Berita Wisata

Desa Wisata Manggarai Barat Tawarkan Perasaan Liburan Akhir Tahun

Seorang turis asing berfoto di Bukit Porong Tedeng, Desa Wisata Batu Bara, Manggarai Barat, NTT beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi)

Elshinta.com – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Batu Bara Porong Tedeng menawarkan nuansa liburan di penghujung tahun 2022 dengan paket wisata atraksi alam dan budaya bagi wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur

“Keindahan alam dan budaya yang ditawarkan Desa Wisata Batu Bara meyakinkan wisatawan bahwa musim liburan akan lebih berbeda dari biasanya,” kata Ketua Pokdarwis Porong Tedeng Alfonsius Sumarno Patut di Labuan Bajo, Selasa.

Wisatawan yang memilih berlibur ke Batu Bara, Kabupaten Kuwus akan memiliki banyak pilihan objek wisata. Pertama, wisatawan bisa menikmati keindahan alam pegunungan yang sejuk melalui Porong Hill Tour “Negeri Sejuta Harapan”. Dalam pilihan wisata ini pengunjung dapat menikmati pesona alam dan keindahan matahari pagi atau Matahari terbit dari atas bukit dilengkapi dengan kotak foto ini instagrammable.

Selain itu, wisatawan dapat terlibat dalam kegiatan utama masyarakat Desa Batubara melalui Wisata Uma Duat. Selama tour ini, wisatawan akan dikenalkan dengan salah satu filosofi hidup masyarakat perkebunan kopi. Mereka akan langsung melihat proses pengolahan kopi tradisional dan menikmati menyeduh kopi asli dari kebun.

Tak hanya itu, pria yang akrab disapa Rhony ini menjelaskan wisatawan dapat menikmati kehidupan masyarakat sekitar yang berkumpul untuk meramaikan homepage dengan berbagai permainan tradisional seperti Caci, Rangkuk Alu, Pua dance Kopi dan permainan anak lainnya. .

“Kami kemas dalam Natas Labar Tour yang menunjukkan kerukunan antar generasi dan selama ini dipertahankan oleh masyarakat,” ujarnya.

Sambil menikmati liburan akhir tahun yang jauh dari hiruk pikuk kota, wisatawan akan disuguhi kopi spesial Coal bernama Kopi Ntala. Nama “Ntala” yang berarti bintang harapan merupakan komitmen para pemuda untuk menggantungkan cita-citanya ke langit dan terus memajukan pariwisata untuk diwariskan kepada anak cucunya.

Dalam perjalanan terorganisir yang mereka tawarkan, wisatawan juga akan dapat mencicipi masakan khas Bukit Porong yang disiapkan langsung oleh ibu-ibu desa. Wisatawan juga akan melihat berbagai jenis olahan batu bara yang khas dan belajar langsung dari warga.

“Jadi berwisata ke Batu Bara bukan hanya sekedar menikmati keindahan alam, tapi menyatu dengan masyarakat dan mengenal lebih jauh tradisi dan budaya Manggarai di sini,” ujar Rhony.

Rhony mengatakan Coal Village merupakan salah satu desa wisata di Manggarai Barat yang siap memasarkan paket wisata baik secara online maupun offline. Informasi pemesanan dapat dilakukan melalui berbagai platform yang tersedia.

“Bukit Porong sudah go digital, sehingga calon konsumen bisa berkunjung situs web Desa Wisata Batubara Bukit Porong dan semua informasi tentang produk wisata tersedia di sana,” jelasnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button