Berita Wisata

11 rekomendasi tempat wisata di Dieng untuk liburan akhir tahun

Dieng merupakan sebuah daerah di Jawa Tengah yang biasa juga disebut Dataran Tinggi Dieng. Namun, ternyata Dataran Tinggi Dieng terletak di dua kabupaten, kamu tahu. Yakni Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara dengan kawasan wisata Dieng Kulon di Banjarnegara dan Dieng Wetan di Wonosobo.

Namun, setiap daerah memiliki objek wisata yang tak kalah indahnya. Yuk, simak rekomendasi tempat wisata di Dieng berikut ini!

1. Bukit Sikunir

11 Rekomendasi Tempat Wisata Dieng Dieng yang Cocok Untuk Liburan Akhir TahunBukit Sikunir (instagram.com/keke_mamiung)

Hal pertama yang tidak boleh Anda lewatkan adalah wisata alam bukit Sikunir. Obyek wisata ini terkenal matahari terbit emas-begitu banyak pengunjung berburu Matahari terbit di Bukit Sikunir saat berlibur di Dieng. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan Gunung Sindoro dan bagi pengunjung yang ingin bermalam, Anda bisa berkemah di sekitar Telaga Cebong dekat Bukit Sikunir.

Bukit Sikunir yang terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo ini dapat diakses dengan mobil atau motor, jadi jangan khawatir jika kesulitan untuk menuju ke tempat ini.

2. Danau warna

11 Rekomendasi Tempat Wisata Dieng Dieng yang Cocok Untuk Liburan Akhir TahunTelaga Warna (instagram.com/tania_arbi)

Obyek wisata ini merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Wonosobo yaitu Telaga Warna. Telaga warna ini memiliki kekhasan tersendiri yaitu warna airnya yang berubah-ubah, terkadang hijau dan kuning atau berwarna seperti pelangi. Di sekitar Telaga Warna juga terdapat beberapa goa dan pertapaan yang wajib dikunjungi untuk menimba ilmu.

Kawasan wisata yang terletak di Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

3. Bukit Sidengkeng

11 Rekomendasi Tempat Wisata Dieng Dieng yang Cocok Untuk Liburan Akhir TahunBukit Sidengkeng (instagram.com/dina_septiana02)

Di bukit Sidengkeng, Anda juga bisa menikmati matahari terbit dengan panorama pegunungan. Panorama yang luar biasa ini benar-benar memanjakan mata Anda, sehingga Anda akan terpuaskan dengan keindahan alam Bukit Sidengkeng selama berkunjung.

Bukit Sidengkeng terletak di Taman Petak 9 Telaga Warna Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, dimana cbidang amplifikasi jika Anda berencana menginap di Bukit Sidengkeng.

4. Ratapan Angin Batu Pandang

11 Rekomendasi Tempat Wisata Dieng Dieng yang Cocok Untuk Liburan Akhir TahunAngin Ratapan oleh Batu Pandang (instagram.com/annybell.exp)

Masih di tempat yang sama dengan Telaga Warna, Batu Pandang Ratapan Angin tak kalah indahnya dengan danau. Dari Batu Pandang Ratapan Angin, Anda bisa menikmati keindahan Telaga Warna dan Pengilon yang mempesona.

Lokasi Batu Pandang Ratapan Angin ini berada di Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Untuk operasionalnya buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 17.30 WIB.

5. Batu Angkruk

11 Rekomendasi Tempat Wisata Dieng Dieng yang Cocok Untuk Liburan Akhir TahunBatu Angkruk (instagram.com/liatemanggung)

Obyek wisata ini merupakan tujuan wisata yang anti tradisional. Batu Angkruk mengusung konsep pariwisata selfie terbaik sehingga Anda akan menemukan berbagai spot foto yang indah dan instagrammable salah satu yang paling terkenal adalah teras kaca. Selain itu, di Batu Angkruk juga tersedia tas kacang yang bisa dijadikan tempat bersantai sambil menikmati matahari terbenam jika Anda berkunjung pada sore hari.

Lokasi Batu Angkruk ini berada di Jl. Dieng, Rejosari, Tambi, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo dan operasionalnya buka setiap hari mulai pukul 04:00 hingga 19:00 WIB.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Hotel Bintang Lima Terbaik di Semarang, Liburan Mewah

6. Tuk Bimo Lukar

Lanjutkan membaca artikel di bawah ini

Pilihan Editor

11 Rekomendasi Tempat Wisata Dieng Dieng yang Cocok Untuk Liburan Akhir TahunTuk Bimo Lukar (instagram.com/marynashanty)

Benda ini merupakan peninggalan peradaban masa lalu. Tuk Bimo Lukar merupakan sumber mata air pada masa Mataram Kuno dan juga menjadi sumber Sungai Serayu. Saat berkunjung ke Tuk Bimo Lukar, Anda bisa menikmati air sambil minum atau cuci muka yang dipercaya bisa membuat awet muda.

