Berita Wisata

Cegah Abrasi Pantai, Warga Sertu Subiyanto dan Randu Tatah Bangun Tanggul Pemecah Ombak – Kantor Berita Online Nasional Indonesia

BeritaNational.ID, PROBOLINGGO – Sersan Subiyanto Anggota Babinsa Koramil 0820/16 Paiton bersama puluhan masyarakat dari desa Binanya melakukan kegiatan kerja bakti membuat penolak ombak di pantai Randu Tatah. Kegiatan tersebut bertempat di Desa Randu Tatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (24-12-2022).

Terkait perbaikan tanggul tadi pagi, Dirjen Subiyanto menjelaskan, tanggul kali ini dilakukan untuk mengganti tanggul yang jebol akibat diterjang ombak. Pemecah gelombang lama pecah karena terbuat dari tumpukan karung berisi pasir dan diperkuat dengan tiang bambu, sehingga tidak terlalu kuat menahan goncangan ombak pantai.

Dalam kesempatan tersebut, Subiyanto menyampaikan bahwa kegiatan perbaikan tanggul laut yang kali ini melibatkan warga desa setempat dibuat permanen, diharapkan mampu menahan ombak yang pecah sehingga ekosistem pesisir tidak rusak. Jika dibiarkan, ekosistem pantai akan rusak karena gelombang akan mengangkut batuan dan material ke laut sehingga lambat laun pantai akan tergerus oleh gelombang dan menghilang.

Ia juga mengatakan, kejadian jebolnya tanggul di lokasi ini sudah beberapa kali terjadi sehingga menimbulkan kekhawatiran warga jika tidak segera diperbaiki kemungkinan akan semakin parah dan meluas kerusakannya. Pasalnya, selama hampir sepekan curah hujan cukup tinggi di wilayah kabupaten Paiton.

“Ke depan, kami di Koramil 0820/16 Paiton di Babinsa akan terus memantau dan mewaspadai perubahan kondisi tanggul sepanjang garis pantai Randu Tatah.” kata Subiyanto.

Sementara itu, Rohimat, warga Kp. Randu Tatah yang juga berada di lokasi, mengaku mengapresiasi apa yang dilakukan anggota TNI dari Koramil Paiton yang prihatin dengan kondisi tersebut. Meski perbaikan yang dilakukan saat ini belum sempurna, paling tidak mampu menahan hempasan ombak yang menyebabkan abrasi di mulut pantai.

“Kami dan seluruh masyarakat Desa Randu Tatah merasa terbantu dengan adanya perbaikan tanggul yang jebol, sehingga tidak ada kerusakan yang lebih parah di pantai Randu Tatah,” ujar Rohimat.

*** Onoi

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button