Tempat Wisata

Pantai Mbirit, sebuah pantai cantik yang diapit tebing eksotis di Gunung Kidul

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Krembil Sawit, Kec. Saptosari, Cab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; map: pemeriksaan situs

Ada banyak keindahan di penjuru nusantara, Pantai Mbirit salah satunya. Ini adalah properti wisata laut di jogja tepatnya di gunung kidul. Pesonanya sangat bagus, meski saat ini masih sepi. Wisatawan yang datang ke sini masih jarang karena berbagai alasan.

Salah satu penyebabnya adalah koneksi jalan yang buruk. Pengunjung harus berjalan cukup jauh dari tempat parkir menuju lokasi. Selain itu, jalannya juga tidak terlalu bagus, sebagian besar masih kerikil dan kerikil. Namun semua itu tidak dapat menyembunyikan keindahan panorama alam di baliknya.

Jogja merupakan daerah yang memiliki banyak pantai selain Bali tentunya. Gunung Kidul dan Bantul merupakan kabupaten yang banyak menyumbang pantai dengan panorama yang indah dan indah. Meski jumlahnya banyak, namun semuanya memiliki ciri khas yang membuat mereka berbeda satu sama lain. Kualitas-kualitas ini umumnya juga menjadi daya tarik.

Daya tarik itu milik Pantai Mbirit

Objek Wisata Pantai Mbirit Gunung KidulKredit Foto: Google Maps Rumah Tin Homestay

Meski namanya aneh dan asing, Pantai Mbirit tidak boleh dianggap remeh. Terlihat dari para pengunjung yang datang kembali karena merindukan suasana lokal. Selain itu, karena daya tariknya, pasti ada alasan lain.

1. Diapit oleh tebing karang yang eksotik

Daya tarik pertama yang patut dibanggakan dari pantai di Jogja ini adalah adanya tebing karang. Mengapit posisi pantai tepat di tengah, tebing ini menghadap ke lautan. Cukup tinggi tentunya juga dipenuhi dengan berbagai jenis pohon yang tumbuh subur. Untuk mencapai puncak bukit, pengunjung harus terlebih dahulu mendaki jalan setapak.

Di atas bukit terlihat lautan luas yang tak kalah indahnya. Ombak yang mengejar pantai terlihat seperti buih putih. Banyak wisatawan pergi ke puncak bukit untuk melihat pesonanya. Tak sedikit juga yang mencoba mengabadikan momen tersebut dengan foto atau video.

2. Pantai Mbirit yang Damai

Ketenangan Pantai Mbirit bukan satu-satunya kelemahannya. Beberapa pengunjung bahkan menjadikannya sebagai keuntungan karena cocok untuk penyembuhan. Seperti diketahui, alam selalu bisa diandalkan melawan rasa lelah akibat aktivitas sehari-hari yang terkadang membosankan.

Selain itu, lokasi obyek wisata pantai di Gunung Kidul ini tidak terlalu luas. Berbeda dengan pantai terkenal lainnya yang garis pantainya membentang ratusan meter. Tempat wisata ini hanya memiliki luas sekitar sepuluh meter dari satu tebing ke tebing lainnya. Angin yang berhembus silih berganti membuat suasana menjadi lebih tenang.

3. Air laut yang jernih dan biru

Daya tarik lainnya adalah Pantai Mbirit Gunung KidulKredit foto: Google Maps Wiratri Rahmawerdani

Birunya air laut yang indah juga menjadi daya tarik lain dari Pantai Mbirit. Garis pandang di depan mereka berwarna biru muda. Pantulan langit biru disertai awan putih semakin mempercantik pemandangan. Sementara ombak yang bergulung-gulung pun menghiasi seakan berubah menjadi buih di tengah lautan luas.

Suara gemuruh terdengar keras saat ombak menghantam tebing. Ini menandakan angin kencang dan membawa gelombang tinggi. Tak heran memang, karena pantai cantik ini merupakan salah satu deretan Pantai Selatan yang terkenal dengan ombaknya yang besar.

4. Tempat hunting foto

Wisatawan yang datang ke Pantai Mbirit tidak hanya ingin menikmati pesona alamnya yang indah. Mereka juga bertujuan tidak hanya untuk menyegarkan pikiran akibat penat dari aktivitas sehari-hari. Selain itu, tujuan lain kedatangan mereka adalah untuk mengabadikan momen indah selama liburan. Bahkan, tidak ada spot foto yang tersedia dan pengelola sengaja membuatnya.