Tuk Bimo Lukar terletak di Kalilembu, Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo yang buka 24 jam setiap hari sehingga Anda dapat mengunjungi Tuk Bimo Lukar kapan pun Anda mau.

7. Kawah Sikidang

11 Rekomendasi Tempat Wisata Dieng Dieng yang Cocok Untuk Liburan Akhir TahunKawah Sikidang (instagram.com/damarprasetyo_)

Kawah Sikidang merupakan kawah aktif terbesar di Dataran Tinggi Dieng. Kawah Sikidang memiliki danau air panas kecil dengan air yang selalu mendidih dan memiliki titik sebar yang berpindah-pindah. Oleh karena itu, karena kawasan Kawah Sikidang masih aktif, disarankan untuk menggunakan masker saat berkunjung karena bau asapnya cukup menyengat.

Kawah ini terletak di desa Dieng Kulon, Batur, Kabupaten Banjarnegara dan beroperasi setiap hari mulai pukul 07:00 hingga 17:00 WIB.

8. Kawah Sileri

11 Rekomendasi Tempat Wisata Dieng Dieng yang Cocok Untuk Liburan Akhir TahunKawah Sileri (instagram.com/anityarahayu)

Kawah Sileri juga merupakan kawah vulkanik aktif di Dataran Tinggi Dieng. Kawah Sileri menyimpan banyak cerita dan memiliki masa lalu yang kelam. Kawah ini pernah menenggelamkan sebuah desa bahkan hingga saat ini masih ada mitos yang beredar di masyarakat tentang asal muasal kawah Sileri ini.

Namun terlepas dari itu, pesona kawah unik ini masih bisa diapresiasi keindahannya. Kawah Sileri terletak di Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Untuk operasionalnya, kawah ini dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

9. Danau Merdada

11 Rekomendasi Tempat Wisata Dieng Dieng yang Cocok Untuk Liburan Akhir TahunDanau Merdada (instagram.com/musickshot)

Destinasi wisata unik ini berupa sebuah danau yang akan memberikan rasa ketenangan bagi para pengunjungnya. Selain menawarkan ketenangan, di Danau Merdada Anda juga bisa menikmati wisata perahu, berkemah, dan memancing. Selain dapat memanjakan pengunjung, Telaga Merdada juga memiliki kelebihan bagi warga sekitar yaitu air telaga ini merupakan sumber air yang penting bagi para petani setempat.

Danau Merdada terletak di Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Untuk operasionalnya buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

10. Padang Savana Dieng

11 Rekomendasi Tempat Wisata Dieng Dieng yang Cocok Untuk Liburan Akhir TahunPadang Savana Dieng (instagram.com/ddintyaaa)

Padang Savana Dieng recommended banget buat kalian yang suka berkemah. Dengan pemandangan pegunungan yang luar biasa, padang rumput yang hijau ini benar-benar memanjakan mata dan memberikan ketenangan. Menciptakan suasana damai sambil menyaksikan rerumputan hijau tertiup angin, Padang Savana Dieng adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi penyembuhan.

Lokasi Dieng Savana berada di Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Untuk pengoperasian destinasi wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07:00 hingga 17:00 WIB.

11. Candi Arjuna

11 Rekomendasi Tempat Wisata Dieng Dieng yang Cocok Untuk Liburan Akhir TahunCandi Arjuna (instagram.com/meytaputripr_)

Candi Arjuna merupakan bangunan candi Hindu yang terletak di Dataran Tinggi Dieng, dianggap sebagai candi tertua. Karena destinasi wisata Candi Arjuna ini sarat akan sejarah, adat istiadat dan budaya, sehingga sangat cocok bagi anda untuk mengunjungi objek sejarah dan budaya ini.

Lokasi Candi Arjuna berada di Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Untuk pengoperasian Candi Arjuna buka setiap hari mulai pukul 07:00 hingga 17:00 WIB

Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Dieng yang bisa dijadikan referensi saat musim liburan atau saat akhir pekan. Nah, apa saja tempat menarik di Dieng yang ingin kamu kunjungi?

Baca Juga: 8 Rekomendasi Tempat Wisata Menarik di Tawangmangu, Tak Akan Menyesal!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button