Berita Wisata

Kapolres Teluk Bintuni Pimpin Operasi Penahanan Apel Pasukan Lilin Mansinam -2022 Polsek Teluk Bintuni Tahun 2022

Polda Papua Barat – Sesuai surat telegram Polda Papua Barat nomor: STR/516/XII/OPS.1.3./2022 tanggal 6 Desember 2022 perihal penanggalan Kamtibmas 2022 perihal peringatan hari besar keagamaan nasional, khususnya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Bertempat di Call Ground Polres Teluk Bintuni, digelar Seruan Penyelenggaraan Operasi Lilin Mansinam -2022 Pasukan Polres Teluk Bintuni Tahun 2022. Jum’at 23/12/2022

Kapolres Teluk Bintuni Kapolres Teluk Bintuni AKBP JUNOV SIREGAR, SH, SIKMKP, Kabag Umum AKP Kapolres VHALIO AGAFE, SIK, MH, Kasat Komando IPDA PASHA A. NUGRAHA , S.Tr.K.

Yang dilacak oleh Apple Union; 1 Peleton Gabungan Pom/Provos, 1 Peleton Kodim 1806 Bintuni, 1 Peleton Brigif 26/GP Bintuni, 1 Peleton/Kompi Bintuni 13/A, 1 Peleton Polisi Samapta Teluk Bintuni, 1 Peleton Polisi Air Teluk Bintuni, 1 Sat Kemudian Peleton Polsek Teluk Bintuni Bintuni, 1 Peleton/Staf Gabungan Polisi, 1 Peleton Intel/Reskrit/Narkoba, 1 Peleton Sat Pol PP, 1 Peleton Basarnas, 1 Peleton Sarpras (kendaraan ranmor R4 dan R2).

Hadir sebagai tamu; Dandim 1806 Teluk Bintuni, Densubdenpom Teluk Bintuni, Danpos AL Teluk Bintuni, Danki Brimob dan Kepala Basarnas.

Kapolres Teluk Bintuni membacakan pesan Kapolres, Alhamdulillah kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, kami

masih sehat, serta kuat untuk menghadiri “Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022”.

Sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, saya mengucapkan terima kasih dan

apresiasi setinggi-tingginya, kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam pengerahan pasukan Operasi Lilin tahun 2022.

Pemanggilan pasukan merupakan salah satu bentuk pemeriksaan terakhir kesiapan personel dan infrastruktur. Jadi, diharapkan

pengamanan dapat tercapai secara maksimal dan sinergis, sehingga perayaan Natal tahun 2022 dan Tahun Baru

Hanya 2023 (Nataru) yang dapat berfungsi dengan baik.

Seperti kita ketahui laju pertumbuhan Covid-19 di Indonesia terkendali, pemerintah menyediakan

pelonggaran berbagai kegiatan masyarakat termasuk Nataru dengan menetapkan semua

berada pada tingkat PPKM 1.

Momentum Nataru selalu ditunggu-tunggu oleh

masyarakat Indonesia pada setiap akhir tahun dengan melakukan berbagai kegiatan, sehingga tentunya hal ini berimplikasi pada peningkatan mobilitas masyarakat.

Inilah hasilnya

Survei Departemen Perhubungan diperkirakan akan ada 44,17 juta orang bepergian di Nataru tahun ini.

Oleh karena itu, Polri dengan dukungan TNI, K/L, Pemda, mitra Kamtibmas dan stakeholder terkait menyelenggarakan operasi penertiban secara terpusat dengan

kode operasi Lilin 2022 selama 11 hari, mulai tanggal 23 Desember 2022 sampai dengan tanggal 2 Januari 2023, dan seterusnya.

dengan KRYD dari 3 Januari hingga Januari 2023.

Operasi Lilin 2022 terdiri dari total 166.322 personel gabungan yang ditempatkan di 1.845 posisi

keamanan, 695 stasiun layanan dan 89 stasiun terpadu, untuk mengamankan 52.636 objek keamanan.

Hal-hal berbeda tersebut tentunya sudah disiapkan demi mengamankan aktivitas Nataru.

masyarakat merasa nyaman dan aman, seperti yang diminta oleh Presiden Joko Widodo bahwa “Saya minta kesiapan seluruh sektor dan pemangku kepentingan untuk mengantisipasi gangguan dan permasalahan pada Natal dan tahun baru ini agar benar-benar siap, sehingga masyarakat merasa nyaman dan juga aman” .

Jadikan pengaturan rekayasa lalu lintas untuk Idul Fitri 2022 sebagai acuan. Penerapan arus balik dan

jalan tol dan arteri satu arah harus dilakukan secara fleksibel, menyesuaikan dengan situasi di Indonesia

lapangan dan mengacu pada data volume kendaraan dari perhitungan lalu lintas PT. Jasa Marga. Selain itu, lakukan

Sosialisasi masif sebelum rekayasa lalu lintas agar masyarakat terinformasi dengan baik.

Selain jalan tol dan jalan arteri, rekayasa lalu lintas juga harus dilakukan di pelabuhan penyeberangan. Pastikan tidak ada penumpukan kendaraan

akan melakukan penyeberangan dengan menambah jumlah kapal, menggunakan pelabuhan alternatif dan menyediakan tempat parkir yang memadai.

Dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan menggunakan moda transportasi umum di bandara, terminal dan

kemudian mengatur waktu keberangkatan, mendorong pembelian tiket secara online dan mengatur arus masuk dan keluar dengan pemangku kepentingan terkait, untuk mengantisipasi masuknya penumpang.

