Tempat Wisata

Agrowisata Bhumi Merapi, destinasi wisata populer ala Eropa di Jogja

harga tiket: Rp 25.000 Waktu aktif: 09.00-17.00 WIB, Alamat: J L. Kaliurang, Sawungan, Desa Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab.Sleman, DI Yogyakarta; map: pemeriksaan situs

Yogyakarta merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki fasilitas wisata terlengkap dari berbagai kategori. Di kawasan khusus ini Anda bisa mendapatkan wisata berpemandu, sejarah, pemandangan alam hingga wisata edukasi. Dari kategori wisata edukasi misalnya, ada Agrowisata Bhumi Merapi dengan konsep alam dan tema edukasi untuk anak-anak. Bagi Anda yang sedang berada di Sleman Yogyakarta, pilihan ini sangat cocok jika Anda berkunjung bersama keluarga.

Tempat wisata ini dibangun pada tahun 2015 di atas lahan seluas 5,2 hektar. Ada banyak tempat wisata atau bangunan yang layak dikunjungi, mungkin tidak akan selesai dalam satu hari. Suasana yang nyaman membuat sebagian besar pengunjung rela menghabiskan banyak waktu. Apalagi jika mereka mendapatkan banyak ilmu secara langsung, baik dari pengalaman pribadi di lokasi maupun dari penjelasan manajemen.

Mengusung konsep alam dan peternakan, Agrowisata Bhumi Merapi tidak pernah sepi pengunjung sejak dibuka. Hal ini tidak terlepas dari daya tarik yang membuat pengunjung bahkan rela untuk kembali, atau setidaknya rindu untuk kembali untuk mendapatkan pengalaman on-site yang seru. Sebagian besar objek wisata yang ada merupakan bangunan dengan konsep tersendiri yang dapat digunakan pengunjung, baik untuk beraktivitas maupun sekedar untuk berfoto unik dengan latar belakang yang indah.

Daya Tarik Agrowisata Bhumi Merapi

Objek wisata agrowisata Bhumi MerapiKredit Foto: Google Maps arie ayeeta

Anda tidak perlu mengharapkan latar belakang alam yang terbentuk secara alami di lokasi wisata ini. Semua noda yang ada adalah hasil ulah tangan manusia. Namun, konsep yang diusung sangat unik dan mendidik. Apa yang menjadi pertanyaan objek wisata Agrowisata Bhumi Merapi? Perhatikan rangkuman berikut!

1. Langlangbuana

Sebuah bangunan ternama dari seluruh dunia hadir dalam satu kompleks di objek wisata ini. Tempat itu bernama Langlang Buana, yang berasal dari kata “keliling dunia”. Kedua kata ini dapat diartikan di seluruh dunia, bukan dalam arti sebenarnya tentunya. Ada konsep Mediterania Street, di mana ada desa era Mediterania, lengkap dengan lonceng dan peluit agar terlihat seperti aslinya.

Di tempat yang sama berdiri sebuah bangunan yang mengambil konsep rumah di Swiss, lebih tepatnya di Pegunungan Alpen. Dikatakan mirip karena rumah-rumah yang ada terbuat dari batu dan kayu, mirip dengan bangunan klasik bergaya Eropa. Jalanan yang digunakan juga hampir sama, terdiri dari tumpukan batu alam yang tersusun tidak beraturan. Untuk menciptakan kesan yang indah, tanaman pot yang berbeda menghiasi setiap sudutnya.

Selain konsep Mediterania dan Swiss, Agrowisata Bhumi Merapi juga mengelola desa Yunani bernama Santorini. Warna dominan biru dan putih memberi pengunjung perasaan berada di Yunani saat ini. Selain itu, pembangunan rumah di lokasi membantu memastikan bahwa konsep tersebut diterapkan persis seperti aslinya. Pengunjung tidak hanya bisa menyusuri koridor, tetapi juga beristirahat di bangku yang ditempatkan di salah satu rumah.

2. Mural

Daya tarik yang juga menjadi spot foto utama pengunjung adalah mural. Anda mungkin berpikir bahwa lukisan ini tidak istimewa karena dapat ditemukan di beberapa tempat lain. Mungkin bisa dibenarkan, hanya saja tema yang diusung kali ini lebih romantis. Subjek yang dimaksud adalah Romeo dan Juliet yang hidup di Abad Pertengahan, juga dikenal sebagai Renaisans. Semakin unik karena lukisan itu berada di dinding setinggi 6 meter.

