Berita Wisata

Memperingati Harjaba, warga Banyuwangi Kabat mengikuti jejak Kerajaan Blambangan

Liputan6.com, Banyuwangi – Dalam rangka memperingati HUT ke-251 Banyuwangi, ratusan warga Kecamatan Kabat menggelar ziarah peringatan Kerajaan Blambangan, cikal bakal Banyuwangi, pada Sabtu (24/12/2022). Mereka menempuh jalur sepanjang 5 KM dari kantor desa Bunder dan berakhir di situs Petilasan Prabu Tawangalun di desa Gombolirang.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani hadir untuk menyambut para peserta. Menurutnya, kegiatan ini penting untuk menanamkan kesadaran sejarah dan cinta tanah air.

“Jejak ini mengajak anak-anak muda untuk lebih mengenal sejarah Banyuwangi, perlu mengajak mereka menelusuri kejayaan bekas berdirinya bangunan peninggalan kerajaan Blambangan seperti tugu peringatan Prabu Tawangalun,” kata Ipuk.

Ipuk menambahkan, diadakannya Petilasan Langkah Prabu Tawangalun sebagai wisata edukasi sejarah akan melengkapi konsep pariwisata di Kabupaten Banyuwangi.

“Pariwisata di Banyuwangi akan semakin beragam dan diharapkan menjadi daya tarik tersendiri. Saat ini banyak wisatawan yang tertarik dengan sejarah suatu daerah yang dikunjungi,” jelas Ipuk.

“Banyuwangi punya wisata alam, wisata budaya, wisata religi dan kini wisata pendidikan sejarah di Kabupaten Kabat,” kata Ipuk.

Agar menjadi sejarah dan budaya bagi Kerajaan Blambangan, lanjut Ipuk, perlu juga dibuat semacam aturan khusus untuk membuat bangunan khas Kerajaan Blambangan.

“Misalnya, bangunan gapura di kawasan Kecamatan Kabat harus mencerminkan keunikan Kerajaan Blambangan. Itu bisa menjadi penanda yang khas,” ujar Ipuk.

Irwan Hidayat, seorang tokoh adat setempat, mengatakan acara tersebut merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh masyarakat Kabupaten Kabat untuk mengenang sejarah kejayaan kerajaan Blambangan yang berpusat di wilayah Kabupaten Kabat.

Taman Alas Purwo Banyuwangi memiliki alam yang sangat indah, salah satu tempat wisata yang terkenal adalah Padang Savanah Sadeng, pengunjung dapat menikmati taman dengan habitat alaminya yang terbentang melintasi Savanah ini.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button