Tempat Wisata

Air Terjun Putri Palutungan Kuningan – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp20.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Cisantana, Kec. Cigugur, Cab.Kuningan, Jawa Barat.

Curug Putri Palutungan dalam bahasa Sunda, kata Curug berarti air terjun sedangkan kata “Palutungan” berasal dari kata Lutung yang memiliki arti linguistik yaitu sarang monyet, disebut sarang monyet karena kepercayaan masyarakat setempat bahwa tempat itu pernah dihuni oleh monyet. Air terjun ini terletak di Kuningan.

Kabupaten Kuningan merupakan salah satu kota yang memiliki potensi wisata. Salah satu objek wisata yang baru dibuka pada tahun 2016 ini adalah Air Terjun Putri Palutungan ini. Meski baru, pesona keindahan alamnya tak perlu diragukan lagi. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara menyempatkan diri untuk mampir ke air terjun cantik ini.

Air terjun ini memiliki area yang cukup datar yang bisa digunakan pengunjung untuk berkemah. Tidak hanya itu, rindangnya pohon pinus, hawa dingin dan suara gemericik air terjun juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Penasaran dengan keindahan Air Terjun Putri Palutungan? Simak pembahasannya di bawah ini

Daya tarik air terjun Putri Palutungan

Kredit Foto: Google Maps Mang Dicky

1. Air terjun setinggi 20 meter

Nama lain air terjun di kawasan Kuningan ini adalah Air Terjun Putri dan Ciputri. Air terjun ini memiliki ketinggian 20 meter, letak air terjunnya menjorok ke dalam, dikelilingi tebing dan pepohonan yang rindang dan sejuk sehingga menambah pesona tersendiri.

2. Dari jauh, air terjun ini terlihat seperti seorang putri

Daya tarik selanjutnya dari air terjun eksotis ini adalah dari kejauhan terlihat seperti seorang putri dengan gaun putih. Untuk melihat gambaran utuh dari air terjun ini, pengunjung dapat mengambil foto air terjun secara slow motion.

3. Air terjun jernih

Saluran air terjunnya tidak terlalu sulit, di bagian depan terdapat kolam untuk menampung air. Kolam ini tidak terlalu dalam, hanya sebatas pinggang orang dewasa, sehingga bisa digunakan untuk bermain air, mandi atau berenang di dekat air terjun. Airnya jernih dan segar karena berasal dari kawasan Taman Nasional Gunung Permai.

4. Legenda Air Terjun Putri Palutungan

Penduduk setempat mempercayai mitos sejarah tentang keberadaan air terjun ini. Konon air terjun cantik ini dulunya merupakan tempat pemandian dewi langit.

Ini ditandai ketika hujan mulai turun tetapi matahari masih terbit, kemudian muncul pelangi atau katumbiri di antara pepohonan, menandakan turunnya dewi langit.

5. Dipercaya dapat menyembuhkan penyakit

Mandi atau berendam di air terjun ini berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit, juga dipercaya membawa berkah berupa memperlancar jodoh. Warga percaya jika seorang wanita membasuh wajahnya dengan air dari air terjun, dia akan terlihat jauh lebih cantik.

6. Banyak aktivitas alam yang bisa dilakukan

Salah satu daya tarik wisata Curug adalah banyak aktivitas alam yang bisa dilakukan seperti bermain ATV, camping, rafting, outbond, flying fox, bermain hammock dan lainnya.

7. Temukan foto Instagramable

Di Curug Putri juga terdapat berbagai spot foto alam dan yang disediakan oleh pihak pengelola. Wisatawan bisa bebas berfoto di sana. Spot foto yang tersedia diambil oleh pihak pengelola dan tentu saja oleh banyaknya pepohonan rindang.

Alamat dan itinerary ke Curug

Alamat air terjun Putri PalutunganKredit Foto: Google Maps Sin Helina Ayu Tamela

Secara administratif, Curug Putri Palutungan beralamat di Cisantana, Kec. Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Lokasinya sendiri berjarak sekitar 9 km dari pusat kota Kuningan, atau sekitar 20 menit dengan mobil. Jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Jalan menuju tempat air terjun ini tidaklah sulit. Dari Jalan Raya Cirebon-Kuningan, sebelum sampai di Terminal Kuningan, ada jalan ke arah barat menuju Cigugur. Ikuti jalan menanjak untuk sampai ke Desa Cisantana. Terdapat gerbang masuk ke kawasan Bumi Perkemahan Palutungan sekitar 15 menit dari kawasan Gunung Ciremai.

Jika wisatawan datang dari Kota Cirebon dan menggunakan angkutan umum, bisa naik angkutan umum menuju Terminal Kuningan kemudian dilanjutkan ke Palutungan dengan menggunakan angkutan umum dari terminal, atau bisa juga naik ojek. Akses jalan menuju air terjun dapat diakses dengan berbagai jenis kendaraan, meskipun jalannya sempit dan berkelok-kelok.

Biaya masuk wisata alam

Tiket Air Terjun Putri PalutunganKredit Foto: Google Maps Ruqoyyah Dr

Berwisata ke Air Terjun Putri Palutungan tidak membutuhkan banyak biaya, harga tour masih sangat terjangkau. Wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang. Dengan biaya tersebut, wisatawan bisa merasakan keindahan dan kesegaran air terjun.