3. Taman Hidroponik

Daya Tarik yang Dimiliki oleh Agrowisata Bhumi MerapiKredit Foto: Google Maps arie ayeeta

Taman hidroponik menjadi daya tarik bagi mereka yang senang berkebun. Dari buah-buahan dan sayuran, Anda bisa mendapatkannya di Agrowisata Bhumi Merapi. Menariknya, pengunjung tidak hanya bisa melihat atau menikmati tanaman di lokasi, tetapi juga mendapatkan pengetahuan tentang cara menanam dan merawatnya. Pihak pengelola siap menjawab semua pertanyaan Anda yang masih berkaitan dengan konservasi tanaman hidroponik.

Bagi yang ingin merasakan langsung kesegaran buah atau sayur, Anda bisa memetiknya di kebun ini. Tak hanya itu, bagi yang berminat, setelah sepengetahuan pemilik kebun, Anda bisa membeli peralatan berkebun yang dibutuhkan di rumah untuk melestarikannya, termasuk jenis tanaman yang ingin dibudidayakan.

4. Area peternakan

Di tempat wisata edukasi di Sleman ini tidak hanya terdapat tanaman, tetapi juga berbagai hewan ternak. Silakan menikmati kelucuan tingkah laku hewan yang disediakan, ada kambing, kelinci, reptil seperti kura-kura dan ular dan masih banyak lagi. Selain itu, administrasi akan memberi Anda informasi penting tentang masing-masing hewan ini, baik cara merawatnya, cara membiakkannya, dan makanan apa yang mereka makan.

Tidak hanya menjadi daya tarik bagi anak-anak, orang dewasa juga cocok untuk mengunjungi salah satu tempat di Agrowisata Bhumi Merapi. Misalnya, bagi pecinta hewan, Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang berbagai hewan dan ciri-cirinya. Tentunya setiap hewan memiliki ciri khasnya masing-masing. Semuanya harus dipelajari agar tidak dianiaya dan diajak berinteraksi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat agrowisata Bhumi MerapiKredit foto: Google Maps Wina Indah Pratami

Setelah mengetahui berbagai tempat wisata tersebut dan ingin segera mengunjungi tempat wisata tersebut, alamat di Jl. Kaliurang KM.20, Sawangan, Hargobinangun, Pakem, Sleman, DI Yogyakarta. Lokasinya berada di bawah kaki Gunung Merapi, sehingga untuk mencapainya tidak terlalu sulit. Ada banyak rute yang bisa Anda tempuh dengan akses jalan yang cukup baik.

Jadikan pusat kota Yogyakarta sebagai titik acuan utama Anda, lalu ambil jalan menuju Kaliurang. Sesampainya di Jalan Kaliurang, tetap berkendara ke arah utara hingga sampai di Jalan Kaliurang KM 20. Di titik ini terdapat papan petunjuk yang jelas yang dapat digunakan sebagai petunjuk menuju lokasi Agrowisata Bhumi Merapi.

Biaya masuk ke objek wisata

Tiket Agrowisata Bhumi MerapiKredit foto: Google Maps Iwan Haniyoto

Seperti tempat wisata lainnya, ada harga yang harus dibayar untuk menggunakan semua fasilitas yang ada di situs Bhumi Merapi. Karena fasilitas yang tersedia cukup lengkap, termasuk beberapa permainan untuk anak-anak, maka harga tiketnya juga cukup mahal.

Biaya masuk untuk pengunjung adalah 30.000 rupiah. Harga tersebut sudah termasuk semua spot yang ada di lokasi. Namun, untuk berfoto dengan hewan tertentu, Anda harus membayar dengan harga yang berbeda.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Bhumi Merapi

Kegiatan Agrowisata Bhumi MerapiKredit foto: Google Maps Sunging Nanda P

Hampir semua aktivitas di objek wisata ini menarik, baik untuk anak-anak maupun dewasa. Sebagian besar kegiatan mengarah pada pelatihan langsung di bidang ini. Namun tentunya tidak hanya itu saja, ada spot-spot khusus yang sudah dijelaskan sebelumnya dan tidak termasuk dalam kaitannya dengan pendidikan. Satu hal yang pasti, semua kegiatan sangat menarik ketika Anda berada di Agrowisata Bhumi Merapi.

1. Tamasya

Tujuan utama dibangunnya pusat pendidikan wisata ini adalah agar siswa dapat belajar tentang lingkungan alam, baik tumbuhan maupun hewan. Sehingga tidak jarang berbagai sekolah menyelenggarakan wisata edukasi disini. Studi lapangan atau ekskursi sangat menarik, dimana banyak sekali hewan dan tumbuhan yang mungkin belum diketahui oleh anak usia sekolah.