Selain itu, mengintensifkan patroli jalan kaki sebagai bagian dari sosialisasi program kesehatan dan pencegahan kenakalan.

Selanjutnya terkait dengan kejahatan konvensional. Berdasarkan anev tahun 2021 tingkat kriminalitas tertinggi

pada bulan Desember didominasi oleh jenis kejahatan konvensional. Melihat hal tersebut, tingkatkan patroli di daerah rawan dan objek vital dan lakukan

sosialisasi untuk meningkatkan standar keamanan lingkungan dan pemukiman, khususnya untuk

masyarakat yang bepergian.

Ancaman teroris juga merupakan potensi gangguan serius. Harus saya tekankan, tidak ada aksi terorisme seperti di Polsek Astana Anyar

Bisa terjadi. Oleh karena itu, dengan mengutamakan deteksi dini dan serangan preventif untuk mencegah aksi terorisme,

serta melakukan penjagaan ketat di pusat-pusat keramaian dan tempat ibadah yang berpeluang menjadi sasaran serangan teroris.

Kemudian dikaitkan dengan ancaman bencana alam. Mempersiapkan tim tanggap bencana, tim rehabilitasi dan

infrastruktur pendukung, serta penguatan pendidikan tanggap bencana kepada masyarakat, sehingga kita mampu melakukan respon cepat

untuk mitigasi bencana.

Selain itu, yang tidak kalah penting terkait dengan pengendalian ketahanan pangan dan energi.

Tindak lanjut di lapangan dengan kelompok kerja pangan dan pemangku kepentingan terkait untuk memastikan ketersediaan pasokan pangan. Menyarankan para pedagang untuk tidak menimbun atau menahan persediaan, yang tentunya dapat mengakibatkan kelangkaan atau kenaikan harga. Jika ada

upaya para spekulan, lakukan secara prosedural, namun tidak mengganggu distribusi dan ketersediaan pangan di lapangan. Begitu pula dengan BBM, berkoordinasi dengan Pertamina, Pemda dan stakeholder terkait, untuk memastikan ketersediaan stok BBM dan memastikan berbagai layanan Pertamina disiapkan.

dapat melayani masyarakat dengan baik.

Kemudian khusus untuk pengamanan ibadah Natal, memastikan setiap tempat ibadah disterilkan dengan melibatkan TNI, BNPT, Brimob Jibom, K-9 dan Densus 88/AT. Selain itu, juga melibatkan elemen masyarakat

mengikutsertakan ormas-ormas keagamaan dalam mengamankan kebaktian Natal sebagai bentuk toleransi beragama.

Dalam pengamanan objek wisata, akses jalan menuju objek wisata tidak boleh menimbulkan kemacetan lalu lintas dengan menyediakan tempat parkir dan mengatur jalur keluar masuk yang baik, serta mengimbau wisatawan untuk menghormati protokol kesehatan. Khusus objek wisata alam, menyiapkan tim tanggap bencana untuk mengantisipasi bencana alam.

Sedangkan untuk mengamankan perayaan tahun baru, memperketat izin kegiatan keramaian dengan melakukan penjajakan bekerjasama dengan penyelenggara dan pemangku kepentingan terkait, terutama kegiatan yang melibatkan banyak orang. Ini soal mengantisipasi potensi pertemuan yang bisa menimbulkan korban.

Dalam rangka mendukung berbagai upaya pengamanan Operasi Lilin 2022, mengoptimalkan peran command center yang dilengkapi dengan berbagai fitur dan terintegrasi dengan CCTV di lapangan, sehingga dapat dilakukan upaya pengawasan dan pengambilan keputusan secara cepat dan tepat untuk merespon dinamika situasi di lapangan.

Selain itu, memperkuat strategi komunikasi publik melalui berbagai saluran komunikasi. Pastikan setiap pemberian informasi tidak hanya terkirim, tetapi juga tersampaikan, sehingga audiens benar-benar memahami informasi yang diberikan.

Perlu saya tegaskan bahwa keberhasilan mengamankan Operasi Lilin 2022 merupakan tanggung jawab bersama yang harus bisa kita laksanakan. Oleh karena itu, kepada seluruh aparat keamanan agar selalu membangun sinergi dan soliditas dalam menjalankan tugasnya. Saya yakin dengan sinergi dan kekompakan yang baik, umat dapat melaksanakan ibadah Natal dengan khidmat dan merayakan tahun baru dengan penuh suka cita.

Kepada semua personel keamanan, saya menyarankan Anda untuk menjadikan keamanan Nataru sebagai kebanggaan. Oleh karena itu, jalankan tugas dengan penuh tanggung jawab, profesionalisme, kemanusiaan dan pahami tugas dan fungsi masing-masing sesuai rencana operasional dengan mengedepankan langkah-langkah prediktif dan deteksi dini.

Saya juga berpesan kepada rekan-rekan saya untuk selalu menjaga kesehatan dan terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta memandang setiap tugas sebagai bentuk ibadah. Tanamkan bahwa apa yang kita lakukan adalah bentuk pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara, dan merupakan bagian dari ibadah itu sendiri.

Terakhir, sebelum menutup pesan saya, saya ingin mengucapkan *Selamat Natal 2022 dan Selamat Tahun Baru 2023. ” Kata Junov “

Kegiatan Mansinam Ops Lilin 2022 akan dilaksanakan mulai tanggal 23 Desember 2022 sampai dengan tanggal 2 Januari 2023.

Dalam kegiatan Mansinam Ops Lilin tahun 2022, personel yang terlibat di Pos. Kegiatan Pam melibatkan pers bersama TNI dan instansi terkait.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button