Berita Wisata

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Pangandaran Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Pangandaran

Memenuhi libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Pangandaran, Jawa Barat bisa jadi pilihan. Ada berbagai wisata alam yang menakjubkan di Pangandaran seperti pantai dan sungai. Selain menikmati pantai, masih banyak objek wisata indah yang wajib dikunjungi wisatawan saat berkunjung ke Pangandaran.

detikJabar merangkum beberapa rekomendasi wisata untuk memenuhi liburan Natal dan Tahun Baru di Pangandaran.

1. Akuarium Pangandaran Indonesia

Pengunjung melihat biota laut di Indonesia Pangandaran Aquarium, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (18/12/2022).  Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah mendirikan akuarium dan museum Ibu Rempah di puncak nusantara untuk wisata edukasi tentang biota laut.  ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/hp.Pengunjung melihat biota laut di Indonesia Pangandaran Aquarium, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (18/12/2022). Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah mendirikan akuarium dan museum Ibu Rempah di puncak nusantara untuk wisata edukasi tentang biota laut. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/hp. Foto: ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Pangandaran Indonesia Aquarium merupakan salah satu destinasi baru Kabupaten Pangandaran. Akuarium Pangandaran Indonesia disebut sebagai akuarium terbesar di Indonesia.

Di sana wisatawan dapat melihat berbagai jenis ikan dan acara makan atau dikenal dengan aksi penyelam memberi makan langsung ikan yang terdapat di dalam Tangki akuarium Indonesia. Ada dua pertunjukan yang dijadwalkan, yakni pada pukul 10.00 WIB dan pukul 15.00 WIB. Selain itu, ada ratusan spesies ikan yang bisa dilihat di sini.

Akuarium Indonesia terletak di Blok Pelabuhan Pendaratan Ikan Babakan, Pangandaran, Cikidang. Jarak dari Bundaran Marlin Pangandaran hanya 9 menit atau 3,6 kilometer melalui jalan darat melalui Jalan Raya Banjar-Jalan Raya Pangandaran.

Jika menggunakan kendaraan umum, Anda bisa turun di pertigaan pelabuhan PPI Cikidang. Lalu jalan kaki sejauh 1 kilometer. Akses jalan dapat digunakan oleh sepeda motor, minibus dan bus besar.

Harga tiket untuk anak-anak dan dewasa Rp 50.000 per orang. Jam operasional akhir pekan 08.30 WIB-16.30 WIB. Sedangkan untuk weekdays 09.00 WIB-16.00 WIB.

2. Citumang

Rafting di Sungai Citumang di PangandaranRafting di Sungai Citumang Pangandaran Foto: (Ila rizky nidiana/d’Traveler)

Citumang atau sering disebut Green Valley merupakan destinasi wisata yang menawarkan panorama alam dengan wisata sungai sebagai daya tarik utamanya.

Wisatawan dapat melakukan aktivitas arung jeram dan untuk melompat di beberapa tempat dengan ketinggian yang berbeda, yang tentunya akan menambah keseruan berwisata disini.

Terletak di Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, jarak dari Citumang ke bundaran marlin Pangandaran adalah 16 kilometer atau 28 menit perjalanan darat melalui Jalan Raya Cijulang.

Akses jalan menuju Citumang dapat digunakan oleh semua jenis kendaraan. Namun disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi jika jumlah rombongan hanya 3-10 orang. Jika pemudik dari Pangandaran hanya dua orang yang menuju pasar Cibenda, Anda bisa menggunakan jasa ojek tujuan Citumang.

Harga arung jeram di Citumang mulai Rp 120.000 per orang dengan minimal 5 peserta. Dengan fasilitas yang didapat, perlengkapannya keamananasuransi perjalanan, 1x makan, pemandu sungai atau guide, dan tiket masuk objek wisata. Untuk jam kerja 07:00-16:00 WIB.

3. Cisamping di tempat

Terletak Cisamping di Pangandaran.Terletak Cisamping di Pangandaran. Foto: Aldi Nur Fadillah/ detik Jabar

Obyek wisata Situ Cisamping di Desa Batukaras Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran dapat menjadi alternatif wisata alam yang indah.