Anda juga bisa berinteraksi dengan hewan tersebut secara langsung asalkan termasuk dalam kategori hewan jinak. Salah satu contohnya adalah jenis kambing etawa yang juga menjadi hewan andalan objek wisata menarik ini. Selain bersentuhan langsung atau berfoto bersama, anak-anak juga bisa merasakan langsung proses memerah susu kambing etawa yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

2. Berkuda

Tidak hanya belajar yang menjadi kegiatan menarik di Agrowisata Bhumi Merapi, anak-anak juga bisa menaiki kuda poni yang disediakan khusus. Jangan khawatir, jenis kuda ini termasuk yang paling jinak, tentunya juga lucu dan menggemaskan. Ada juga pengawas untuk setiap kuda yang ditunggangi. Sehingga bisa dipastikan keamanan anak selalu terjamin.

Trem kudanya cukup panjang, jadi anak-anak bisa senang dengannya. Harap dicatat bahwa kuda poni yang digunakan sebagai fasilitas wisata hanya berjalan dengan santai dan tidak berjalan seperti yang Anda bayangkan. Sayangnya fasilitas berkuda ini tidak termasuk dalam paket tiket masuk, sehingga ada tambahan harga yang harus dibayar.

3. Perhatikan proses pembuatan kopi

Fun Activities Agrowisata Bhumi MerapiKredit foto: Google Maps Coni Yanto

Wajib bagi pecinta kopi untuk melihat proses pembuatan kopi agar lebih bisa menikmati setiap kopi yang dinikmati. Anda tidak hanya dapat melihat bagaimana kopi disiapkan, tetapi juga jenis kopi luwak. Anda bisa melihat awal proses pembuatannya, yang diawali dengan luwak diberi makan biji kopi.

Proses selanjutnya adalah membuang kotoran luwak dengan tetap tidak merusak biji kopi melalui proses metabolisme hewan yang disebut juga musang. Setelah dicuci dan disterilkan, biji dijemur hingga kering lalu digiling sebelum disajikan. Uniknya, kopi luwak bisa langsung dinikmati di sana atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh dengan membelinya.

4. Berburu spot foto

Dari sedikit penjelasan tentang tempat wisata Agrowisata Bhumi Merapi di atas, tentunya saat berada di tempat yang dimaksud, Anda juga berpikir untuk mengabaikan momen tersebut bukan? Tentu sangat sayang jika melewatkan berbagai penawaran spot yang dihadirkan. Selain yang sudah disebutkan yaitu desa-desa Yunani, Swiss dan mural, ada tempat lain yang tak kalah menarik untuk dijadikan background foto. Lokasi yang dimaksud adalah sebuah taman bunga yang indah dengan rumah hobbit yang mengelilingi lokasi tersebut.

Jika ingin sesuatu yang lebih unik, ada juga konsep Underground yang mengambil tema kereta bawah tanah. Tempat ini dibangun seperti aslinya dengan terowongan kereta bawah tanah yang sempit. Selain itu, bangunan yang terbuat dari batu bata membuat suasana semakin menarik. Tempat ini sangat cocok bagi mereka yang menyukai fotografi klasik.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Agrowisata Bhumi Merapi, destinasi wisata populer ala Eropa di JogjaSumber gambar: Google Maps Risang Aradea

Berbagai fasilitas tersedia bagi wisatawan yang berkunjung ke Agrowisata Bhumi Merapi. Fasilitas yang dimaksud antara lain toilet umum yang terjaga kebersihannya, tempat parkir luas yang mampu menampung banyak kendaraan sekaligus, serta musala yang digunakan sebagai tempat ibadah.

Ada juga banyak fasilitas lainnya, seperti restoran atau warung makan bagi yang kehabisan perbekalan, serta tempat perkemahan yang dirancang khusus bagi pengunjung yang ingin bermalam. Jika ingin menghemat tenaga, ada jeep yang bisa disewa dengan harga yang sudah ditentukan.

Masih banyak hal menarik yang bisa Anda temukan di tempat wisata edukatif ini. Alangkah baiknya jika anda segera mengunjungi Agrowisata Bhumi Merapi agar lebih jelas dan pengalaman langsung. Semua penjelasan dari artikel ini hanya sebatas pengetahuan dasar sebelum menuju ke tempat wisata.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button