Berita Wisata

Obyek wisata pantai Teleng Ria Pacitan adalah wisata keluarga

Pantai Teleng Ria Pacitan

JournalPost.com – Daya tarik wisata adalah suatu tempat atau keadaan alam yang dikaruniai sumber daya wisata, dibangun, dikembangkan dan diusahakan untuk menarik wisatawan. Destinasi Indonesia sukses menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara. Indonesia memiliki objek wisata yang sangat beragam mulai dari wisata sejarah seperti candi atau museum, wisata religi seperti makam atau tempat ibadah, wisata pendidikan atau edukasi dan wisata alam seperti pantai atau gunung. Jawa Timur merupakan salah satu daerah yang memiliki kekayaan alam yang mempesona.

Pacitan, selain terkenal sebagai tempat kelahiran Presiden ke-6 Indonesia, Pacitan juga merupakan salah satu daerah yang menjadi tujuan wisatawan lokal. Salah satu tempat wisata di Pacitan adalah Pantai Teleng Ria. Bapak Susilo Bambang Yudhoyono juga berkunjung ke pantai ini, menunjukkan betapa menawannya Pantai Teleng Ria dan memiliki kesan yang tak terlupakan bagi yang mengunjunginya.

Pantai Teleng Ria selalu menjadi tujuan wisata populer di Pacitan, sebelum Covid-19 merebak pantai ini selalu ramai pengunjung terutama di akhir pekan. Namun kondisi di pantai ini sangat berbeda dengan kondisi sebelum pandemi melanda negara kita. Ya, kita tetap harus mengikuti protokol kesehatan dengan pembatasan pengunjung Pantai Teleng Ria.

Dan inilah beberapa informasi dan daya tarik Pantai Teleng Ria yang memaksa kita untuk mencoba berwisata kesana.

1. Lokasi dan rute pantai Teleng Ria
Kita mulai dengan membahas lokasi dan akses jalan menuju Pantai Teleng Ria. Pantai ini terletak di kawasan Balong di Desa Sidoharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jalan menuju pantai ini dari pusat kota pacitan hanya membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit saja, akses jalannya sendiri juga sangat mudah dan bagus, karena sudah banyak rambu jalan yang mengarahkan anda ke pantai teleng ria pacitan.

2. Harga tiket dan jam buka
Sebelum ke Pantai Teleng Ria, sebaiknya Anda mengetahui harga tiket dan jam buka pantai tersebut. Untuk harga tiket masuk pantai Teleng Ria cukup membayar biaya Rp 10.000,00 per orang, tiket parkir Rp 10.000,00, dan tiket parkir motor mulai Rp 5.000,00. Mengenai jam buka, pantai ini buka 24 jam sehari.

3. Perjalanan keluarga yang nyaman
Daya tarik pertama yang membuat Pantai Teleng Ria wajib dikunjungi adalah pantai ini sangat nyaman dijadikan tujuan wisata keluarga baik di akhir pekan maupun hari libur. Selain hamparan pasir pantainya yang panjang dan lebar, serta ombaknya yang terlalu besar, pantai Teleng Ria juga memiliki banyak fasilitas seperti gazebo, restoran, taman air, musala, tempat parkir, dan kamar mandi. Ada fasilitas menarik dari pantai ini, yaitu jogging track. Jika Anda ingin berwisata selain berolahraga, Pantai Teleng Ria merupakan tempat wisata yang wajib Anda kunjungi. Selain fasilitas yang memadai, pantai Teleng Ria juga memiliki banyak penginapan dan resort, sehingga jika kita ingin bermalam, kita tidak akan kesulitan mencari penginapan di luar pantai.

4. Pesona alam sekitarnya
Daya tarik selanjutnya dari pantai ini adalah lingkungan alamnya. Pemandangan Gunung Limo yang berada di kanan kiri Pantai Teleng Ria menambah keindahan pantai ini. Selain Gunung Limo yang seolah melengkapi keindahan Pantai Teleng Ria, ada juga hutan pinus yang dijadikan spot selfie bagi pengunjung yang ingin berfoto. Hal ini menambah daya tarik Pantai Teleng Ria sebagai tempat wisata yang nyaman dan indah.

5. Wisata Kuliner Pantai Teleng Ria
Ada banyak restoran yang membuat Anda dan keluarga lapar. Pantai Teleng Ria juga menjadi destinasi wisata kuliner yang didominasi oleh olahan seafood khas Pacitan. Selain restoran, di pinggir pantai terdapat pusat oleh-oleh yang berisi berbagai jenis olahan seafood seperti ikan goreng, cumi tepung dan kepiting mini tepung.

6. Tempat pertunjukan budaya
Ketika Anda masuk melalui gerbang utama dan belok kiri, Anda akan menemukan sebuah tempat yang digunakan untuk pertunjukan budaya dan seni. Namun pertunjukan ini tidak dilakukan setiap hari, hanya pada akhir pekan dan pada hari-hari tertentu untuk dapat melihat pertunjukan budaya dan seni di Pantai Teleng Ria.

Demikian informasi tentang Pantai Teleng Ria. Pantai ini sangat layak dan sangat perlu diiklankan ke seluruh dunia agar tidak hanya wisatawan lokal yang berkunjung tetapi juga wisatawan mancanegara datang untuk menikmati keindahan pantai Teleng Ria ini. Apalagi tujuan mengenalkan pantai ini kepada masyarakat luas adalah untuk memajukan perekonomian masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi pantai dan dapat mensejahterakan kehidupannya serta menjadikan Indonesia sebagai negara yang dikenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa.

Penulis: Raihan Aryasena, mahasiswi Universitas 11 Maret

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button