Tempat Wisata

10 Wisata Pantai Dekat Kediri Paling Populer

Inilah rekomendasi wisata pantai terindah di dekat Kediri Jawa Timur. Destinasi wisata laut yang kaya akan keajaiban dan hits, cocok untuk menjadi destinasi liburan anda bersama orang tersayang.

Kediri tercatat sebagai salah satu kota yang dikunjungi wisatawan untuk berlibur sekaligus melepas penat. Sayangnya, kawasan ini kurang diberkahi dengan wisata bahari karena lokasinya yang terpencil. Lalu bagaimana jika orang ingin mengunjungi wisata laut? Untungnya, daerah dekat Kediri menawarkan pantai-pantai indah yang tak terhitung jumlahnya untuk menikmati angin sepoi-sepoi dan memanjakan mata Anda. Di bawah ini rekomendasi hits dekat Kediri yang wajib kamu kunjungi.

1. Pantai Gondo Mayit

Pantai Gondo Mayit, BlitarFoto oleh Google Maps Candra Nurdian

Wisata laut yang tidak jauh dari Kediri adalah Pantai Gondo Mayit atau lebih dikenal dengan Pantai Bau Mayat. Meski namanya sedikit seram, ternyata pantai ini menawarkan pemandangan alam yang mempesona. Keindahan pantai tidak hanya berasal dari luasnya lautan yang ada di depan mata, tetapi juga dari kawasan wisata yang dikelilingi perbukitan.

Selain itu di lokasi ini Anda bisa melihat bagaimana pepohonan tampak tumbuh subur dan menjulang tinggi ke langit membuat pantai terasa sejuk dan asri. Lokasi pantai yang indah ini berbatasan dengan pantai populer lainnya yang terkenal akan keindahannya. Dengan kata lain, wisatawan bisa melihat keindahan dua pantai sekaligus tanpa harus menempuh perjalanan jauh.

Setibanya di kawasan wisata bahari, kegiatan utama adalah bermain pasir bersih atau berenang santai di pantai. Sayangnya, kegiatan ini tidak diperbolehkan karena ombaknya terlalu kuat dan dapat membahayakan keselamatan. Oleh karena itu, wisatawan hanya bisa melihat keindahannya dari dekat, tanpa pernah bisa masuk dalam radius tertentu.

harga tiket: Rp5.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Krajan, Tambakrejo, Kec. Wonotirto, Cab. Blitar, Jawa Timur.

2. Pantai Jolosutro

Pantai Jolosutro Kegiatan yang menarikSumber gambar: Pendapatan Kota Blitar https://www.google.com/maps/contrib/114500407534328053335

Pantai yang indah tidak selalu tentang pasir putih, dan pernyataan ini dibuktikan dengan kehadiran Pantai Jolosutro. Memang benar, pantai cantik ini sebenarnya berpasir hitam namun terlihat bersih tanpa sampah di sekitarnya. Warna pasirnya saja membuat pantai yang satu ini terlihat eksotis dan menawan. Warnanya yang hitam legam tampak mengkilat meski terkena pantulan sinar matahari.

Menemukan tempat wisata bahari yang unik ini tidaklah sulit mengingat letaknya yang tidak jauh dari pusat kota Blitar. Meski tempatnya cukup mudah ditemukan, namun akses menuju tempat wisata ini cukup sulit karena berada di kawasan perbukitan. Tetap saja, tidak mungkin langsung masuk ke kawasan wisata, bukan?

harga tiket: Rp3.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Ringinsari, Ringenrejo, Kec. Wates, Cab. Blitar, Jawa Timur.

3. Pantai Umbul Waru

Wisata pantai Umbul WaruKredit foto: Luqman Jaya https://www.google.com/maps/contrib/103328383392872726868

Bosan mengunjungi wisata laut yang biasa saja? Coba kunjungi Pantai Umbul Waru sebagai solusinya. Tidak seperti pantai pada umumnya, karena di sini wisatawan akan menemukan air terjun yang hanya bisa ditemukan di dataran tinggi. Justru keberadaan air terjun di kawasan pantai ini dinilai menjadi daya tarik Pantai Umbul Waru yang tidak bisa ditemukan di kawasan lain.

