Berita Wisata

Waspada Liburan Pantai, BMKG Ingatkan Potensi Gelombang Tinggi Hingga 4 Meter Selama 3 Hari ke Depan

Memuat…

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi gelombang tinggi 2,5 hingga 4 meter di perairan selatan Jawa Barat. (SAYA)

BANDUNG – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi gelombang tinggi 2,5 hingga 4 meter di perairan selatan Jawa Barat. Orang-orang yang bepergian di pantai harus tetap waspada.

Potensi gelombang tinggi diperkirakan terjadi antara 26-28 Desember 2022. Meliputi perairan Jawa Barat mulai dari Sukabumi, Cianjur, Garut, hingga Pangandaran. Serta potensi gelombang di selatan Samudera Hindia sebelah barat Jawa.

Prakiraan cuaca BMKG Stasiun Sawardi Cilacap menyebutkan, gelombang tinggi terjadi akibat angin di wilayah Indonesia bagian utara yang bergerak terutama dari barat ke utara dengan kecepatan angin berkisar 8 hingga 25 knot.
Sedangkan di Indonesia bagian selatan bergerak terutama dan bergerak dari barat daya ke barat laut dengan kecepatan angin berkisar antara 5 sampai 25 knot.

“Kami mengimbau kepada masyarakat yang tinggal dan bekerja di pesisir pantai di sekitar wilayah yang berpotensi terjadi gelombang kuat untuk tetap waspada,” jelasnya.

BMKG merekomendasikan untuk memperhatikan risiko tinggi untuk keselamatan transportasi. Dimana perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang lebih dari 1,25 m). Tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang lebih dari 1,5 m).

Baca: Kecanduan Judi Online, Penjualan di Lubuklinggau Gelapkan Uang Perusahaan Rp 86 Juta.

Feri (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang lebih dari 2,5 m). Kapal besar seperti kapal kargo/kapal pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang lebih dari 4,0 m).

(mengganggu)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button