Berita Wisata

Nikmatnya Berkunjung dan Belajar di Museum Tulungagung Selama Liburan Nataru, Gratis!

Tulungagung

Liburan sekolah umumnya digunakan para pelajar untuk berwisata ke berbagai destinasi, mulai dari wisata alam hingga wisata buatan. Namun tidak ada salahnya mencoba mengunjungi museum, karena dapat menambah pengetahuan.

Salah satu museum yang wajib dikunjungi adalah Museum Daerah Tulungagung yang terletak di Jalan Raya Boyolangu, Kabupaten Boyolangu, Tulungagung. Museum ini menyimpan ratusan koleksi benda purbakala dari zaman kerajaan hingga benda etnografi teknologi pertanian.

“Museum ini memiliki koleksi dari tahun 2018, peninggalan zaman kerajaan antara lain arca, perak kuno, sumur dan bagian bangunan. Sedangkan etnografi meliputi berbagai peralatan pertanian dan perikanan,” kata Penjaga Museum Daerah Tulungagung Tri Eni Budi Santoso, Selasa. (27/12/2018) 2022).

Museum Daerah TulungagungMuseum Daerah Tulungagung memiliki koleksi dari tahun 2018 (Foto: Adhar Muttaqin)

Koleksi museum tersebut diperoleh dari temuan di berbagai daerah di Tulungagung. Selain itu, beberapa arca dari masa kerajaan berasal dari penggalian yang dilakukan pada masa pemerintahan Hindia Belanda.

“Dulu sebagian koleksinya ada di Pendapa Tulungagung, sejak jaman Belanda, kemudian setelah jadi museum, dipindahkan ke sini,” ujarnya.

Di antara koleksi museum adalah replika tengkorak manusia purba Homo Wajakensis yang fosil aslinya disimpan di Museum Belanda.

Eni menjelaskan selama liburan sekolah museum tetap buka seperti biasa. Untuk melihat koleksi benda cagar budaya, pengunjung bisa datang dari Senin hingga Sabtu.

“Kami sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin berkunjung ke museum, kami buka mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Disini gratis, tidak perlu bayar,” jelasnya.

Menurutnya, dengan datang ke tempat penyimpanan benda cagar budaya, pengunjung akan mendapatkan berbagai pengetahuan tentang peradaban dan budaya masa lampau.

“Tentunya banyak keuntungan jika berkunjung ke sini, kita bisa tahu peninggalan zaman kerajaan dan sebagainya. Syukurlah ada pengunjung, biasanya rombongan,” jelasnya. .

Pihak museum mengaku siap menyambut pengunjung saat liburan sekolah.

Simak Video “Kakorlantas Polri Gelar Rakor Pengamanan Natal dan Tahun Baru”
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/tebal)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button