Namun jika dilihat dari keseluruhan panoramanya, hampir semua lokasi tersebut cocok dijadikan spot foto. Misalnya di atas bukit dengan latar belakang lautan lepas berwarna biru. Bisa juga di pesisir pantai dengan latar perbukitan yang hijau dan eksotik. Bagi anak muda milenial, berburu spot foto di sini adalah suatu keharusan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Mbirit Gunung KidulSumber gambar: Google Maps Willy Heramus

Gunung Kidul merupakan salah satu kawasan perbukitan di Jogja. Untuk mencapai Pantai Mbirit harus melewati jalan berkelok, tidak ada akses jalan langsung yang mudah. Meski begitu, keindahannya tetap mampu memukau para wisatawan yang datang hingga membuat mereka betah berada di tempat ini.

Alamat tempat wisata ini berada di Krambil Sawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Jika Anda berangkat dari pusat Gunung Kidul, jarak tempuhnya sekitar 35 kilometer. Rute ini memakan waktu lebih dari 1 jam dengan kecepatan kendaraan rata-rata kendaraan bermotor.

Sebenarnya banyak jalan yang bisa dilalui, namun yang tercepat adalah melalui Jalan Raya Panggang Wonosari. Rute selanjutnya menuju ke Jalan Krambilsawit dan Jalan Pantai Ngedan. Perjalanan masih kurang lebih 5 km, selalu tetap di jalan utama, karena ada rambu-rambu lokalisasi.

Biaya masuk ke Pantai Mbirit

Tiket Pantai Mbirit Gunung KidulSumber gambar: Google Maps Willy Heramus

Selama ini Pantai Mbirit belum resmi menjadi objek wisata yang dikelola oleh instansi atau pemerintah, sehingga tiket masuknya sebenarnya gratis. Namun perlu diingat bahwa objek wisata ini masih berada di kawasan yang sama dengan Pantai Butuh. Artinya, Anda harus memasuki pantai agar bisa sampai ke tujuan wisata.

Harga tiket masuk Pantai Need adalah 10.000 rupiah, yang otomatis menjadi harga tiket masuk ketika Anda mengunjungi pantai yang dikelilingi perbukitan ini. Biaya tambahan hanya untuk parkir kendaraan, yaitu Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Tempat ini buka 24 jam setiap hari, silahkan datang kapan saja.

Aktivitas menarik di Pantai Mbirit

Aktivitas di Pantai Mbirit Gunung KidulSumber gambar: Google Maps Willy Heramus

Nah, setelah mengetahui daya tarik Pantai Mbirit dan juga informasi lokasinya, saatnya kita bahas kegiatan apa saja yang bisa dilakukan oleh warga setempat. Beberapa aktivitasnya tentu saja mirip dengan mengunjungi pantai lain.

1. Menikmati pesona pantai

Karena keindahannya tidak dapat ditemukan di tempat lain, hal pertama yang harus Anda lakukan di sini adalah menikmati pesonanya. Secara keseluruhan, pantai ini sangat menawan dan memiliki perpaduan yang sempurna. Sebut saja birunya air laut, putihnya buih ombak, hijaunya pepohonan dan bukit-bukit yang eksotis.

2. Mainkan air

Tidak sedikit wisatawan yang ingin bermain air saat berkunjung ke Pantai Mbirit dan merasakan sensasi mandi di laut. Ingatlah bahwa mandi di pantai cocok di sini, bukan berenang. Pasalnya, ombak seringkali cukup tinggi hingga membahayakan keselamatan.

3. Memancing

Pantai cantik di Jogja ini tidak hanya memiliki bukit karang yang menjulang tinggi. Di sepanjang bibir pantai yang tidak terlalu lebar juga dipenuhi bebatuan karang kecil. Di sana, wisatawan biasanya menyalurkan hobinya, memancing, selama liburan. Tidak ada persewaan alat pancing di Pantai Mbirit, jadi harap membawa sendiri dari rumah.

4. Berkemah

Kegiatan terakhir yang cocok dilakukan di sini adalah berkemah. Pengunjung yang datang dan memiliki banyak waktu biasanya ingin menginap. Tempat yang bisa dipilih bisa di atas bukit atau di pantai. Saat berkemah di pegunungan tentunya sangat berbeda. Sensasi menginap di pantai ini sangat unik, suara ombaknya cukup jernih.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas pantai Gunung Kidul MbiritSumber gambar: Google Maps Arif Budhiarto

Dari segi fasilitas, Pantai Mbirit memang tidak bisa dibilang lengkap. Bahkan bisa dibilang Anda tidak akan menemukan fasilitas apapun di sini. Namun jangan khawatir, fasilitas yang Anda butuhkan bisa didapatkan di Need Beach. Fasilitas yang dimaksud antara lain kamar kecil, mushola, tempat parkir, dan warung-warung kecil untuk mengisi perut lapar.

Traveling bukan lagi menjadi kebutuhan sekunder atau tambahan bagi sebagian orang. Ada juga yang menjadikan pariwisata sebagai kebutuhan wajib untuk kepentingan tertentu. Menilik ulasan di atas, Pantai Mbirit sepertinya cocok sebagai tempat berlibur untuk segala keperluan, seperti refreshing, melakukan hobi atau berpetualang.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button