Berita Wisata

7 Wisata Kulon Progo dekat Bandara YIA memang unik dan seru, sayang untuk dilewatkan

Merdeka.com – Wisata Kulon Progo dekat Bandara YIA bisa menjadi pilihan destinasi yang menarik. Yogyakarta International Airport (YIA) merupakan bandara internasional yang baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Agustus 2020 lalu. Bandara yang dibangun dengan arsitektur megah berikut berbagai fasilitas yang nyaman ini mampu menarik perhatian masyarakat.

Beberapa objek wisata di sekitar bandara mulai banyak menarik perhatian dan ramai dikunjungi wisatawan. Wisata Kulon Progo dekat bandara YIA adalah suatu keharusan. Mulai dari objek wisata pantai, waduk, area camping.

taboola tengah artikel

Jika Anda penasaran dan tertarik untuk berkunjung, ada beberapa rekomendasi wisata Kulon Progo dekat bandara YIA yang bisa jadi pilihan Anda. Beberapa objek wisata tersebut antara lain Pantai Glagah, Waduk Sermo, Kalibiru, Goa Kiskendo, Kedung Pedut, dan Hutan Mangrove Kadilangu. Tentunya bagi Anda yang berencana untuk mengunjungi kota Yogyakarta, beberapa tempat wisata ini tidak boleh dilewatkan.

Selain mudah diakses, beberapa wisata Kulon Progo dekat Bandara YIA juga relatif murah. Dengan begitu, Anda bisa mengajak keluarga atau teman untuk berkunjung dan menikmati liburan bersama. Dijamin, Anda akan mendapatkan pemandangan yang indah dan mempesona serta pengalaman yang mendebarkan saat mengunjungi beberapa wisata tersebut.

Dari berbagai sumber, berikut kami rangkum beberapa wisata Kulon Progo dekat bandara YIA yang unik dan menarik, yang bisa menjadi pilihan Anda.

2 dari 5 halaman

Wisata Kulon Progo dekat bandara : Pantai Glagah, Waduk Sermo

pantai gladah

©2020 Merdeka.com

Pantai Glaga

Rekomendasi wisata Kulon Progo dekat Bandara YIA yang pertama adalah Pantai Glagah. Ini adalah pantai pasir hitam dengan hamparan air yang luas beraksen bebatuan di tepi pantai yang bagus dan indah. Tak hanya itu, pantai ini juga memiliki laguna yang merupakan kumpulan air asin yang terpisah dari laut dan membentuk sebuah danau.

Danau ini dibatasi oleh beberapa pembatas seperti pasir, bebatuan dan tebing. Tentunya bisa menjadi pilihan bagi Anda dan keluarga untuk bermain air dengan aman saat air pasang. Selain itu, Anda juga dapat menikmati waktu santai sambil menyaksikan matahari terbenam yang indah.

tangki semo

Wisata Kulon Progo dekat Bandara YIA berada di sebelah Waduk Sermo. Ini adalah danau buatan manusia dengan Pegunungan Menoreh yang anggun dan megah sebagai latar belakang. Telaga ini cukup luas dengan air yang tenang dan bersih. Selain menikmati keindahan pemandangan alam, Anda juga bisa mencoba beberapa atraksi yang ditawarkan, seperti perahu motor, dll.

Bagi Anda yang ingin bermalam di alam, tersedia area camping yang nyaman dan luas. Tentunya anda bisa mengajak teman-teman untuk berkemah bersama dan menikmati pemandangan Waduk Sermo dengan puas.

3 dari 5 halaman

Wisata Kulon Progo dekat bandara: Kalibiru, Gua Kiskendo

ilustrasi kalibiru

pinterest.com

Kalibiru

Kalibiru juga menjadi salah satu wisata Kulon Progo yang populer dan menarik di dekat bandara YIA. Kalibiru merupakan sebuah bukit yang menyuguhkan pemandangan indah dari ketinggian 450 mdpl. Di sini terdapat pos pengamatan yang dibuat di atas pohon, sehingga Anda bisa mengajak teman atau pasangan untuk menikmati pemandangan indah bersama.

