Tempat Wisata

De Mangol, nikmati panorama alam yang mempesona sambil bersantap di Gunung Kidul

harga tiket: Rp 15.000 Waktu aktif: 15.00-21.00 WIB, Alamat: J L. Raya Patuk Ngoro-Ngoro KM.1.4, Sumber Tetes, Kec. Patuk, Cab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; map: pemeriksaan situs

Konsep wisata yang menawarkan keindahan alam ini memang sangat menarik untuk dikunjungi. Apalagi dipadukan dengan restoran yang menawarkan berbagai menu lezat, seperti B. di De Mangol Jogja. Obyek wisata ini selalu dipadati pengunjung, baik untuk rombongan keluarga maupun muda-mudi bersama pasangan. Alam yang dipadukan dengan restoran memungkinkan pengunjung untuk bersantai sambil menikmati kelezatan dari setiap menu yang disajikan.

Yogyakarta tidak pernah berhenti memberikan kejutan dalam hal pariwisata. Bisa dikatakan salah satu kawasan khusus ini memenuhi kebutuhan wisata yang cukup lengkap. Selain pemandangan alam berupa pantai, banyak juga yang mengusung konsep perbukitan. Selain itu perbukitan yang dijadikan sebagai tempat wisata kali ini menawarkan view atau pemandangan kota jogja dari ketinggian. Pada malam hari, lampu kota terlihat jelas memberikan keindahan tersendiri.

Nyatanya, De Mangol bukanlah satu-satunya tempat wisata yang mengusung konsep resto dengan pemandangan alam. Bukan berarti tidak ada yang spesial, hampir semua konsep bangunan artifisial yang disediakan bisa digunakan untuk spot foto yang menarik. Restoran alami ini menawarkan dua pilihan kepada pengunjung, di dalam dan di luar ruangan. Dari dua pilihan tersebut, area outdoor menjadi pilihan yang banyak diminati pengunjung. Alasannya sederhana, yakni karena pengunjung bisa melihat pemandangan dengan baik tanpa ada kendala sedikit pun dari luar.

Daya tarik yang dimiliki De Mangol

Daya tarik De MangolKredit Foto: Google Maps Herny Rajagukguk

Jogja seakan menjadi medan magnet bagi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Karena setiap tempat wisata memiliki daya tarik tersendiri, sama seperti De Mangol. Bagi yang belum pernah mengunjungi tempat tersebut, mungkin menganggap tempat wisata ini cocok sebagai tempat wisata kuliner.

Memang benar adanya restoran sebagai konsep utama yang dibangun. Namun setelah mengunjungi dan melihat segala sesuatu tentang tempat ini, bisa dipastikan bahwa fungsi utamanya tidak hanya sebagai restoran, tetapi juga atraksi lain yang membuatnya selalu ramai dikunjungi wisatawan.

1. Pemandangan Alam

Panorama alam yang disuguhkan menjadi daya tarik tersendiri dari tempat wisata ini. Pada siang hari, landscape kota Jogja terlihat jelas dari ketinggian. Di sisi lain, Gunung Merapi juga terlihat jelas menjulang tinggi dan tinggi. Pemandangan hijau selalu menghiasi setiap mata yang memandang, baik dari pepohonan maupun dari rerumputan dan tumbuh-tumbuhan.

Dari atas De Mangol Jogja Anda tidak hanya bisa melihat pemandangan alam di siang hari, namun juga sangat indah di malam hari saat lampu kota Jogja menerangi setiap rumah dan jalanan. Dari kejauhan tampak cahaya lilin kecil dengan pendar yang agak redup. Pemandangan ini sangat menarik dan bisa dilihat kapan saja asalkan cuacanya bagus, dalam arti cerah dan tidak mendung.

2. Cuaca bagus

Lokasinya yang berada di kaki Gunung Nglanggeran Purba membuat cuaca masih alami dan segar. Meski bukan menjadi daya tarik tersendiri bagi warga sekitar, namun kesejukan objek wisata ini menjadi daya tarik wisatawan luar kota Jogja. Apalagi bagi mereka yang tinggal di perkotaan padat penduduk dimana cuaca panas selalu menghiasi hari-harinya.

