Berita Wisata

4 Rekomendasi Wisata Garut Murah, Cocok untuk Liburan Tahun Baru

ararut

Jika anda berencana berlibur ke Garut, ada beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi dengan biaya murah dan cocok untuk liburan natal dan tahun baru Kabupaten Garut selalu menjadi tujuan wisata yang banyak dikunjungi wisatawan setiap kali musim liburan tiba. Menjelang libur Natal dan Tahun Baru, diharapkan wisatawan akan berbondong-bondong datang ke kota berjuluk Swiss van Java itu.

Ini bukan tanpa alasan. Garut sebagai daerah tujuan wisata memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari tempat wisata alam seperti gunung dan pantai, hingga wisata buatan manusia. Maka tak heran jika wisatawan harus merogoh kocek untuk berwisata ke Garut.

Tapi tenang, jika anggaran dibawa untuk liburan biasa-biasa saja, detikJabar akan memberikan beberapa rekomendasi tempat liburan murah di bawah ini.

Rekomendasi wisata murah ke Garut

1. Situ Bagendit

Situ Bagendit adalah rekomendasi pertama. Tiketnya murah, tapi tempatnya sangat indah. Apalagi, kini Situ Bagendit tampil dengan wajah baru, yang telah direnovasi pada awal tahun 2022.

Situ Bagendit berada di Jalan Raya KH Hasan Arief, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut. Jika Anda datang dari Bandung melalui Nagreg, lokasinya bisa ditempuh melalui jalan Otto Iskandardinata-Jalan Suherman-Jalan KH Hasan Arief. Lokasinya berjarak sekitar 7,5 kilometer dari kawasan Lapangan Tarogong yang merupakan pintu masuk utama Garut.

Tempat wisata ini berupa danau yang dikelilingi dermaga dan kubah. Tempatnya estetis dan cocok dijadikan lokasi pose liburan Nataru 2023. Situ Bagendit terasa makin asri setelah direnovasi total. Situ Bagendit saat ini terbagi menjadi tiga kawasan, dengan pintu masuk yang berbeda.

Lokasi istimewa, berada di pinggir Jalan Raya KH Hasan Arief. Sedangkan Situ Bagendit 2 dan 3 berada di tengah pemukiman penduduk setempat. Zona 2 dan 3 tak kalah estetis dengan lokasi pertama.

Selain menikmati pemandangan indah dan berfoto, detikers juga bisa botram atau makan bersama di beberapa tempat terbuka yang disediakan pengelola. Selain itu, wisatawan juga bisa menyewa rakit, atau perahu kayu dan angsa, jika ingin berkeliling Danau Bagendit.

Untuk bisa masuk ke Situ Bagendit, harga tiketnya relatif murah. Dewasa dikenakan biaya Rp 10.000. Selama waktu tersebut, anak-anak dikenakan biaya Rp 5.000 per orang. Harganya cukup murah dan terjangkau untuk semua kalangan.

2. Situ Cangkuang

Rekomendasi tempat wisata berikutnya untuk dikunjungi saat liburan di Garut bersama anggaran minimal adalah Situ Cangkuang. Obyek wisata ini masih alami, dikelilingi bangunan bersejarah.

Mirip dengan Situ Bagendit, Situ Cangkuang juga merupakan tempat wisata berupa danau yang dikelilingi oleh bangunan-bangunan cantik di sekitarnya. Yang paling banyak dicari wisatawan yang datang, adalah berkeliling danau, menggunakan rakit atau perahu angsa.

Di tengah danau terdapat bagian mencolok yang selalu menarik perhatian pengunjung. Merupakan bangunan Candi Cangkuang yang sudah ada sejak zaman dahulu kala. Bangunan candi ini terletak di sebelah makam seorang tokoh agama Islam, yang disebut-sebut sebagai salah satu tokoh penyebar agama Islam di Garut, Arif Muhammad.

Pembangunan rumah masyarakat adat Kampung Pulo yang terletak tak jauh dari candi Cangkuang juga menjadi perhatian. Di tempat ini pengunjung dapat membenamkan diri dalam sejarah peradaban masyarakat setempat yang ditandai dengan keberadaan rumah-rumah kuno tersebut.

Situ Cangkuang terletak di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles. Lokasinya berjarak sekitar 16 kilometer dari kawasan Nagreg yang merupakan akses utama Garut dari Bandung.

Sedangkan untuk Situ Bagendit, Situ Cangkuang juga menerapkan tiket masuk yang sama. Orang dewasa dikenakan biaya Rp 10.000 sedangkan anak-anak dikenakan biaya Rp 5.000.

3. Alun-alun Garut

Tempat selanjutnya yang harus dikunjungi adalah Alun-alun Garut. Bukan Alun-Alun Garut yang terkenal seperti dulu, Alun-alun Garut kali ini cantik dengan tampilan baru, setelah direnovasi awal tahun lalu.

Dengan mengunjungi tempat ini, wisatawan bisa datang secara gratis alias gratis. Lokasinya berada di kawasan Jalan Raya Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut.

Tempat ini merupakan lapangan terbuka yang saat ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung. Di antaranya adalah taman bermain, ampiteaterke tempat bermain anak.

Jika cuaca mendukung, pengunjung dapat melihat indahnya langit sore dari tempat ini. Pemandangan indah Masjid Agung Garut juga terlihat jelas.

Tidak hanya sekedar nonton dan bersantai, banyak warung jajanan yang tersedia di dekat Alum-alun. Mulai dari aneka olahan asam, hingga jajanan anak yang paling melegenda, tersenyum.

4. Pantai Selatan

Objek wisata terakhir yang bisa dikunjungi dengan budget minim saat berlibur di Garut adalah kawasan pantai selatan. Meski bisa dikunjungi dengan biaya murah, berlibur ke sana pasti kuratif dan tidak murahan.

Obyek wisata pantai selatan, terbentang di sepanjang jalur paling selatan Kabupaten Garut. Lokasinya berbatasan langsung dengan Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Tasikmalaya.

Jika diakses dari kota Garut, jalur yang bisa digunakan adalah jalur Garut Kota-Bayongbong-Cisurupan-Cikajang. Estimasi waktu untuk sampai ke pantai selatan Garut, kurang lebih 3-4 jam tergantung kondisi lalu lintas selama perjalanan.

Lokasinya memang cukup terpencil dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai ke pantai selatan Garut. Tapi, rasa lelah di perjalanan akan terobati dengan pemandangan pantai yang indah dan suara ombak yang menyejukkan.

Ada beberapa pantai yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Seperti Pantai Sayang Heulang dan Pantai Santolo. Tiket masuknya cukup murah. Di Pantai Santolo, misalnya, wisatawan dikenai biaya Rp 7.500 per orang.

Jika Anda pernah mengunjungi pantai-pantai ini, ada beberapa pantai lain yang masih sama indahnya dan memiliki suasana yang bagus. Seperti kawasan Puncak Guha, pantai Karangpapak, hingga pantai Cetut.

Yang harus diwaspadai para detikers saat berkunjung ke kawasan Pantai Selatan ini adalah jangan sampai berenang di sembarang tempat. Pasalnya, pantai selatan pulau Jawa terkenal dengan ombaknya yang ganas.

(iqk/iqk)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button