Berita Wisata

7 Tempat Wisata di Alun-Alun Lamongan, Hemat Bujet Anda!

lamongan

Jika memilih untuk tidak keluar kota namun tetap bisa menikmati akhir tahun dengan hemat dan bahagia, Alun-alun Lamongan adalah pilihannya. Di sekitar Alun-alun Lamongan, ini bisa jadi salah satu pilihan tempat yang harus dikunjungi untuk liburan akhir tahun 2023. Ada apa ya?

Ya, detikers yang tidak keluar kota atau pengunjung yang sedang berada di Lamongan, banyak tempat yang bisa dinikmati di alun-alun. Di pusat kota ini terdapat tempat wisata murah tanpa mengeluarkan budget yang besar. Lokasinya sangat mudah ditemukan.

1. Monumen TNI AU dan Dutch Air Torn Tower

Alun-Alun Lamongan sebagai ruang publik dengan luas sekitar 4.900 meter persegi memiliki tempat yang tak kalah monumental. Yakni Monumen Pesawat TNI AU. Jenis pesawat yang dijadikan tugu berada di tengah Lapangan Lamongan.

Pesawat patroli udara milik TNI AU ini memiliki nomor lambung P 086 N 2255. Pesawat ini biasa digunakan oleh masyarakat sebagai latar untuk berfoto.

2. Toren, menara air ikonik peninggalan Belanda

Bagi yang berkunjung ke kota Soto, mungkin bertanya-tanya apakah ada bangunan tinggi kokoh di selatan alun-alun kota di Lamongan. Bangunan segi delapan ini merupakan menara air atau biasa disebut Toren oleh penduduk setempat.
Toren merupakan bangunan peninggalan kolonial yang masih berdiri hingga saat ini.

Sedikit yang tahu, Toren megah ini sudah ada sejak tahun 1924. Meski tak lagi berfungsi sebagai menara air, bangunan ini tetap berdiri untuk mendukung kemajuan dan perkembangan Lamongan.

Bangunan yang merupakan salah satu landmark Lamongan ini dibangun pada saat Raden Tumenggung Joyodinegoro menjabat sebagai Bupati Lamongan. Sebelumnya, menara air ini digunakan untuk mengalirkan air dari selatan ke penduduk Lamongan. Secara umum Toren terbagi menjadi 3 bagian yaitu kaki, badan dan kepala dengan tinggi 13 meter.

Menara air Lamongan merupakan peninggalan BelandaMenara air di Lamongan Belanda / Foto: Eko Sudjarwo

3. Titik Nol KM Lamongan

Ground zero KM Lamongan berada di tengah kota, Jalan Lamongrejo No. 20 Kauman, Sidokumpul, Kabupaten Lamongan. Tepatnya terletak di timur laut Alun-Alun di sebelah lapangan basket dan air mancur di sebelah utara. Titik Nol KM Kabupaten Lamongan merupakan spot terbaru yang dimiliki oleh kota soto. Titik Nol KM Lamongan baru diresmikan pada Minggu malam (25/12/2022).

Titik 0 KM memiliki desain yang terinspirasi dari logo kota Lamongan Megilan, dengan pasak beton 0 KM yang dilapisi tembaga, kemudian ornamen akrilik bertuliskan 0 KM Lamongan dan ada juga logo Lamongan Megilan atau kucing ikan.

Di lokasi KM Titik Nol juga sedang dibangun taman di bagian depan yang diharapkan dapat menjadi spot selfie favorit dan menjadi objek wisata baru di kota Lamongan.

4. Kincir ria

Jika ingin menikmati suasana kota Lamongan dari ketinggian, bianglala bisa menjadi pilihan saat berada di Alun-alun Lamongan. Suasana akan semakin cantik jika Anda mengunjungi tempat ini pada malam hari. Sebab, Lamongan bisa dinikmati dari ketinggian dengan kelap-kelip lampu.

Pemburu spot foto juga akan dimanjakan dengan suasana di sekitar tempat tersebut, seperti yang telah ditata sedemikian rupa. Kelap-kelip lampu akan menambah suasana dan cantiknya background foto.

Simak video “Cuaca Ekstrim, Pengunjung Gagal Nyunset di Pantai Cemagi”
[Gambas:Video 20detik]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button