Kesejukan semakin bertambah dengan banyaknya pepohonan rindang yang tidak hanya berfungsi sebagai penghias tetapi juga sebagai penghasil oksigen bagi lingkungan sekitar. Pada siang hari, fungsi pohon lebih jauh lagi, yaitu sebagai tempat berteduh. Bukan berarti tidak ada tempat berteduh yang layak, karena De Mangol juga menawarkan tempat berteduh buatan dengan desain yang unik dan menarik. Namun sensasi di bawah pepohonan lebih menjadi pilihan bagi banyak wisatawan.

3. Dekat dengan objek wisata lainnya

Daya tarik bertanya yang tak boleh dilewatkan terletak pada kedekatan tempat wisata ini dengan tempat wisata lainnya. Pengunjung yang puas menikmati keindahannya bisa melanjutkan daftar liburannya ke tempat wisata yang dimaksud. Diantara yang terdekat adalah Bukit Bintang yang juga menawarkan panorama alam dari atas bukit.

Di lokasi yang sama, yaitu Pathuk Gunung Kidul, objek lain menanti kedatangan Anda. Apalagi kalau bukan Watu Amben dengan keunikan hasil alam tanpa campur tangan manusia. Anda bisa mengabadikan momen di tempat ini, yang biasanya dilakukan oleh sebagian besar wisatawan. Harap berhati-hati saat mengambil foto karena lokasi Watu Amben berada di tepi tebing.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat De MangolSumber gambar: Twitter mahdi binu avandy™

Untuk menuju De Mangol Jogja, silahkan berkendara ke Jl. Raya Patuk Ngoro-Ngoro KM.1.4, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi saat berkendara menuju lokasi. Karena terdapat banyak pintu masuk yang bisa dijangkau dari segala arah.

Misalnya, jika Anda datang dari pusat kota Jogja, silakan menuju Jalan Penembahan Senipato yang mengarah ke Jalan Sultan Agung. Lanjutkan perjalanan ke Jalan Gedongkuning. Dari sini ambil arah ke arah Jalan Wonosari yang mengarah ke Jalan Nasional III, lalu belok kanan dan setelah beberapa meter Anda akan sampai di tempat tersebut.

Biaya masuk ke objek wisata

Harga tiket De MangolKredit foto: Diet Monokrom Facebook

Pasti Anda pernah berpikir bahwa masuk ke tempat wisata ini tidaklah gratis. Meski dikenakan tarif retribusi, namun harganya masih tergolong murah dibandingkan dengan pengalaman menarik yang Anda dapatkan. Sejauh ini, biaya masuk untuk hari biasa adalah 15.000. Namun pada hari libur nasional harganya sedikit lebih mahal yaitu 20.000 rupiah.

Tarif diatas belum termasuk parkir kendaraan yang dikenakan biaya sebesar 2.000 rupiah untuk sepeda motor dan mobil dikenakan biaya sebesar 5.000 rupiah. Setelah masuk De Mangol Anda bisa menggunakan semua fasilitas secara gratis. Namun, ini belum termasuk menu yang tersedia dengan variasi harga yang telah ditentukan. Kisaran harga makanan dan minuman juga tidak terlalu mahal, meski lokasinya terlihat mewah. Untuk makanan bisa dinikmati mulai dari harga paling murah 20.000 rupiah sedangkan minuman sekitar 10.000 rupiah.

Kegiatan menarik di De Mangol

Aktivitas di De MangolKredit foto: Google Maps Kupu2 Manja Trans

Untuk kegiatan yang dilakukan, hampir semuanya sebenarnya hampir menarik. Namun tentunya setiap pengunjung memiliki andalan tersendiri dalam melakukan aktivitas berlibur. Karena lokasi pemandangan alam yang indah dan desain buatan pengelola, kegiatan yang dapat dilakukan tidak jauh dari hal-hal yang berbau panorama alam.

1. Menikmati keindahan alam De Mangol

Hampir bisa dipastikan pengunjung yang datang ke De Mangol Jogja ingin melihat panorama alam yang disuguhkan. Situasinya berbeda ketika Anda datang ke objek wisata lain dengan pemandangan alam yang asri. Merupakan perpaduan konsep resto dengan gaya modern yang membuatnya berbeda. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam dari atas bukit yang tempatnya dihiasi ornamen buatan.

