Berita Wisata

Bendungan Ciawi dan Sukamahi akan menjadi tempat wisata

JAKARTA, KOMPAS.com- Presiden Joko Widodo mengatakan Bendungan Ciawi dan Sukamahi yang baru diresmikan di Kabupaten Bogor akan dijadikan destinasi wisata.

Jokowi mengatakan kedua bendungan itu memiliki arsitektur yang sangat menarik untuk dijadikan tempat wisata.

“Ini bukan pertanyaan teknis, bukan hanya pertanyaan komersial. rekayasatapi kita lihat arsitekturnya sangat bagus untuk pariwisata, Ciawi dan Sukamahi, keduanya akan digunakan untuk pariwisata,” kata Jokowi usai pelantikan, Jumat (23/12/2022).

Baca juga: Diresmikan Jokowi, Bendungan Ciawi-Sukamahi merupakan bendungan kering pertama di Indonesia

Bambang Heri Mulyono, Direktur Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung-Cisadane, mengatakan kedua bendungan itu bisa dijadikan tempat wisata karena merupakan bendungan kering.

Dijelaskannya, bendungan ini berbeda dengan bendungan pada umumnya yang setelah dieksploitasi akan menampung air dan membentuk danau di hulu.

Bendungan Ciawi dan Sukamahi, kata dia, difungsikan sebagai penahan banjir sehingga digunakan untuk menahan air jika terjadi banjir di daerah hilir.

Baca juga: Jokowi Resmikan Bendungan Ciawi dan Sukamahi, Diklaim Mampu Kendalikan Banjir Jakarta

“Kalau kondisi normal, tidak ada banjir, maka air mengalir dengan normal. Jadi, ketika tidak ada banjir, bendungan tidak terisi air, kering, makanya kita sebut bendungan kering,” kata Bambang. . .

Karena itu, menurut Bambang, kawasan Bendungan Ciawi dan Sukamahi juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan, termasuk pariwisata.

“Di sini nanti bisa digunakan untuk wisata atau kegiatan di luar yang lain, mungkin untuk berkemah atau aktivitas di luar lainnya,” kata Bambang.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terbaru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button