Berita Wisata

4 Aktivitas Seru di Karimunjawa, Dari Snorkling Sampai Makan Ikan Halaman Semua

KOMPAS.com – Kepulauan Karimunjawa di Jepara, Jawa Tengah, menawarkan sederet kegiatan wisata dan pemandangan alam yang menakjubkan, mulai dari biota bawah air, perairan yang indah hingga berjalan kaki menembus hutan bakau seluas 10,5 hektar.

“Hiking bisa, ada hutan mangrove, diving, snorkeling, mancing, nanti tinggal tanya ke warga sekitar, nanti langsung diarahkan,” kata Kepala Desa Karimunjawa, Arip Setiawan saat dihubungi. Kompas.comKamis (29/12/2022).

Baca juga :

Nah, jika kamu sedang merencanakan liburan ke Karimunjawa, berikut beberapa rekomendasi tempat menarik yang wajib kamu coba!

1. Wisata pantai di karimunjawa

Sebagai kawasan pesisir, Kepulauan Karimunjawa memiliki keindahan pantai berpasir putih halus. Seperti Pantai Tanjung Gelam di ujung utara pulau utama Karimunjawa, salah satu tempat utama untuk menikmati keindahan sunset.

Matahari terbenam di atas Pulau Menjangan Kecil, Karimunjawa.INSTAGRAM.com/FERRY CARMICHAEL Matahari terbenam di Pulau Menjangan Kecil, Karimunjawa.

Lalu ada Pantai Bobi yang terletak di ujung selatan pulau utama Karimunjawa, dan Pantai Anora yang menjadi tempat sempurna untuk menikmati matahari terbit, dikutip Kompas.com, Kamis (8/9/2022).

2. Snorkeling dan Menyelam

Snorkeling tentunya ini menjadi salah satu kegiatan yang harus dilakukan saat berkunjung ke karimunjawa.

Pasalnya, kawasan wisata ini dikenal memiliki banyak situs alam bawah laut yang indah untuk dijelajahi.

Ilustrasi snorkeling di Karimunjawa.Dermaga. Ilustrasi Snorkeling Wisata Karimunjawa di Karimunjawa.

Lokasi tuba favorit di Karimunjawa, diantaranya Spot Nemo dimana wisatawan bisa berfoto bersama ikan badut atau ikan Nemo.

Lalu ada Pulau Menjangan Kecil dengan aneka terumbu karang warna-warni. Marah tubawisatawan juga bisa menyelam atau menyelam di sini.

Baca Juga: Wisatawan Terdampar di Karimunjawa Akibat Cuaca Buruk, Ini Tips Aman Berwisata ke Sana

Menariknya, mengutip Kompas.com, Minggu (18/9/2022), Pulau Menjangan Kecil juga memiliki kolam penangkaran hiu. Wisatawan bisa masuk dan berfoto bersama bayi hiu.

3. Memancing dan makan makanan laut

Sebagai kawasan yang dikelilingi oleh laut, terdapat banyak spot mancing atau mancing di Karimunjawa.

Ikan bakar di Pulau Cemara Besar, Karimunjawa.Dermaga. Wisata Ikan Bakar Karimunjawa di Pulau Cemara Besar, Karimunjawa.

Kalau mau mancing, sesampainya di pelabuhan bisa tanya langsung ke penduduk setempat dan nanti akan diarahkan.

4. Trekking di hutan mangrove

Selain bermain air, wisatawan juga bisa mencoba aktivitas lintas alam di kawasan hutan bakau atau mangrove.

Momen lintas alamwisatawan akan menyusuri hutan mangrove seluas 10,5 hektar dengan jalur pendakian sepanjang 2 kilometer.

Bentang alam laut di Pulau Karimunjawa termasuk kawasan Taman Nasional Karimunjawa.Shutterstock/Ari Wid Pemandangan laut alami di Pulau Karimunjawa termasuk kawasan Taman Nasional Karimunjawa.

Berjalan melalui hutan bakau, pengunjung dapat menikmati pemandangan dan bersantai di rumah kayu di ujung jalan. Oleh karena itu, wisatawan disarankan untuk datang pada pagi dan sore hari.

Lokasi hutan mangrove ini berada di sebelah timur Pulau Karimunjawa, dekat dengan Bandara Dewandaru Karimunjawa.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terbaru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button