Berita Wisata

4 Rekomendasi Tempat Camping Paling Lucu di Blitar untuk Malam Tahun Baru

Blitar

Malam tahun baru identik dengan pesta kembang api dengan musik yang menggema. Namun bagi yang menyukai suasana tenang dan sejuk, beberapa spot camping di Blitar bisa menjadi pilihan untuk menginap di alam.

Sesuaikan saja lokasi yang Anda suka. Karena ada beberapa bumi perkemahan yang diposisikan di lereng Gunung Kelud. Namun ada juga pohon pinus yang rindang di pinggir pantai.

Berikut adalah camping ground yang ada di lereng Gunung Kelud:

1. Hutan Pinus Loji

Lokasinya berada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Tempat ini awalnya merupakan jalur pendakian menuju puncak Kelud. Akses menuju lokasi sudah baik dan dapat dilalui kendaraan roda dua dan empat.

Kawasan hutan pinus ini berada di ketinggian 680 mdpl dan sangat luas sebagai tempat berkemah keluarga. Fasilitas yang disediakan juga lengkap. Mulai dari area bermain anak, area off connecting, spot instagramable untuk foto selfie. Dan tentu saja, suasana yang sejuk dan tenang itu diselingi oleh gemericik aliran lahar di sisi timur.

Untuk menambah kenyamanan, terdapat kamar mandi, toilet, dan warung yang menjual makanan, snack, dan minuman. Jadi tidak perlu khawatir jika tidak membawa bekal. Namun di area camping tidak ada aliran listrik karena konsepnya adalah nature camping.

Pengunjung biasanya membawa peralatan berkemah sendiri. Namun bagi yang belum punya, pihak pengelola menyewakan tenda, kasur yang dilengkapi lampu dengan harga terjangkau. Pada malam hari, kegiatan favorit para campers adalah membuat api unggun.

Malam tahun baru juga bisa dihabiskan dengan memanggang bersama rekan kerja atau keluarga. Karena semua fasilitas disewakan oleh pengelola. Biaya yang perlu disiapkan, tiket dan parkir adalah Rp 15.000/orang. Lalu kalau mau sewa tenda+kasur untuk kapasitas dua orang, harganya Rp45.000. Bagi yang mau bakar, paket paling murah untuk dua orang harganya Rp 65.000.

perkemahan di BlitarHutan Pinus Loji (Foto: Erliana Riady)

2. Puncak Sekawan

Lokasi ini dibuka relatif baru dan langsung memperoleh kesuksesan nasional sebagai tujuan wisata utama di Indonesia. Lokasinya berada di Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar.

Posisi ekowisata ini berada di antara Gunung Kelud dan Pegunungan Kawi. Dengan ketinggian 711 meter di atas permukaan laut, Anda bisa menikmati hawa dingin dengan pemandangan alam yang memanjakan mata sepanjang hari. Dulu, tempat ini memang menjadi tempat berkemah para pecinta alam. Selain dikembangkan menjadi tempat wisata baru, pembangunan fasilitas dilengkapi demi kenyamanan pengunjung.

Sebuah kafe yang dilengkapi dengan meja kursi yang nyaman, menghadap langsung ke pemandangan gunung. Sinyal wi-fi gratis juga disediakan selama 24 jam agar pengunjung betah berlama-lama. Sore ngopi dan pagi disini suasananya sangat tenang. Apalagi jika ingin menghabiskan musim liburan dengan berkemah, kesegarannya dijamin untuk tahun baru 2023.

Tiket masuk dan biaya parkir Rp 15.000 per orang. Mengenai perlengkapan camping dan segala kebutuhan selama menginap di tenda bisa dengan mudah Anda dapatkan karena pihak pengelola sudah menyiapkan semuanya.

perkemahan di BlitarPuncak Sekawan (Foto: Erliana Riady)

3. Wukir Negoro

Wukir Negoro merupakan base camp pendakian Gunung Buthak. Terletak 1.500 meter di atas permukaan laut, tempat ini memang hanya untuk para petualang yang biasa bermalam di bawah atap bulan dan bintang.

Saat berkemah di sini, Anda bisa menikmati hijaunya rumpun daun teh di areal perkebunan di atas bukit, sambil menatap Gunung Butak, Pegunungan Kawi, dan Gunung Kelud. Jalan menuju Wukir Negoro, bisa melewati Sirah Kencong dan dilanjutkan ke atas bukit. Aksesnya berupa bebatuan yang tertata rapi, sehingga lebih aman jika trekking ini dilakukan dengan berjalan kaki.

Jika Anda berkemah di sini, semua perlengkapan harus dibawa sendiri. Mulai dari tenda, matras, lighting dan perlengkapan dapur. Pastikan juga stok logistik aman untuk kebutuhan Anda saat berkemah di sana. Suasana malam, benar-benar hening dan hening. Namun di dini hari, sidik jari fajar di ufuk timur sungguh mempesona. Inilah tempat yang tepat untuk menikmati sunrise terindah di Blitar.

perkemahan di BlitarWukir Negoro (Foto: Erliana Riady)

4. Serang pantai

Nah, bagi yang suka laut, berkemah di tepi laut di Pantai Serang juga nyaman. Selain itu memang ada tempat perkemahan yang disiapkan pengelola, Anda juga bisa mendirikan tenda di sepanjang pantai yang landai.

Lokasinya berada di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar. Akses menuju ke sana mudah berkat jalan bercampur dengan deretan hutan jati yang menghijau di musim hujan ini.

Hamparan pasir putih pantainya akan memanjakan Anda saat menghabiskan akhir tahun di sana. Namun, tenda dapat dipasang dalam jarak 50 meter dari pantai. Hal ini untuk menjaga kemping tetap aman dan nyaman agar ombak tidak menembus tenda.

Bagi pengunjung yang tidak membawa tenda, pihak pengelola menawarkan sebagian untuk disewakan. Rata-rata harga sewa tenda di Blitar adalah Rp 40.000 untuk kapasitas dua orang. Harga sewa kasur adalah Rp 5.000/seprai. Tempat perkemahan di sini nyaman untuk keluarga karena fasilitasnya lengkap. Termasuk banyak warung yang menawarkan hidangan seafood yang jaraknya sangat dekat.

perkemahan di BlitarPantai Serang (Foto: Erliana Riady)

Simak video “Tidak Ada Acara Khusus, Tahun Baru di Malioboro Berjalan Normal”
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/tebal)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button