita lanjutkan dengan ojek. Jaraknya sekitar 20 kilometer.

Sementara itu, wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan dapat melalui Jalan Nasional dan Jl. Pringku saya. Setelah jalan ini, Anda juga bisa singgah di objek wisata lainnya seperti Goa Gong. Kondisi jalan menuju pantai relatif baik dan nyaman untuk mobil dan motor.

Lokasi Pantai Klayar

Properti wisata pantai ini terletak di Kendal, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan. Jaraknya kurang lebih 35 kilometer dari pusat kota Pacitan. Dapat dicapai dalam waktu sekitar 1 jam berkendara di jalan yang sudah berkembang dengan baik.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button