Berita Wisata

Bingung Mau Liburan Kemana? Itulah 3 tempat wisata alam di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi

Senin, 26 Desember 2022 – 19:30 WIB

Jawa Timur – Taman Nasional Helas Purwo yang terletak di dua kecamatan yaitu Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi memiliki berbagai tempat wisata alam yang masih terjaga dengan baik.

Taman nasional ini tidak hanya menampilkan keindahan flora dan fauna, namun Anda juga akan dimanjakan dengan pantai-pantai yang indah mempesona. Terletak di Jawa Timur, Alas Purwo memiliki luas sekitar 43.420 hektar dan merupakan hutan tertua di Pulau Jawa. Tidak sedikit orang yang menganggap tempat ini penuh misteri dan angker.

Sedangkan Taman Nasional Alas Purwo kaya akan kekayaan seperti 700 jenis flora, 320 jenis burung, 50 jenis mamalia, 48 jenis reptilia dan 15 jenis amfibi yang menghuni Alas Purwo. Kekayaan lainnya termasuk tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi. Kali ini Viva Jatim akan merangkum tiga tempat cantik yang bisa kamu kunjungi di Taman Nasional Alas Purwo.

1. Pantai Pancur

Kota Banyuwangi yang dekat dengan laut membuat kawasan ini menjadi wisata pantai yang terkenal, baik di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Pantai Pancur yang merupakan bagian dari Taman Nasional Banyuwangi ini menawarkan panorama pantai pasir putih yang tak kalah indahnya dengan pantai-pantai lain di Banyuwangi.

Adapun nama ‘Pantai Pancur’ mengacu pada keberadaan sungai yang airnya mengalir ke arah pantai berupa pancuran. Namanya kemudian Pantai Pancur.

Wisata ini juga menawarkan area berkemah bagi pengunjung yang ingin berkemah. Tak jauh dari bibir pantai, terdapat dua gua keramat yakni Gua Sendang Srengenge dan Gua Istana yang jaraknya sekitar 2 kilometer dari bibir pantai.

Suasana alam dengan pasir putih dan air laut biru jernih membuatnya sangat menakjubkan. Di sekitar pantai terdapat bumi perkemahan yang biasa digunakan untuk berkemah. Sekitar 2 km dari pantai terdapat goa yang cukup keramat, yaitu Goa Istana dan Sendang Srengenge.

2. Padang Rumput Sadengan

Padang Rumput Sadengan atau yang biasa dikenal dengan Sadengan Sadengan merupakan tempat mencari makan yang luas dimana Anda akan menemukan berbagai jenis hewan liar. Dengan luas ± 84 hektar, Savana Sadengan akan mengingatkan Anda pada gurun Afrika.

Sabana Sadengan juga menjadi habitat mamalia besar seperti banteng, rusa, kijang, babi hutan, ajag dan berbagai jenis burung seperti merak hijau dan jalak. Untuk bisa melihat satwa tersebut, Anda bisa datang ke Sadengan dengan memilih waktu pagi dari pukul 06:00 – 09:00 WIB atau sore hari dari pukul 15:00 – 17:00 WIB.

3. Pantai Segitiga

Selain Pantai Pancur, Pantai Triangulasi juga tidak kalah indahnya. Anda yang berkepribadian introvert bisa mencoba menjelajahi pantai ini karena kondisinya yang tenang dengan suasana yang sejuk dan asri cocok untuk penyembuhan diri.

Nama Pantai Triangulasi sendiri diambil dari nama tugu yang dibuat untuk kepentingan pemetaan Taman Nasional Alas Purwo. Terletak di Desa Tegaldlimo, untuk menuju pantai ini Anda harus menempuh jarak sekitar 70 kilometer dari pusat kota Banyuwangi.

Itulah beberapa wisata menarik yang bisa dikunjungi di Taman Nasional Alas Purwo. Tentu masih banyak lagi pemandangan yang bisa ditemukan di sana. Selamat liburan Tahun Baru 2023.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button