Berita Wisata

Liburan seru di Pantai Cemara Banyuwangi, bisa gabung sama yang baru lahir!

Banyuwangi

Wisata pantai menjadi pilihan wisatawan yang berlibur di Banyuwangi akhir tahun 2022. Perjalanan yang wajib dilakukan saat berwisata di Banyuwangi adalah berwisata ke Pantai Cemara.

Kenapa, karena selain mendapatkan suasana teduh dan asri di bawah rindangnya Pantai Cemara, wisatawan juga bisa melihat penangkaran penyu secara langsung.

Jika beruntung, Anda juga bisa melepas bayi penyu atau tukik langsung ke laut Pantai Cemara berada di dekat kota Banyuwangi, desa Pakis, kabupaten kota Banyuwangi.

Di momen pergantian tahun ini, pihak pengelola Pantai Cemara menyiapkan puluhan bayi baru lahir. Wisatawan yang berminat bisa langsung melepas hewan langka tersebut ke laut.

“Kami siapkan 70 ekor tukik yang bisa dilepasliarkan oleh wisatawan yang berkunjung,” kata Kepala Pantai KUB Cemara Muhammad Mukhyi, Jumat (30/12/2022).

Mukhyi mengatakan, penangkaran penyu di Pantai Cemara merupakan bagian dari konservasi. Sejak zaman dahulu, penyu telah memanfaatkan kawasan pesisir Pantai Cemara untuk bertelur. Jenis penyu yang sering bertelur di Pantai Cemara adalah penyu lekang dan penyu hijau.

Melihat kejadian tersebut, masyarakat setempat mulai menjaga pantai dengan menjaga kebersihan dan merawat pohon pinus dan mangrove agar penyu tetap nyaman bertelur di pantai Cemara Pakis.

“Kami ingin anak cucu kami bisa melihat penyu secara langsung,” ujarnya.

Muhyi menambahkan, banyak pengunjung yang ingin mengetahui lebih jauh tentang konservasi yang dilakukan oleh Pokmaswas/KUB Pantai Rejo.

“Dari taman kanak-kanak hingga perusahaan yang mengadakan pertemuan, mereka meminta kami untuk menjelaskan tentang penyu,” katanya.

Selain itu, anggota Pokmaswas/KUB Pantai Rejo selalu memberikan sosialisasi untuk menjaga penyu kepada setiap pengunjung. Diantaranya menginformasikan bahwa penyu adalah hewan yang dilindungi, ekosistemnya di lautan sangat terbatas, tidak memakan telur penyu, tidak membuang sampah sembarangan atau mengambil telur penyu.

Perlu diketahui, sejak dimulainya pelepasan tukik (anak penyu) pada tahun 2014 hingga sekarang. Pokmaswas/KUB Pantai Rejo melepasliarkan puluhan ribu bayi baru lahir.

Sebagai informasi, untuk tiket masuk tempat wisata ini pengunjung dikenakan biaya Rp 5.000,- tentu sangat hemat bukan.

Selain mendapatkan foto yang bagus, tentunya Anda juga mendapatkan edukasi tentang konservasi penyu. Bagaimana? Apakah kamu tertarik? Ayo buruan datang ke Pantai Cemara Pakis. Jangan lupa ajak keluarga, sahabat dan sahabat.

Ikuti berita menarik lainnya di Google News.

Simak video “Tidak Ada Acara Khusus, Tahun Baru di Malioboro Berjalan Normal”
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/tebal)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button