Biaya game drive seperti Flying Fox, Outbound, ATP, dll tidak termasuk dalam harga tiket masuk berbayar. Sedangkan wisatawan yang membawa kendaraan akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Saat lelah bermain, pengunjung juga bisa bersantai di gubuk-gubuk sambil menikmati aneka makanan atau jajanan yang dijual di kawasan wisata. Tentu saja snack dan makanan ini membutuhkan biaya tambahan di luar biaya masuk.

Jam buka objek wisata alam ini adalah setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 08.00 hingga 17.30. Wisatawan yang ingin puas main-main di Bumi Perkemahan Palutungan bisa datang pada pagi hari.

Aktivitas seru di Air Terjun Putri Palutungan

Kredit foto: Google Maps Dede Husen

1. Nikmati keajaiban keindahan air terjun

Pesona air terjun memancarkan keindahan yang tak terhingga. Air jernih dan segar asli dari Pegunungan Ciremai mengalir deras dan tersimpan di kolam alami yang terletak di bawah air terjun. Genangan air mengalirkan air melalui bebatuan. Wisatawan yang mencari ketenangan bisa mendapatkannya di dekat air terjun.

2. Menyelam atau mandi di air terjun

Aktivitas wajib yang harus dilakukan wisatawan saat berada di air terjun cantik ini adalah mandi di air terjun. Airnya yang segar berpadu dengan pemandangan alam yang indah membuat tubuh kembali bugar. Mandi di Curug Putri juga diyakini membawa kebaikan dan membuat kulit wanita semakin cantik dan bercahaya. Meski hanya mitos, tidak ada salahnya mencoba.

3. Kegiatan Silaturahmi

Perusahaan yang merencanakan acara gathering dapat melaksanakan kegiatannya di Air Terjun Putri Palutungan. Pihak pengelola memiliki fasilitas yang mumpuni untuk mensukseskan acara gathering sekaligus outbond bagi para peserta nantinya.

4. Camping di Air Terjun Putri Palutungan

Selain kegiatan penjemputan, pengelola juga menyediakan fasilitas yang lengkap untuk kegiatan berkemah. Berbagai fasilitas disediakan antara lain matras, tenda, sleeping bag, tikar, kayu bakar bahkan snack. Pada akhirnya, ini semua tentang membawa persediaan pribadi ke perkemahan.

5. Bermain arung jeram

Kegiatan seru dan memacu adrenalin selanjutnya adalah rafting atau arung jeram. Pengunjung yang belum pernah mencoba wisata air ini bisa mencobanya di Curug Putri. Akan ada tim dan pemandu yang siap menemani pengalaman berharga ini.

6. Berfoto ria di spot foto yang menarik

Berbagai spot foto menarik disediakan di area bumi perkemahan Palutungan, antara lain bunga matahari, rumah hobbit, menara bambu, sayap kanopi, dan sarang burung. Pengunjung juga bisa berfoto di area pohon pinus, dekat air terjun dan lainnya.

7. Permainan Lucu/Outbound

Bagi pengunjung yang membawa anak-anak, tempat wisata ini bisa menjadi tempat wisata yang asik bagi mereka. Air terjun ini aman untuk tempat bermain anak dengan pengawasan orang tua. Selain bermain air terjun, ada juga wahana bermain dan spot outbond yang keren.

8. Mainkan paha depan

Bagi pengunjung yang ingin berkeliling ke seluruh area perkemahan, Anda bisa memanfaatkan persewaan ATV. Selain itu, bagi yang membawa anak-anak akan sangat senang bermain dengan ATV ini.

9. Bermain di tempat tidur gantung

Berada di kawasan yang banyak pohon pinusnya dimanfaatkan pemerintah sebagai wahana untuk gaming dan selfie. Pengunjung bisa menyewa hammock dan memilih posisi tertinggi untuk mendapatkan sensasi bermain di hammock.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas air terjun Putri PalutunganKredit Foto: Google Maps Ruqoyyah Dr

Berbagai fasilitas disediakan pihak pengelola Bumi Perkemahan Palutungan untuk memanjakan wisatawan. Terdapat fasilitas umum yaitu tempat parkir, toilet, mushola, saung atau tempat duduk. Beragam fasilitas foto selfie yang instagramable juga tersedia.

Ada juga warung dan tempat makan bagi pengunjung yang lapar. Pengelola Curug Putri Palutungan juga menyediakan fasilitas untuk berkemah dan penyediaan makanan ringan. Ada juga banyak game drive di Air Terjun Putri Palutungan. Ada flying fox, tempat tidur gantung, ATV, wahana dan banyak lagi.

Sistem lengkap ini dapat digunakan saat mengunjungi kawasan wisata alam. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada pagi hari saat cuaca tidak terlalu panas, namun jangan terlalu pagi agar tidak terlalu dingin mengingat eksotisme air terjun ini berada 1000 meter di atas permukaan laut.

Inilah pesona keindahan Air Terjun Putri Palutungan. Obyek wisata ini terletak pada keindahan alamnya yang masih asri, dan juga pada berbagai fasilitas menarik yang disediakan oleh pihak pengelola. Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan saat berlibur di kawasan air terjun ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button