Siang atau malam, kesannya sangat berbeda. Pada siang hari, pemandangan alam dengan kontur bukit yang menonjol terlihat jelas indah. Di malam hari, bukan hanya lampu hias yang menerangi kota Jogja, tapi lokasinya dihiasi dengan lampu-lampu cantik dan taman yang tampak romantis. Jika ingin menikmati hangatnya suasana sunset, silahkan datang pada sore hari.

2. Berkemah

De Mangol tidak hanya menawarkan restoran dengan berbagai menu, tetapi juga tempat perkemahan bagi pengunjung yang ingin merasakan suasana liburan yang lebih menyenangkan. Kegiatan ini biasanya ramai dikunjungi pengunjung pada akhir pekan atau akhir pekan. Sayangnya pihak pengelola masih belum menyediakan perlengkapan camping jadi harap membawa sendiri dari rumah. Tenda, kantong tidur, dan selimut yang memadai diperlukan. Selebihnya Anda menggunakan fasilitas yang disediakan pengelola.

3. Wisata Kuliner

Kegiatan menarik di De MangolKredit foto: Google Maps Pancha Batubara

Kegiatan kuliner yang Anda lakukan kali ini mungkin berbeda dari sebelumnya. Tidak hanya makanan yang bisa Anda nikmati tetapi juga pemandangan alam di sekitar Anda. Meskipun tidak wajib membeli makanan atau minuman lokal, lebih baik jika Anda melakukannya. Paling tidak, memesan minuman yang bisa menghangatkan tubuh bisa menimbulkan perasaan berbeda. Tidak ada makanan khas jogja disini, semua menu yang tersedia adalah makanan modern dari berbagai negara.

4. Berburu spot foto

Selain bisa melihat panorama alam yang indah dari atas bukit, De Mangol Jogja juga merupakan tempat yang bagus untuk mencari spot foto yang bagus. Semua tak lepas dari panorama alam yang disuguhkan. Selain itu didukung dengan banyaknya spot yang dibangun khusus untuk keperluan foto. Di salah satu sisi destinasi wisata populer ini terdapat ayunan yang didesain khusus untuk spot foto. Bukan hanya sekedar ayunan, ia dilengkapi dengan tangga besi berbentuk hati.

Ada juga spot foto yang wajib kamu coba dengan latar belakang pemandangan kota Jogja yang dibangun cukup unik dengan gaya lantai yang bersih dan reflektif. Titik ini dikenal sebagai view point yang fungsinya tidak hanya untuk foto saja, tetapi juga bisa digunakan untuk menikmati panorama alam dari atas bukit. Tak jauh dari lokasi spot foto terdapat spot yang tak kalah menarik. Hampir semua warna yang digunakan berwarna putih untuk memberikan kesan bersih. Di tempat ini juga terdapat sepeda yang bisa digunakan untuk pose foto agar lebih menarik.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas DeMangolKredit foto: Google Maps dibuat oleh yuda

Berbicara tentang fasilitas: De Mangol menawarkan pengunjung yang terbaik untuk membuat mereka betah berlama-lama. Terbukti dengan adanya toilet yang selalu terjaga kebersihannya. Semua pengunjung dapat menggunakan fasilitas ini secara gratis dan tidak dikenakan biaya tambahan. Tersedia pula mushola bagi mereka yang tidak ingin ketinggalan dalam menjalankan tugasnya. Fasilitas wajib lainnya yang harus ada di setiap tempat wisata adalah tempat parkir yang terawat dan cukup luas.

Selain yang sudah disebutkan, ada juga beberapa paviliun yang biasa digunakan wisatawan untuk beristirahat dan menghirup udara segar. Fasilitas ini gratis dan masih dalam satu paket tiket masuk. Jika Anda datang di akhir pekan, konser musik akustik dari band lokal melengkapi liburan Anda. Jangan lupakan fasilitas resto yang juga menjadi andalan tempat wisata di kabupaten Gunung Kidul ini.

Dari semua penjelasan yang diberikan di atas, De Mangol Jogja layak dikunjungi bagi Anda yang ingin merasakan suasana liburan yang berbeda. Sambil menikmati pemandangan alam dari atas bukit, Anda juga bisa menikmati santapan di restoran. Hidup selaras dengan alam adalah slogan objek wisata yang menjadi tema utama kali ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button