Tempat Wisata

Air Terjun Gembheng, properti wisata alam yang indah di Karangasem

harga tiket: Rp 15.000 Waktu aktif: 07.00 – 17.00 WITA, Alamat: Tri Eka Buana, Kec. Sidemen, Cab.Karangasem, Bali; map: pemeriksaan situs

Bali dikenal sebagai pulau yang selalu bisa memanjakan wisatawan saat berkunjung. Tidak hanya dari pantainya saja, tetapi juga dari wisata alam berupa air terjun. Kali ini kita akan membahas Air Terjun Gembleng yang terletak di Karangasem. Daya tarik utama dari tur ini adalah infinity pool yang membuat Anda merasa seperti milik Anda sendiri.

Tentunya jika kita berbicara tentang Bali tidak lepas dari pantai dan budayanya. Ada banyak pantai indah dengan panorama masing-masing. Bahkan jika Anda telah mengunjungi semuanya, ada kemungkinan Anda ingin mengunjunginya lagi. Anggap saja pesonanya bikin kangen dan kangen untuk dilihat lagi.

Dari segi budaya, masyarakat Bali masih memegang prinsip hidup yang diwariskan nenek moyang. Sebut saja Melukat, atau tradisi penyucian diri yang dilakukan di kolam atau air terjun. Hingga kini tradisi ini masih diwariskan dan salah satunya dilakukan di Air Terjun Gembheng yang telah kami bahas.

Daya tarik air terjun Gumbleng

Daya Tarik Air Terjun Gumbleng KarangasemKredit foto: Google Maps Carlos

Semua objek wisata tentunya memiliki daya tarik yang memikat para pelancong dari berbagai daerah. Atraksi ini bisa bermacam-macam, ada yang berupa keindahan alam, lokasi yang unik, hingga suasana yang nyaman untuk berlibur.

1. Air Terjun Tiga Tingkat

Padahal, banyak sekali air terjun yang bisa ditemukan di berbagai daerah termasuk Bali. Namun tidak semua memiliki langkah indah sebagai daya tariknya. Sebagian besar hanya menawarkan sensasi terjun air dari ketinggian yang tinggi ke tebing yang tinggi dan terjal. Hal ini tidak akan Anda temukan saat mengunjungi Air Terjun Gumbleng.

Air terjun ini tidak setinggi air terjun pada umumnya, debit airnya tidak terlalu besar. Air perlahan mengalir turun dari batuan padat melalui tiga tingkat. Level atau undakan ini adalah salah satu daya tariknya, terlihat sangat eksotis dan menakjubkan.

Kondisi bebatuan yang membentuk undakan tidak rata, sehingga tampak alami. Tinggi totalnya tidak lebih dari sepuluh meter, sedangkan tinggi setiap tingkatan hanya beberapa meter. Karena debit airnya tidak terlalu deras, biasanya pengunjung memanfaatkannya untuk bersantai di samping air terjun sambil menikmati keindahan alam.

2. Kolam alami dengan konsep infinity

Daya tarik Air Terjun Gumbleng selanjutnya adalah adanya kolam alami dengan konsep infinity. Bagi yang belum tahu, infinity pool banyak digunakan di hotel-hotel mewah dengan desain yang berbaur di sekelilingnya. Jadi saat Anda berendam di kolam ini, pemandangan indah yang mengelilingi tempat itu tampak seperti tidak ada habisnya.

Kolam ini berada di salah satu anak tangga dan tidak terlalu besar. Aliran air yang tenang menjadikannya tanpa arus sehingga aman untuk aktivitas apapun. Namun, harus berhati-hati karena sebagian besar kondisinya licin. Kolam ini merupakan salah satu daya tarik utama dan tujuan para wisatawan.

3. Keindahan alam sekitarnya

Daya tarik lainnya adalah Air Terjun Gembheng KarangasemKredit foto: Google Maps Natalia Tarra

Air Terjun Gebleng berada jauh di dalam hutan, yang membutuhkan perjalanan panjang untuk mencapainya. Memang agak melelahkan, apalagi medan yang harus ditempuh tidak terlalu bagus. Berbeda dengan air terjun di tempat lain yang harus ditempuh dengan berjalan kaki dengan cara mendaki.

Untuk mengunjungi air terjun di Bali ini, jalan yang harus dilalui agak menurun. Rasa lelah pasti dirasakan setiap pengunjung yang datang. Namun semuanya dijamin tidak akan terasa saat pemandangan alam terlihat begitu indah saat berkendara. Keindahan alam di sekitar lokasi terdiri dari persawahan yang luas, kebun dan hutan yang penuh dengan tumbuhan hijau.

4. Tersedia spot foto yang cantik

Bagi yang suka berfoto, mengunjungi Air Terjun Gembheng sepertinya wajib untuk pengalaman baru. Ada spot foto cantik dengan background panorama alam yang indah. Tempat yang dimaksud adalah tempat duduk berukuran besar berbentuk hati yang bahannya berupa papan kayu yang dilapisi sabut kelapa.

