Berita Wisata

Sepertinya Kebun Raya di Kew, Inggris. Ada yang baru di Kebun Raya Cibodas

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Wisata alam tetap menjadi tujuan populer untuk liburan Natal dan Tahun Baru, udara segar dan keindahan pemandangan menjadi alasan orang memilih untuk berwisata di luar ruangan.

Salah satu tempat wisata yang selalu banyak dikunjungi adalah Kebun Raya Cibodas, Cianjur.

Tak hanya memberikan kesejukan udara di perkebunan, mata pengunjung juga dimanjakan dengan hamparan rerumputan dan pepohonan yang hijau serta berbagai tanaman yang cantik.

Khusus untuk malam natal dan tahun baru ada yang baru di Kebun Raya Cibodas.

“Jika surga masih ada di bumi, maka Cibodas pasti menjadi bagian darinya!” Seandainya surga masih ada di bumi, Cibodas pasti menjadi bagian dari surga itu.

Itu ungkapan puitis ilmuwan Belanda Frits Warmolt Went (1903-1990) yang singgah dan meneliti di Kebun Raya Cibodas (KRC).

Ungkapan ini mungkin merupakan ungkapan kekaguman akan keindahan dan kekayaan alam kebun raya tertua kedua di nusantara ini dari seorang ahli botani Eropa.

Kebun Raya Cibodas terkenal dengan kesegaran dan keindahan alamnya yang terjaga, sehingga sering menjadi tujuan wisatawan yang ingin mencari destinasi liburan yang mirip dengan suasana perbukitan Eropa.

Tidak berlebihan jika Kebun Raya Cibodas tergolong destinasi wisata paling indah di atas dibanding destinasi lainnya.

Di tahun 2022 Kebun Raya Cibodas telah banyak melakukan pembenahan hingga menjadi kebun raya kelas dunia, banyak perubahan yang dapat dilihat dan dirasakan oleh pengunjung.

Pada pertengahan tahun 2022, Rumah Kaca Conservatory yang sebelumnya kosong selama beberapa tahun, akhirnya dibuka untuk umum yang tidak hanya Instagrammable, tetapi juga banyak materi edukasi botani untuk dipelajari pengunjung.

Hal ini sesuai dengan fungsi utama Kebun Raya yang tidak hanya sebagai obyek wisata, namun salah satunya adalah pendidikan dan konservasi tumbuhan.

Menyambut liburan Natal dan Tahun Baru, pihak pengelola Kebun Raya Cibodas melakukan pembenahan besar-besaran pada area taman di sekitar rumah kaca konservatori dengan membuat taman baru yang dipenuhi bunga-bunga beraneka warna yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung pengunjung.

Area ini penuh dengan spot foto untuk pengunjung umum sebelum memasuki rumah kaca konservatori untuk mempelajari berbagai ajaran botani.

Tak berlebihan jika Kebun Raya Cibodas kini menyerupai Kebun Raya Kew di Inggris.

Wisatawan yang ingin menikmati kebun raya kelas dunia tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, suasana dan cuaca Kebun Raya Cibodas sudah menyerupai kebun raya di luar negeri.

Fasilitas pelayanan publik di dalam Kebun Raya Cibodas cukup lengkap, mulai dari persewaan sepeda, bus listrik yang mengitari Kebun Raya Cibodas, hingga fasilitas penjual makanan dan minuman yang mengudara yang memudahkan pengunjung untuk memenuhi berbagai kebutuhannya.

Kebun Raya Cibodas sebagai destinasi juga telah tersertifikasi CHSE, beberapa destinasi di wilayah Cibodas telah tersertifikasi CHSE oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Visi kami menjadikan Kebun Raya Cibodas sebagai Kebun Raya bertaraf internasional yang tidak kalah dengan Kebun Raya lain di luar negeri. Raya Cibodas merupakan pusat konservasi tumbuhan dan berbagai informasi edukasi botani yang memungkinkan pengunjung berwisata sambil belajar mencintai alam, kata Marga Angrianto, Dirjen Kebun Raya, Sabtu (24/12/2022).

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button