Berita Wisata

11 rekomendasi tempat wisata di Blitar yang menarik di tahun 2023

Blitar

Blitar merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang sarat akan hal menarik untuk dikunjungi. Mulai dari perkebunan teh, pantai, hingga makam Soekarno.

Blitar terletak di sebelah timur pulau jawa, dimana kota ini menawarkan berbagai wisata menarik mulai dari dataran tinggi dan pantai yang bisa traveler kunjungi disini. Blitar juga letaknya tidak jauh dari Malang, sehingga bisa menjadi pilihan menarik untuk Anda berwisata.

Berikut 11 rekomendasi wisata menarik di Blitar:

1. Pantai Tambakrejo

PUBLISITAS

Gulir untuk melanjutkan konten

Pantai Tambakrejo BlitarPantai Tambakrejo, Blitar. Foto: Erliana Riady

Pantai Tambakrejo terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto. Sekitar 30 km sebelah selatan Kota Blitar.

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih dan laut biru yang serasi, sehingga menjadi kombinasi warna yang sangat menarik. Ombak di pantai ini cukup kencang, seperti di pantai-pantai lain di Jawa Selatan.

Namun traveler tetap bisa menikmati keindahan ombak pantai ini, tapi awas!

Lokasi: Desa Tambakrejo, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar.

2. Pantai Pangi

Pantai Pangi BlitarPantai Pangi Blitar. Foto: Erliana Riady

Sebagian besar pantai di Blitar masih tersembunyi, karena banyak pantai yang dikelilingi bukit atau tebing tinggi yang mengelilinginya. Oleh karena itu, tidak jarang para pelancong yang ingin berkunjung kesulitan menemukan dan mencari tempat tersebut.

Namun pantai tersembunyi Blitar sangat menarik untuk dikunjungi, termasuk pantai Pangi. Pantai ini terlihat sangat bagus dan indah, beberapa orang bahkan menyebutnya surga tersembunyi di bumi.

Meski begitu, berbagai fasilitas tersedia di sekitar pantai ini, misalnya ada beberapa hostel yang bisa disewa wisatawan. Bangun pagi menatap langsung indahnya Pantai Pangi tentu menjadi liburan yang tak terlupakan.

Lokasi: Dusun Krajan, Desa Tumpakkepuh, Kec. Bakung, Kab. Blitar.

3. Air Terjun Coban Wilis

Selain pantai, tempat wisata air lain yang dimiliki Blitar adalah air terjun. Yakni salah satunya adalah air terjun Coban Wilis yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa Selatan.

Air terjun ini merupakan wisata yang cukup tersembunyi, karena membutuhkan waktu 2 jam berjalan kaki dengan medan yang cukup menanjak untuk sampai ke wisata ini. Sepertinya melelahkan bagi sebagian traveler, namun di sisi lain, terasa sulit bagi traveler yang menyukai petualangan.

Lokasi: Slumbung, Gandusari, Blitar.

4. Air Terjun Bening

Tidak hanya air terjun Coban Wilis yang tersembunyi, Blitar juga memiliki air terjun menarik lainnya yaitu air terjun Jurug Jernih.

Yang menarik dari air terjun ini adalah letaknya yang lebih rendah dari dataran sekitarnya. Dataran yang mengelilinginya berupa persawahan, sehingga traveler yang ingin mengunjungi air terjun ini harus melewati persawahan, menuruni bukit yang cukup terjal, sempit, dan licin.

Kedengarannya cukup sulit seperti air terjun Coban Wilis kan? Namun tenang saja, segala penat perjalanan Anda nantinya akan terbayar dengan keindahan air terjun Bening Jurug. Air yang mengalir deras memiliki terasering, dan dinding batu yang terlihat seperti ukiran, membuat wisata air terjun ini sangat indah.

Lokasi: Dusun Sumberdadi, Desa Purworejo, Wates, Blitar.

5. Gumuk sapu angin

Selain pantai dan air terjun, Blitar juga menawarkan wisata menarik lainnya yaitu Gumuk Sapu Angin. Ini adalah tempat wisata yang menawarkan pemandangan perbukitan yang menakjubkan dengan udara yang sangat segar.

Lokasi terbaik di wisata ini adalah pos pengamatan yang sering dijadikan spot foto oleh para traveler untuk memotret keindahan Gumuk Sapu Angin. Lokasinya yang cukup tinggi, serta latar pemandangan alam yang indah membuat siapapun ingin berfoto dan selfie di sini.

Bahkan jika beruntung, Anda bisa langsung melihat keindahan Gunung Kelud dan Gunung Kawi dari tempat ini.

Lokasi: Desa Resapombo, Doko, Blitar.

6. Penangkaran Rusa Maliran

penangkaran rusa maliran blitarPenangkaran rusa Maliran Blitar. Foto: Fima Purwanti

Ingin lebih dekat dengan alam dengan berinteraksi dengan hewan? Penangkaran Rusa Maliran bisa menjadi solusi Anda untuk lebih mengenal alam.

Seperti namanya, tempat wisata ini merupakan tempat penangkaran rusa. Banyak rusa yang dipelihara disini dan dapat langsung berinteraksi dengan pengunjung.

Wisata ini masih merupakan kawasan dengan kawasan konservasi, sehingga menawarkan pemandangan yang indah dan tenteram. Apalagi, ada beberapa fasilitas keluar yang bisa menjadi hiburan bagi wisatawan yang ingin melakukan aktivitas fisik.

Lokasi: Jatianom, Jatilenger, Kec. Ponggok, kota Blitar.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button