Berita Wisata

Wisata kebun teh di Probolinggo yang bisa Anda coba saat liburan tahun baru

Probolinggo

Liburan tahun baru telah tiba. Jika detikers ingin berlibur sambil menikmati udara segar, wisata agrowisata kebun teh di Kabupaten Probolinggo ini sangat layak untuk dicoba.

Kawasan wisata kebun teh ini berada di lereng Gunung Gambir, di Dusun Lawang Kedaton, Desa Andung Biru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo.

Kebun teh seluas 183,49 hektar yang berada di bawah pengelolaan PTPN XII ini belum ditetapkan sebagai tujuan wisata resmi. Namun siapapun bisa berkunjung alias terbuka untuk umum.

Meski lokasinya berada di kawasan pegunungan dan cukup sulit diakses, namun menjadi tantangan tersendiri bagi wisatawan yang menyukai wisata alam. Dan setiap minggu atau setiap hari libur, dipastikan selalu ada pengunjung.

Sesampainya di venue, pengunjung akan langsung disambut dengan hamparan daun teh hijau sejauh mata memandang. Suasana pedesaan dan udara segar seringkali membuat pengunjung semakin betah.

Wisatawan yang datang mengatakan bahwa kawasan wisata ini mirip dengan Puncak Jawa Barat. Memang suasananya dikelilingi perbukitan dan pengunjung tentunya bisa memetik daun teh langsung sambil menikmati aromanya yang khas.

Pengunjung tidak sendirian saat memetik daun teh, para petani wanita setempat siap menemani mereka. Tak hanya itu, wisatawan juga bisa melihat langsung transformasi daun menjadi teh yang akan dipasarkan.

Jika Anda berada di kawasan Kebun Teh Probolinggo, jangan lupa mampir juga ke destinasi lainnya. Seperti menikmati keindahan alam Pegunungan Hyang/Argopuro dan Gunung Lemongan.

Kecamatan Tiris sendiri berada di ketinggian antara 700 hingga 1.000 meter di atas permukaan laut. Dari ketinggian tersebut, Tiris juga menyimpan sejumlah ranu atau danau.

Sebut saja Ranu Agung, Ranu Segaran, Ranu Segaran Kidul, Ranu Merah dan Ranu Gedang. Semuanya bisa dinikmati sekaligus saat berkunjung ke Tiris. Salah satu favorit wisatawan adalah Ranu Agung.

Selain objek-objek tersebut, Tiris juga memiliki Pura Kedaton, Air Terjun Ajaib, pemandian air panas, dan destinasi arung jeram. Nah, penasaran mau kesana, langsung saja ya karena liburan sudah tiba.

Ikuti berita menarik lainnya di Google News.

Tonton video “Kenali definisi badai berdasarkan terminologi cuaca”
[Gambas:Video 20detik]
(abq/lemak)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button