Tempat Wisata

Pulau Kupang Semau – Tempat Wisata, Aktivitas Liburan, Tempat dan Biaya Tour

Biaya tur: Dari Rp 75.000 Waktu aktif: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Onansila, Kec. Semau Selatan, Kab.Kupang, Nusa Tenggara Timur; map: pemeriksaan situs

Pulau Semau hanya berjarak 15 menit dari kota Kupang yang dapat dicapai dengan perahu di laut. Pulau dengan pantai pasir putih ini menyimpan banyak sekali keindahan alam yang sulit untuk diabaikan begitu saja. Bukan hanya kekayaan alamnya, tetapi juga keindahan adat dan tradisi yang masih terjaga.

Semau merupakan sebuah pulau yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Kupang. Pada tahun 2006, pulau indah ini dimekarkan menjadi dua kecamatan, yaitu kabupaten Semau Utara dan Semau Selatan. Jumlah desa di pulau eksotik ini sebanyak 14 desa, 8 desa di Kabupaten Semau Utara dan 6 desa di Kabupaten Semau Selatan.

Nama asli Pulau Semau adalah Nusa Bungtilu yang berarti “bunga tiga warna” dalam bahasa setempat. Tiga warna yang membentuk simbol adalah putih, merah dan hitam.

Daya Tarik Pulau Semau

Obyek wisata pulau SemauSumber Gambar: Google Maps Wishnu EW

1. Memiliki pantai indah yang berbeda

Pulau yang indah ini dikenal memiliki beberapa pantai yang menakjubkan di sekitar pulau. Beberapa pantai yang sayang untuk dilewatkan umumnya memiliki pasir putih. Berlibur di Pulau Semau, Kupang, pengunjung bisa puas berwisata di pantai-pantai yang ada. Setiap pantai memiliki pesona tersendiri, jadi mari kita bicarakan.

2. Pantai Liman Nikmati keindahan pantai dari atas bukit

Pantai pertama yang menjadi daya tarik wisata pulau menawan ini adalah Pantai Liman. Pantai yang indah ini dapat dilihat dari atas bukit, tentu menyenangkan melihat pantai dari atas, terutama bagi wisatawan petualang. Pantai Liman merupakan pantai yang populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

3. Minuman Pantai Unian Es krim kelapa yang menyegarkan

Lokasinya berada di Desa Unian, sehingga penduduk di sekitar pantai ini disebut Pantai Unian. Pantai berpasir putih ini memiliki banyak pohon kelapa dibandingkan dengan pantai lain di Pulau Semau. Pantai berpasir putih di samping bebatuan yang tertata apik menjadi daya tarik utama pantai ini.

4. Pantai Onanbalu merupakan tempat para pembudidaya rumput laut

Pantai Onanbalu terletak di Teluk Onanbalu. Berbeda dengan Pantai Unian yang memiliki banyak pohon kelapa, Pantai Onanbalu memiliki banyak semak belukar.

Lokasinya sangat cocok untuk tempat nongkrong milenial. Di Pantai Onanbalu, pengunjung bisa menyaksikan aktivitas petani rumput laut setempat.

5. Pantai Otan dengan view pantai terbaik

Jika ditanya tentang pantai dengan pemandangan terbaik di Pulau Semau, jawabannya adalah Pantai Otan. Kawasan pantai ini merupakan tempat terdekat yang bisa dikunjungi pengunjung saat berlibur di pulau eksotik ini. Nuansa air laut biru jernih memukau siap memanjakan mata bersanding dengan pasir pantai yang putih dan halus.

6. Pantai Uimake Pesona pantai di pinggir tebing

Jika Anda ingin mengunjungi pantai dengan tebing tinggi, inilah rekomendasi Pantai Umike.

Anda mungkin harus melewati daerah yang luas dan tandus untuk sampai ke sana, namun semua itu akan terbayar dengan pantai yang indah dengan tebing yang tinggi. Jika beruntung, pengunjung bisa melihat sekumpulan kerbau mencari makan.

7. Pantai Uitiuhtuan Garis pantai bengkok

Pantai Uitiuhtuan merupakan pantai berpasir putih dengan air laut biru yang indah. Pantai indah ini memiliki garis pantai yang melengkung. Daya tarik pantai Uitiuhtuan adalah pengunjung dapat menjumpai sekumpulan kuda poni yang lucu.

8. Pantai Bahansalit

Anda ingin mencari lokasi pantai yang jarang dikunjungi orang. Pantai Bahansalit adalah jawabannya. Dari Pelabuhan Hansisi, pengunjung perlu berkendara sekitar 10 km untuk sampai ke Pantai Bahansalit. Pantai indah ini belum banyak dijamah orang, sehingga suasananya masih sangat bagus.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat wisata pulau SemauSumber gambar: Google Maps Marcin Mateusz

Lokasi pulau Semau Kupang sangat mudah dijangkau, hanya membutuhkan waktu 15 menit menggunakan perahu untuk mencapai pulau cantik ini dari pusat kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Untuk menuju pulau eksotis ini, wisatawan hanya bisa menggunakan perahu.

Meski hanya bisa diakses dengan perahu, tidak perlu khawatir karena perahu beroperasi setiap hari. Dari kota Kupang, wisatawan menempuh perjalanan darat menuju pelabuhan Tenau dengan kendaraan umum, atau bisa juga menyewa sepeda motor untuk mengantarkan mereka jauh-jauh ke pulau.

