Berita Wisata

7 tempat wisata gratis di jogja, cukup bayar parkir

Krjogja.com – Sebagai destinasi wisata, Yogyakarta menawarkan sejuta pesona. Mulai dari pemandangan alam, pantai, pegunungan, sejarah, wisata edukasi hingga masa kini.

Yogyakarta juga dikenal sebagai tempat wisata yang murah, meski tidak murahan, yang jelas terjangkau. Bahkan di beberapa destinasi malah gratis. Anda hanya perlu membayar parkir mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 3.000 (motor) dan Rp 5.000 hingga 10.000 (mobil), jika berkunjung ke tempat-tempat tersebut.

Berikut beberapa tempat wisata gratis yang bisa Anda kunjungi di Yogyakarta:

1. Titik Nol Yogyakarta
Titik Nol Yogyakarta merupakan tempat berkumpulnya wisatawan dan penduduk lokal. Paling asyik nongkrong di sini di sore hari. Point Zero juga menjadi wisata modern yang lebih menyenangkan.

Fasilitasnya juga sudah mulai diperbaiki, ada tempat duduk, halte, marka jalan dan kondisi jalan. Apalagi, Anda bisa menikmati berbagai pertunjukan seni di sini secara gratis.

Lokasi: Jalan Pangurakan Nomor 1, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan. Jam buka: 24 jam.

2. Jalan Malioboro
Dari Point Zero, Anda juga bisa berjalan ke utara menuju Jl Malioboro. Jalan ini selalu menjadi tempat berkumpulnya para wisatawan di Yogyakarta. Jangan lupa mampir ke Teras Maioboro 1 dan Teras Malioboro 2 untuk mencari berbagai oleh-oleh. Ada batik, bakpia, makanan khas. Di Jalan Malioboro, Anda juga bisa menunggang kuda atau becak. Jam buka: 24 jam

3. Tugu Yogyakarta
Misalnya, jika Anda sudah bosan di Jalan Malioboro, tidak ada salahnya berjalan lebih jauh ke utara, kali ini menuju Tugu. Anda bisa sampai di sana dengan berjalan kaki. Dahulu tugu ini digunakan oleh Sultan Yogyakarta sebagai penunjuk arah menghadap ke puncak Gunung Merapi.

Tugu Yogyakarta juga sering disebut sebagai Tugu Pal Putih. Biasanya orang lebih senang datang ke sini pada malam hari.

Lokasi: Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta, Jam Buka: 24 jam

4. Kotagede
Daerah ini merupakan penghasil kerajinan perak. Banyak turis datang untuk berbelanja dan melihat proses menghasilkan uang. Kotagede adalah distrik bersejarah yang dijuluki ibu kota lama. Wilayah inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya kerajaan Islam Mataram.

Oleh karena itu, berjalan di sekitar kawasan Kotagede, Anda akan menemukan banyak bangunan tua yang dibangun sekitar tahun 1930-an dengan arsitektur yang berbeda dan unik. Struktur bangunan di sini sedikit berbeda dengan rumah Jawa pada umumnya. Sebagian besar dikelilingi oleh tembok tebal dan tinggi. Ini merupakan ciri bangunan peninggalan Kerajaan Islam Mataram sebagai bentuk pertahanan. Saat ini bangunan bersejarah tersebut banyak dikunjungi wisatawan dan dijadikan sebagai spot foto yang menarik. Berikut 10 spot foto terbaik di Kotagede.

5. Alun-alun Selatan
Alun-alun Kidul alias Alkid bisa menjadi alternatif hiburan malam yang murah. Banyak hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan di sini. Mulai dari wisata kuliner, bermain mobil dayung, hingga ritual memasak.

Meski hanya mitos, banyak orang yang masih penasaran dan mencoba berjalan di antara dua pohon beringin dengan mata tertutup.

Lokasi : Jalan Alun-Alun Selatan, Patehan, Kecamatan Keraton. Jam buka: 24 jam

6. Bukit Bintang
Bukit Bintang menawarkan pemandangan yang menarik. Anda bisa menikmati pesona keindahan Yogyakarta dari atas bukit. Dari waktu ke waktu pesawat akan lepas landas atau mendarat dari bandara Adisucipto. Pada malam hari, Bukit Bintang akan memukau Anda dengan cahaya kota Yogyakarta. Kehadiranmu sepertinya dekat dengan gugusan bintang.

Lokasi: Taman, Srimulyo, Patuk, Gunung Kidul. Jam buka: 24 jam

7. Studio Gamplong
Bagi penggemar film, ada baiknya Anda mengunjungi Study Gamplong. Tempat yang dibangun oleh Hanung Bramantyo ini pernah menjadi lokasi syuting Bumi Manusia dan Sultan Agung: Kisah Cinta yang Tak Terungkap.

Terletak di lahan seluas dua hektar, Studio Gamplong terdiri dari banyak bangunan semi permanen untuk keperluan syuting, seperti paviliun, gerbang, istana, benteng, dan banyak lagi.

Tempat : Studio Alam Desa Wisata Gamplong, Jalan Gamplong Nomor 1. Jam Operasional : Setiap Hari 10:00-22:00 WIB.

Source: www.krjogja.com

Related Articles

Back to top button