Jangan khawatir, tempat wisata ini cukup dekat dengan bandara YIA. Berdekatan dengan Waduk Sermo, Anda hanya perlu berkendara beberapa menit untuk mencapai objek wisata Kalibiru. Dengan begitu, Anda bisa mengunjungi dua tempat wisata sekaligus untuk menikmati pemandangan indah Yogyakarta.

Gua Kiskendo

Kunjungan ke Kulon Progo dekat Bandara YIA yang bisa menjadi pilihan selanjutnya adalah Goa Kiskendo. Ini adalah objek wisata berupa gua yang dihiasi stalagmit dan stalagmit unik di sepanjang dindingnya. Tak hanya itu, dinding Gua Kiskendo juga diukir dengan relief indah dari legenda Ramayana. Inilah salah satu daya tarik yang selalu membuat wisatawan penasaran.

Di dalam goa, saat menyusuri pahatan relief Ramayana, Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang mempesona dari setiap cahaya yang masuk ke celah-celah dinding dan atap goa. Untuk itu, jangan lupa siapkan kamera Anda untuk mengabadikan setiap momen indah dan berkesan saat berkunjung ke Gua Kiskendo.

4 dari 5 halaman

Wisata Kulon Progo dekat bandara : Kedung Pedut, hutan bakau

air terjun kedungpedut

©Instagram.com/chan_ikhsan93

Pejalan kaki Kedung

Wisata Kulon Progo dekat Bandara YIA berikutnya adalah Kedung Pedut. Merupakan air terjun yang tidak begitu tinggi, namun mengalirkan air yang jernih dengan perpaduan warna biru, hijau dan hitam. Kombinasi warna yang indah ini tidak lain adalah hasil dari air terjun yang bersih dan bebatuan yang indah di dasar sungai.

Tak heran, objek wisata ini populer dan banyak dikunjungi wisatawan. Jika ingin menikmati liburan bertema alam yang murah namun menakjubkan, Kedung Pedut bisa menjadi salah satu pilihannya. Di sini kamu bisa berenang dan bermain air sampai puas.

Hutan Mangrove Kjudiangu

Kunjungan Kulon Progo dekat bandara YIA yang terakhir namun tidak kalah menarik adalah Mengrove Kadilangu. Ini adalah kawasan hutan mangrove yang dibangun untuk mencegah abrasi air laut, meski begitu pemerintah setempat mengelola dan kemudian mengembangkan kawasan ini menjadi objek wisata yang terbuka untuk umum.

Kini, hutan bakau Kadilangu tertata rapi dengan jembatan kayu yang memudahkan pengunjung untuk berkeliling. Tak hanya itu, ada juga berbagai spot selfie dengan background unik yang makin menarik. Ini adalah salah satu tujuan wisata edukasi di Jogja yang bisa Anda kunjungi bersama anak dan keluarga.

5 dari 5 halaman

Studio Alam Gamplong

gamlong studio alam

©Instagram/@gamplong_studio


Studio Alam Gamplong merupakan salah satu destinasi wisata di Kulon Progo yang dekat dengan Bandara YIA. Alam Gamplong Studio semakin populer setelah menjadi lokasi syuting film Bumi Manusia tahun 2019 lalu.

Studio Alam Gamplong seperti mini Hollywood ala Indonesia. Berbagai jenis bangunan semi permanen didirikan di sini. Mulai dari Gerbang Istana Kerajaan Islam Mataram, Pendopo, Benteng Batavia, Kawasan Perkampungan Mataram, hingga Kampung Kuno Pecinan.

Wisata Kulon Progo dekat Bandara YIA terletak di Desa Gamplong, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman. Sekitar 1 jam dari bandara YIA. banyak spot foto instagramable yang menjadikannya favorit pengunjung.

(mdk/ayi)

TOPIK TERKAIT

Mengikuti

taboola di bawah artikel

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button