Sesampainya di pelabuhan, wisatawan bisa langsung mencari perahu untuk menuju pelabuhan Hansisi di Pulau Semau. Setibanya di pelabuhan Hansisi, wisatawan bebas memilih pantai mana yang ada di pulau tersebut.

Setiap pantai memiliki jarak tempuh yang berbeda. Bagi yang belum menyewa sepeda motor di Kupang bisa menggunakan jasa sewa sepeda motor warga setempat.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya wisata pulau SemauKredit Foto: Google Maps Nita Indrayani

Wisatawan harus membayar biaya untuk sampai ke pulau pasir putih ini. Biaya naik perahu sekitar 20.000 per orang. Perahu yang ada hanya akan dilintasi saat penumpang sudah penuh. Jika tidak ingin menunggu terlalu lama, Anda bisa menyewa perahu.

Untuk charter biayanya sekitar 75.000 sampai 100.000 per orang tergantung besar kecilnya rombongan. Untuk penumpang yang membawa sepeda motor, harga normalnya adalah 50.000 per orang dengan 1 sepeda motor. Harga ini berlaku untuk perjalanan sekitar 30 menit.

Sesampainya di pelabuhan, wisatawan bisa menyewa sepeda motor atau mengambil mobil dari penyedia jasa setempat.

Kondisi jalan di Pulau Semau tidak sebaik di Kota Kupang. Masih banyak jalan menuju objek wisata yang belum diaspal namun masih berbatu dengan banyak lubang sehingga harus sangat berhati-hati saat berkendara.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pulau Semau

Kegiatan wisata di Pulau SemauSumber Gambar: Google Maps Wishnu EW

1. Menjelajah pulau

Berada di pulau indah nan eksotik yang belum banyak dijelajahi orang tentu menjadi pengalaman berpetualang tersendiri. Tentunya bagi wisatawan yang suka menjelajah tempat baru akan senang berada di pulau ini. Wisatawan bisa menyewa sepeda motor untuk berwisata ke beberapa destinasi wisata di pulau tersebut.

2. Berdiri di Bukit Liman

Mengunjungi pantai terdekat tentu saja menjadi tujuan utama dari wisata ini. Lokasi pantai yang menawarkan keindahan di atas bukit adalah Pantai Liman. Untuk menuju puncak bukit, pengunjung harus berjalan kaki yang cukup menguras tenaga.

Rasa lelah mendaki akan terbayar ketika sudah sampai di puncak dan melihat pemandangan laut yang indah tersaji di depan mata.

3. Ambil foto dengan latar belakang alam

Foto cantik di Pulau Semau dengan background alam. Ada banyak pantai yang bisa dikunjungi, pengunjung pasti puas berfoto, berbagai pose bisa dijelajahi dengan cara yang unik dan menarik.

Setiap pantai memiliki kekhasan dan keindahan tersendiri yang tidak boleh dilewatkan. Selain itu, pengelola juga memberikan kesempatan untuk membuat spot foto.

4. Bermalam di tempat yang damai

Manfaat utama berwisata ke pulau ini adalah pengunjung tidak direpotkan dengan hiruk pikuk kepadatan perkotaan. Disini jalanan masih sepi, suasana masih sepi, damai dan tentunya nyaman.

Aktivitas menarik di pulau cantik ini adalah kesempatan menginap di penginapan yang masih asri. Wisatawan juga bisa menginap di rumah warga jika ingin merasakan sensasi berbeda.

5. Lihat kearifan lokal

Pulau Semau memiliki banyak keindahan, tidak hanya kekayaan alamnya tetapi juga kearifan lokalnya. Di pulau menawan ini, wisatawan akan menemukan penduduk setempat yang ramah dan mudah bergaul. Kearifan lokal yang dilihat adalah proses para petani rumput laut, pengrajin tenun dan lain-lain.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas Wisata Pulau SemauSumber Gambar: Google Maps Wishnu EW

Berbagai fasilitas ada di Pulau Semau, antara lain fasilitas umum seperti toilet dan tempat parkir di setiap pantai, serta tempat umum seperti pelabuhan. Biaya penalti untuk parkir kendaraan di setiap pantai berbeda berdasarkan kebijakan pengelola.

Fasilitas spot foto, banyaknya pantai di pulau yang indah ini membuat banyak pengelola yang merupakan warga sekitar berkreasi untuk membuat spot foto yang indah dan menarik. Pengunjung bisa menggunakan spot foto ini sebagai pengingat. Abadikan setiap momen berharga agar kenangan pulau manis ini abadi selamanya.

Pengelola pulau juga menyediakan akomodasi semalam. Mulai dari villa, hotel, kampus hingga resort. Meski bukan resor mewah, pilihan akomodasi membuat wisatawan lokal dan mancanegara lebih nyaman saat ingin menginap di kawasan pulau ini.

Tips Liburan ke Pulau Semau Kupang. Pertama, pastikan Anda membawa perbekalan logistik yang cukup seperti minuman dan makanan. Kedua, bawalah tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari sengatan matahari. Fokus ketiga pada kecantikan ada di depan mata, saat itu ada. Keempat, rencanakan perjalanan untuk berapa lama dan pantai mana yang ingin Anda kunjungi.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button