Wisatawan yang ingin ke Green Canyon dan Batukaras bisa singgah di Situ Cisamping. Lokasi kedua objek wisata ini hanya berjarak 2 kilometer. Jarak dari tugu Pangandaran Marlin kurang lebih 26 kilometer atau waktu tempuh 44 menit.

Jika dari Pangandaran ke Cijulang selama 30 menit, lalu belok kiri ke Nusawiru, perempatan oyot, belok kanan ke Jalan Raya Cijulang-Green Canyon, kemudian setelah jembatan Cidahu, belok kiri sejauh 4 km hingga di Situ Cisamping yang berada di sisi kanan jalan. jalan di Dusun Mandalas.

Wisatawan yang ingin menjelajahi Pantai Batukaras dapat menikmati sejenak suasana sejuk Situ Cisamping. Luasnya diperkirakan sekitar 30 hektar milik aset desa Batukaras dan dikelola oleh kelompok pengelola Situ Cisamping yang beranggotakan warga sekitar.

Fasilitas Situ Cisamping antara lain bebek, kolam terapi, mushola, warung, shelter dan area berkemah. Untuk harga tiket, selalu diberikan tarif sukarela. Untuk jam kerja 07:00-17:00 WIB.

4.Zerond Edu Park

Sirkuit edukasi di Pangandaran ini tak kalah menarik, terutama bagi wisatawan yang berlibur bersama keluarga dan anak-anak.

Wisatawan bisa bersenang-senang di Zeround Edupark yang terletak di RT 01 RW 09 Desa Cibenda, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Jarak tempuh dari bundaran Pangandaran Marlin adalah 20,7 kilometer atau 47 menit perjalanan darat.

Akses dapat dilalui menggunakan sepeda motor, mobil pribadi dan bus. Jika pemudik menggunakan kendaraan umum, keluarlah menuju pedesaan dari terminal Pangandaran melalui jalan Pangandaran-Cijulang. Kemudian turun di Sekolah Profesi Kesehatan Jalan Cibenda Parigi. Dari sana jaraknya 500 meter dengan berjalan kaki.

Harga tiketnya hanya Rp 12.000 di hari biasa dan Rp 15.000 di akhir pekan. Sementara anak-anak di bawah 3 tahun gratis. Di Zeround Edupark, wisatawan bisa berinteraksi dengan puluhan spesies reptil, burung, dan mamalia lainnya. Selain itu, wisatawan akan didampingi oleh pemandu.

Zeround Edupark terdiri dari beberapa bagian, antara lain taman bermain anak-anak, area reptil, unggas, dan mamalia. Fasilitas yang disediakan di sana antara lain hammock, terapi kolam renang, taman bermain, kantin, dan toilet umum. Untuk jam kerja 08.00-16.00 WIB.

5. Desa Wisata Selasari

Desa Wisata Tuesdayri PangandaranFoto Desa Wisata Selasari Pangandaran: (Faizal Amiruddin/detikcom)

Desa Wisata Selasari merupakan salah satu destinasi wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi selama liburan di Pangandaran.

Jarak tempuh dari bundaran Marlin Pangandaran adalah 45 menit perjalanan darat atau setara 24,9 kilometer melalui Jalan Raya Cijulang dan Jalan Cintaratu. Akses jalan dapat digunakan oleh sepeda motor, minibus dan bus besar.

Nikmati suasana desa yang masih asri dengan topografi mulai dari datar, terjal hingga terjal dengan berbagai kegunaan mulai dari pemukiman penduduk hingga kegiatan komersial berupa lahan pertanian, karena mayoritas penduduk desa Selasari adalah petani, dari mulai buruh tani kepada pemilik usaha tani.

Di sana, wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas tamasya seperti arung jeram di Santirah, mencoba gua, makan nasi liwet jolem dan menyaksikan pameran seni khas Pangandaran Lebon.

Harga tiket masuk disesuaikan dengan jumlah rombongan atau masuk paket arung jeram. Minimal 10 orang harus mengeluarkan Rp 150.000 per orang tergantung tujuan. Untuk Goa Sutra, Reregan Rp 25.000 per orang, body rafting gua lanang Rp 150.000 per orang, Santirah Rp 150.000 per orang, Pepedans Hills Rp 25.000 per orang. Kemudian, untuk memamerkan kesenian Lebon dan Ronggeng Gunung, masing-masing pameran membayar Rp 500.000 per jam.

(bola/iqk)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button