Untuk melihat keindahannya dari dekat, wisatawan harus menghadapi perjalanan yang penuh rintangan. Bahkan bisa dikatakan beberapa kendala tersebut cukup sulit untuk diatasi karena agak ekstrim. Hal itu tidak bisa terjadi pada semua orang, dengan kata lain Pantai Umbul Waru sangat cocok bagi mereka yang menyukai tantangan dan bersenang-senang dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama.

Setelah melewati berbagai rintangan, rasa lapar dan dahaga mulai menggerogoti selama perjalanan. Sayangnya pantai ini belum dilengkapi dengan fasilitas seperti warung makan sehingga wisatawan perlu membawa perbekalan sendiri sebagai tips berkunjung ke pantai Umbul Waru. Sebelum berkunjung, pastikan ombak sedang surut agar pesona keindahan air terjun terlihat jelas.

harga tiket: Gratis; map: pemeriksaan situs
Alamat: Kalibawang, Sidomulyo, Kec. Bakung, Cab. Blitar, Jawa Timur.

4. Pantai Peh Pulo

Fasilitas pantai Peh Pulo BlitarSumber gambar: Pauline Hartanto https://www.google.com/maps/contrib/110617412413520790953

Wisata laut hits di dekat Kediri yang wajib kamu kunjungi adalah Pantai Peh Pulo. Wisata laut ini menawarkan pemandangan yang indah dan dapat memberikan kesan eksotis. Tempat ini sering dijadikan tempat mencari foto yang keren dan kekinian. Bahkan jika dilihat dari dekat, pantai cantik ini akan mengingatkan Anda pada keindahan Raja Ampat yang terletak di Pulau Papua. Berkat keindahannya, banyak wisatawan yang mengaku enggan untuk pulang.

harga tiket: Rp5.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Peh Pulo, Sumclean, Kec. Panggungrejo, Cab. Blitar, Jawa Timur.

5. Serang Pantai

Jika pantai indah umumnya identik dengan warna pasirnya yang putih bersih, maka disini wisatawan disuguhkan pasir pantai berwarna hitam yang justru memberikan kesan eksotis dan menawan. Lokasi pantai yang satu ini sangat dekat dengan pusat kota dan sangat digemari oleh masyarakat sehingga untuk mencarinya tidak akan sulit. Berkat keunikannya, pantai cantik ini tak pernah sepi pengunjung.

Kemungkinan besar, saat wisatawan menikmati nuansa pantai yang unik, mereka akan bisa melihat keunikan lain di kawasan wisata tersebut. Pantai indah ini memang sering dijadikan tempat acara adat yang disebut Larung Sesaji. Upacara adat yang sakral ini menjadi daya tarik lain dari Pantai Serang, wajar jika kawasan wisata bahari ini selalu dipadati pengunjung baik di akhir pekan maupun hari kerja.

harga tiket: Rp7.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Serang, Kec. Panggungrejo, Cab. Blitar, Jawa Timur.

6. Pantai Tambakrejo

Wisata di Pantai SerangKredit foto: Vinola Pangestika https://www.google.com/maps/contrib/110358828586468704258

Pantai Tambakrejo dikenal sebagai salah satu pantai yang tidak pernah sepi wisatawan. Bahkan keindahannya sendiri sudah terdengar hingga ke luar daerah, sehingga banyak ditemukan wisatawan yang sengaja datang dari jauh hanya untuk bisa melihat keindahannya dari dekat. Selain terkenal dengan keindahannya, pantai yang satu ini ternyata memiliki keunikan tersendiri yang tidak bisa ditemukan di kawasan wisata bahari lainnya.

Keunikannya tertoreh di dua sisi pantai yang memiliki skala ombak berbeda. Adanya perbedaan tersebut justru membuat gelombang air laut semakin besar dan kuat. Meski sedikit menyeramkan, banyak wisatawan yang tertarik untuk mengabadikan momen unik ini tanpa melewatkannya. Jika Anda berjalan-jalan santai menyusuri pantai, Anda akan menemukan sejumlah spot foto kekinian yang menawarkan nuansa alam yang lebih dari pesonanya.

Siapa sangka pantai indah ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat rekreasi. Karena tidak jauh dari kawasan wisata, wisatawan akan menjumpai pelelangan ikan dan banyak warung sederhana dimana penjual menawarkan berbagai jenis ikan hasil tangkapan nelayan setempat. Semua ikan ini dijual segar sehingga Anda bisa menjadikannya oleh-oleh terbaik untuk keluarga Anda di rumah.

harga tiket: Rp6.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Tambakrejo, Kec. Wonotirto, Cab. Blitar, Jawa Timur.

