Berita Wisata

Kemacetan lalu lintas dan tanah longsor yang harus diwaspadai dalam perjalanan menuju Pantai Pangandaran

TASIKMALAYA, KOMPAS.com-Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IX Jawa Barat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi jumlah pemudik melalui Jalan Tasikmalaya, Jawa Barat hanya menuju objek wisata Pangandaran saat libur tahun baru.

Jumlahnya juga diperkirakan tidak akan jauh berbeda dengan musim mudik Lebaran.

Berbagai posko keamanan juga mulai aktif di beberapa lokasi jalur mudik dari Jawa Barat sejak 19 Desember 2022.

Baca Juga: Libur Nataru, Pengunjung Pantai Pangandaran Diprediksi Meningkat Mulai Besok Hingga Malam Tahun Baru

Salah satu ruas jalan rawan longsor dan macet dari Jakarta, Bandung-Pangandaran Via Tasikmalaya berangkat dari pertigaan Limbangan-Malangbong-Tanjakan Gentong-Pamoyanan-Panyusuan-Sindangkasih-Tenjakan Tepungkanyut dan Leuweung Eplak Kalipucang, Pangandaran.

“Jadi tiap daerah (Jawa Barat) ada pos (Nataru Security) yang beroperasi sejak 19 Desember. Pos Nataru lebih untuk pariwisata seperti lintas Tasikmalaya di Pangandaran, Ciater (Subang) lebih untuk pariwisata. Bisa saja rusak. Penyaluran itu perlu melihat situasi di lapangan nanti. Kalau Gentong-Limbangan sudah menjadi sopir tetap, harus diperhatikan oleh para sopir,” jelas Kepala BPTD IX Dinas Perhubungan Jabar, Denny Michels Adlan, di Tasikmalaya pada Selasa (27/12/2022).

Denny melakukan koordinasi lintas sektor dengan kepolisian dan seluruh dinas perhubungan di seluruh wilayah Jawa Barat.

Sementara itu, di kawasan jalan Jakarta-Bandung-Tasikmalaya hingga Pangandaran, beberapa titik mengalami kemacetan akibat membludaknya kendaraan.

“Di Gentong, Limbangan, dan Malangbong biasa macet. Jadi tentunya jalan Tasikmalaya mendapat perhatian ekstra selama liburan ini,” imbuhnya.

Baca juga: BNPB Catat 3.461 Bencana Sepanjang 2022, Didominasi Banjir, Cuaca Ekstrem, dan Tanah Longsor

Seluruh dinas perhubungan di berbagai pelosok Jawa Barat juga diminta untuk fokus pada beberapa titik kritis dengan rute menuju destinasi wisata.

Perhatikan jalur jalan yang digunakan masyarakat untuk wisata tahun baru di Jawa Barat ada beberapa tempat terutama Pangandaran, Ciater Subang, Lembang Bandung dan Puncak Bogor.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button