Ada juga jembatan gantung yang juga cocok dijadikan spot foto. Jembatan ini sebenarnya merupakan jalan akses menuju air terjun. Namun karena letaknya yang berseberangan dengan hamparan sawah, cukup banyak wisatawan yang berhenti sejenak hanya untuk berfoto. Tempat lain yang tidak boleh dilewatkan adalah air terjun eksotis itu sendiri.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamatnya Air Terjun Gembheng, KarangasemKredit foto: Google Maps Kadek Supartini

Air Terjun Gembleng terletak di Tri Eka Buana, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, Bali. Berjarak kurang lebih 35 kilometer dari pusat kota Karangasem, dibutuhkan waktu setidaknya 1 jam untuk sampai di lokasi. Karena aksesibilitas yang baik, perjalanan jauh ini dijamin tidak akan membosankan, setidaknya sebelum Anda mendekati lokasi.

Dari pusat kota, arahkan kendaraan terlebih dahulu ke Jalan Bhuana Giri. Kemudian menuju ke arah Jalan Raya Pakel dan Jalan Kuncagiri. Anda pasti akan melewati jalan berkelok-kelok, lanjutkan saja di jalan utama menuju Jalan Baledan. Destinasi selanjutnya adalah Jalan Semarapura – Karangasem dan Jalan Raya Selat.

Agar lebih mudah, arahkan kendaraan Anda ke Polsek Sidemen yang berada di jalur utama. Setelah itu melanjutkan perjalanan menuju ke SMA Negeri 1 Sidemen. Perjalanan yang anda lalui masih sekitar 5 kilometer lagi, silahkan berkendara menuju desa Tri Eka Buana. Begitu sampai di desa, gunakan SDN 1 sebagai patokan utama.

Jarak Air Terjun Gembheng dengan SDN 1 tidak terlalu jauh, hanya sekitar 1,5 kilometer saja. Cukup membingungkan karena banyaknya jalan yang berkelok-kelok. Oleh karena itu sebaiknya gunakan bantuan Google Maps atau peta digital lainnya. Saat Anda mendekati tempat itu, jangan ragu untuk bertanya kepada penduduk setempat.

Obyek wisata ini sebenarnya masih berfungsi sebagai tempat Melukat pada waktu-waktu tertentu. Hanya saja banyak wisatawan yang tertarik dan penasaran untuk mengunjunginya karena keindahannya. Anda bisa datang setiap hari dari pagi hingga sore selama waktu tersebut tidak digunakan untuk acara Melukat.

Mengunjungi Air Terjun Gembheng tidak membutuhkan banyak biaya selain transportasi. Pasalnya, objek wisata alam di Bali ini tidak dipungut biaya alias gratis. Namun, kotak sumbangan dipasang di beberapa tempat. Bagi yang memiliki harta berlebih, tak ada salahnya mengisi kotak amal sesuai kemampuan.

Aktivitas menarik di Air Terjun Gebleng

Kegiatan di Air Terjun Gebleng KarangasemSumber gambar: Twitter Cory Pramita

Berkunjung ke tempat wisata juga harus diperhatikan soal kegiatan yang bisa dilakukan. Percuma kalau banyak atraksi, tapi ternyata tidak ada aktivitas seru yang bisa dilakukan di lokasi. Bagi yang berkunjung ke Air Terjun Gumbleng, jangan lupa untuk melakukan aktivitas berikut!

1. Pelacakan ke lokasi

Kegiatan pertama adalah melacak lokasi atau perjalanan ke sana. Meski cukup melelahkan dan memakan waktu lama, dijamin tidak akan pernah mengecewakan. Dengan medan yang terjal dan licin, kegiatan ini dinilai sangat menarik bagi mereka yang menyukai tantangan. Tidak perlu khawatir dengan keamanan, karena penduduk setempat telah membangun akses yang mudah dikelola.

2. Menikmati pemandangan alam

Aktivitas seru lainnya saat Anda berjalan menuju lokasi, menikmati pesona alam yang indah. Luasnya persawahan sangat menyejukkan mata, begitu pula perkebunan dengan warna hijaunya. Yang tak kalah menarik adalah kedatangan di Air Terjun Gembheng, eksotisme air terjun dengan tebing bebatuan tak pernah gagal memanjakan mata.

3. Mandi di kolam alami

Dari semua aktivitas yang disebutkan yang dapat Anda lakukan secara lokal, Baden adalah salah satu favorit Anda. Anda dapat berendam di jacuzzi dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Kegiatan ini membuat pikiran jernih, penat selama perjalanan langsung hilang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Air Terjun Gembleng KarangasemKredit foto: Google Maps Mokus Green

Air Terjun Gebleng dilengkapi dengan fasilitas yang mumpuni, meski tergolong sederhana. Anda bisa menemukan tempat parkir yang cukup luas, lokasinya memang jauh dari air terjun. Ada juga toko kecil yang menjual berbagai aksesoris. Fasilitas lain yang ditemukan adalah toilet, tempat duduk, dan spot foto.

Ada banyak cara untuk mengisi waktu liburan, mengunjungi tempat wisata alam hanyalah salah satunya. Di antara sekian banyak kategori wisata, alam selalu menjadi pilihan utama bagi sebagian orang. Seperti yang kita bahas kali ini, Air Terjun Gembheng selalu ramai pengunjung meskipun tidak terlalu ramai.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button