Berita Wisata

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Waduk Pesisir Jatigede Sumedang

INISUMEDANG.COM – Waduk atau Bendungan Jatigede kini menjadi salah satu tujuan wisata di Kabupaten Sumedang.

Waduk Jatigede tidak hanya menjadi pemasok air bagi pembangkit listrik tenaga air (PLTA), namun bendungan terbesar di Indonesia bahkan kawasan Asia Tenggara ini juga dijadikan sebagai tujuan wisata, dengan munculnya beberapa objek wisata yang memamerkan keindahan alam bendungan.

Bagi Anda yang ingin berwisata ke Waduk Jatigede Sumedang, berikut 5 rekomendasi tempat wisata di kawasan pesisir Waduk Jatigede.

  1. Mengunjungi Panenjoan atau Masjid Al Kamil

Wisata Panenjoan Jatigede atau sekarang yang menjadi lokasi Masjid Al ini mudah dijangkau karena terletak di pesisir timur Waduk Jatigede, atau tepatnya di Desa Jemah, Kecamatan Jatigede.

Masjid Al Kamil ini merupakan hasil rancangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang dibangun untuk memukau sekaligus menarik perhatian para wisatawan. Pengunjung juga bisa melihat indahnya hamparan Bendungan Jatigede yang dihiasi beberapa pulau kecil dari ketinggian.

  1. Wisata di Tanjung Duriat

Wisata ini merupakan rekomendasi wisata alam lainnya di pesisir Waduk Jatigede. Dari tempat ini wisatawan juga bisa melihat pemandangan Waduk Jatigede yang indah dari atas bukit yang menjorok ke arah bendungan (tanjung).

Kekhasan pariwisata di Tanjung Duriat adalah adanya tanda Tanjung Duriat dengan icon berupa logo cinta. Tak hanya itu, disini juga terdapat papan nama Bendungan Jatigede berukuran raksasa yang cocok untuk berswafoto dengan latar belakang hamparan air Bendungan Jatigede yang indah.

Untuk menuju Wisata Tanjung Duriat, Anda bisa menggunakan jalan Situraja – Pajagan atau mengambil jalan Tomo – Jatigede.

Selain berswafoto, wisatawan juga bisa menikmati kuliner warung-warung yang siap menyajikan makanan khas Sunda serta menu ikan bakar dengan menggunakan ikan hasil tangkapan Waduk Jatigede.

Bagi Anda yang ingin berkemah di Tanjung Duriat, tersedia juga camping ground, serta fasilitas pendukung lainnya seperti tempat parkir, toilet, dan mushola.

  1. Wisata Tegal Jarong

Wisata ini berlangsung di pesisir utara Bendungan Jatigede dan termasuk wilayah Desa Cijeungjing. Yang ditawarkan di sini adalah wisata pemandangan Bendungan Jatigede yang bisa dijadikan titik selfie dan perahu wisata yang mengantarkan pengunjung berkeliling Bendungan Jatigede.

Apalagi keunggulan tempat wisata Tegal Jarong ini adalah lokasinya yang tidak jauh dari bangunan Bendungan Jatigede. Dari Tanjung Duriat, wisatawan bisa melihat Bendungan Jatigede dari dekat.

Wisata yang dikelola oleh Karang Taruna dan warga masyarakat sekitar ini terus mengembangkan sarana dan prasarananya. Sehingga tidak salah jika tempat ini menjadi rekomendasi bagi anda yang ingin berlibur di sekitar Waduk Jatigede.

  1. Desa Buricak Burinong

Obyek wisata ini terletak di Dusun Cisema Desa Paku Alam yang terus berkembang karena wilayahnya berada di pesisir Waduk Jatigede. Padahal layak dijadikan rekomendasi tempat wisata di Sumedang.

Selain mengandalkan hamparan air yang indah di pesisir Waduk Jatigede. Kampung Renang Buricak menawarkan beberapa wisata kuliner keluarga dengan menu spesial ikan bakar dan nasi liwet sunda.

Pada awalnya, lokasi ini memiliki keunggulan dari segi bangunan sekitarnya yang dicat warna-warni dengan warna-warna cerah sehingga menarik perhatian. Ditambah lagi dengan pembangunan spot atau lokasi yang bisa dijadikan spot selfie.

Di sekitar tempat ini juga terdapat beberapa wahana wisata lainnya seperti forest walk dan take off and paragliding landing yang menambah kesan indah kunjungan tersebut.

5 Wisata Puncak Damar

Tempat wisata ini juga berada di sekitar pantai Waduk Jatigede yang menampilkan keindahan hamparan waduk dan pulau-pulau kecil yang menghiasinya.

Sejumlah fasilitas yang bisa digunakan wisatawan seperti area lesehan di beberapa pondok, gazebo, bumi perkemahan, Outbond dan area bermain anak yang terbuat dari kayu untuk menambah nuansa alam.

Obyek wisata ini berada tidak jauh dari kawasan Buricak Burinong, sehingga dapat diakses melalui Jalan Kawasan Hutan dan Jalan Paku Alam – Desa Situraja.

Itulah 5 rekomendasi wisata alam di Pantai Waduk Jatigede Kabupaten Sumedang. Namun sebagai informasi, masih ada beberapa rangkaian di sekitar Waduk Jatigede yang bisa Anda kunjungi, antara lain Pesona Jatigede atau Pesona JG di desa Tarunajaya, kecamatan Darmaraja.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button