7. Pantai Popoh

Objek wisata Pantai PopohKredit foto: Hendra Setiawan https://www.google.com/maps/contrib/101947099296530112091

Dengan pemandangan yang luar biasa, mempesona dan eksotik, tak heran jika pantai Popoh ini masuk dalam daftar kunjungan berikutnya. Bagaimana tidak, ketika wisatawan baru menginjakkan kaki di sebuah kawasan wisata, terlihat jelas betapa indahnya lukisan kekuatan pantai yang satu itu. Pantai yang indah ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.

Selain bernuansa angker karena cerita mistis tentang ratu pantai selatan bernama Nyi Roro Kidul, tak menyurutkan niat wisatawan untuk berkunjung lagi di lain waktu. Bahkan, banyak wisatawan yang lebih suka bermalam di pantai sekitar satu atau dua hari untuk melihat keindahannya hingga puas. Selain itu, aksesnya juga tidak terlalu sulit sehingga memudahkan siapa saja untuk mengunjunginya.

harga tiket: Rp3.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Pantai J L. Prigi Raya, Watulimo, Popoh, Besole, Kec. Besuki, Cab.Tulungagung, Jawa Timur.

8. Pantai Studio

Daya tarik memiliki Pantai SangarKredit foto: Bieng Soecahya https://www.google.com/maps/contrib/108538220142870810193

Jika Anda ingin mengunjungi wisata laut yang menawarkan panorama dan pemandangan yang begitu memanjakan mata maka Pantai Sanggar adalah jawabannya. Pantai cantik yang terletak di Kabupaten Tulungagung ini juga cukup mudah ditemukan karena dekat dengan beberapa pantai populer lainnya. Kalaupun tempatnya bukan di Kediri, siapa sangka wisata unggulan ini dulunya termasuk dalam kawasan eks pemukiman Kediri.

harga tiket: Rp5.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Jenglungharjo, Kec. Gunung Tanggung, Cab.Tulungagung, Jawa Timur.

9. Pantai Pacar

Atraksi Pantai PacarSumber gambar: Rio Adi Marhendra https://maps.google.com/maps/contrib/118385116304612590911

Kata pacar identik dengan seseorang yang sangat dicintai dan menjadi pemilik hati. Namun sahabat yang dibahas kali ini bukan orangnya, melainkan wisata bahari di Kabupaten Tulungagung. Pantai indah ini banyak dikunjungi wisatawan berkat pesona alamnya yang mampu memberikan kesan tenang dan enak dipandang. Itu sebabnya Girlfriend Beach cocok sebagai tempat perlindungan saat roh terpuaskan.

Sejak masuk ke kawasan wisata tersebut, Anda pun sudah gatal ingin mengabadikan momen liburan di sana. Pemberian nama yang terbilang unik tidak hanya memudahkan untuk mengingat. Pasalnya, penamaan tersebut sesuai dengan nuansa di sekitar pantai yang mampu memberikan kesan romantis yang tak terlupakan. Namun, bukan berarti pantai ini adalah kawasan terbaik untuk berkencan, seperti yang bisa dibayangkan.

harga tiket: Rp5.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Desa Pucanglaban, Kec. Pucang Laban, Cab.Tulungagung, Jawa Timur.

10. Pantai Karanggongso

Pemandangan di Pantai KaranggongsoSumber gambar: Google Maps Karetkapal

Pantai indah yang tak kalah populer di kalangan warga Kediri adalah Pantai Karanggongso. Tidak sulit menemukan tempat-tempat menarik karena dekat dengan Pantai Prigi yang terkenal dengan keindahan alamnya. Keindahan Pantai Karanggongso pun terpancar dari pasir putihnya yang bersih dan begitu lembut saat menyentuh permukaan kulit.

harga tiket: Rp10.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Tasikmadu, Kec. Watulimo, Cab.Trenggalek, Jawa Timur.

Bagi sebagian orang, wisata bahari adalah pelarian terbaik saat pikiran penat. Bahkan hampir setiap daerah memiliki pantai yang menyuguhkan keunikan tersendiri, sehingga Anda tidak akan pernah bosan untuk mengunjunginya. Meski Kediri tidak dekat dengan kawasan pantai mana pun, wisatawan tetap bisa memilih alternatif dengan mengunjungi pantai indah terdekat dari Kediri. Selamat berlibur!

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button