Berita Wisata

8 Tempat Wisata Seru dan Unik di Cirebon yang Wajib Anda Kunjungi

8 Tempat Wisata Seru dan Unik di Cirebon yang Wajib Anda Kunjungi
berkunjung ke Cirebon. pixabay.com

Merdeka.com – Liburan panjang adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat wisata. Jika Anda berada di wilayah Jawa Barat, Anda bisa mampir ke Cirebon untuk menjelajahi berbagai tempat wisata yang ada di sana.

Tempat wisata di Cirebon tidak kalah menariknya dengan tempat wisata di kota lain. Anda bisa mendapatkan pengalaman berkesan dengan mengunjungi berbagai destinasi yang menarik dan mengasyikkan.

taboola tengah artikel

Mulai dari pantai hingga hutan hingga goa, tempat wisata di Cirebon ini akan menawarkan pesona yang mempesona dan suasana santai dan santai. Jika Anda bingung ingin mengunjungi yang mana, kami telah merangkum beberapa rekomendasi tempat wisata di Cirebon yang layak untuk dikunjungi.

2 dari 4 halaman

Taman Sari Goa Sunyaragi

gua sunyaragi

©2019 Merdeka.com

Tempat wisata di Cirebon yang pertama adalah Gua Taman Sari Sunyaragi. Menurut gramedia.com, Taman Sari Gua Sunyaragi merupakan sebuah situs cagar alam dengan luas 15 hektar di kawasan Sunyaragi, Kesambi.

Konon Taman Sari Goa Sunyaragi merupakan salah satu tempat peristirahatan dan meditasi para sultan Cirebon. Jadi jangan heran jika banyak terdapat terowongan bawah tanah di tempat ini.

Gua Taman Sari Sunyaragi tidak hanya dijadikan sebagai tempat wisata, tetapi juga sering dijadikan sebagai tempat pertunjukan budaya pada waktu-waktu tertentu.

Danau Nilam

danau nilam

Tempat wisata Cirebon yang kedua adalah Danau Nilam. Biasa juga dikenal dengan Telaga Biru Cicerem, tempat ini merupakan salah satu wisata terpopuler di Cirebon. Pasalnya, suasana di Telaga Niren begitu sejuk, dengan pesona air jernih dan dikelilingi pepohonan rindang.

Tak hanya itu, di Telaga Nilam juga terdapat ikan mas yang bisa dijadikan background saat berfoto. Jika tertarik, Anda bisa menuju ke Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Cirebon.

Banjir Panas Palimanan

Tempat wisata di Cirebon yang ketiga adalah Banyu Panas Palimanan. Menjadi salah satu destinasi wisata air favorit di Cirebon, tempat ini terletak di Jalan Raya Cirebon, Desa Palimanan Barat.

Banyu Panas Palimanan memiliki pemandian air panas yang akan merilekskan tubuh Anda. Tak hanya itu, suasana Banyu Panas Palimanan akan menghadirkan kesegaran dan pemandangan indah. Mengunjungi tempat ini tidak akan membuat Anda bosan.

3 dari 4 halaman

Hutan Monyet Plangon

Tempat wisata di Cirebon yang keempat adalah Plangon Monkey Forest. Termasuk dalam kawasan hutan dengan luas sekitar 48 hektar, tempat ini juga termasuk dalam objek wisata lawas. Anda mungkin menemukan kawanan monyet atau kera besar ketika Anda mengunjungi tempat ini.

Di Hutan Kera Plangon juga terdapat makam Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan yang sering dikunjungi peziarah setiap 2 Syawal. Tempat ini terletak di Desa Babakan, Kecamatan Sumber, yang berjarak sekitar 45 menit dari pusat kota.

Pantai Jawa

pantai jawa

@ochipasadena

Tempat wisata di Cirebon yang kelima adalah Pantai Kejawanan. Di Cirebon, Anda bisa mengunjungi destinasi berupa pantai yaitu Pantai Kejawanan. Keindahan pantai ini bisa dilihat dari pemandangan berupa Gunung Ciremai.

Lokasi Pantai Kejawanan juga tidak terlalu jauh dari Cirebon Waterland. Tidak hanya menawarkan spot foto dan suasana pantai yang eksotis, Pantai Kejawanan juga menawarkan hiburan lain yang bisa Anda coba, seperti persewaan perahu nelayan yang bisa digunakan untuk berlayar di sekitar pantai.

Danau Setu Patok

Danau Setu Patok terletak di Setupatok, Kec. Mundu, Kab. Cirebon, Jawa Barat. Tempat ini biasanya akan ramai saat akhir pekan atau hari libur.

Anda akan disuguhi keindahan panorama alam yang menarik dan tentunya sangat cocok sebagai spot foto. Untuk mencapai Danau Setu Patok, Anda bisa melalui jalan pemukiman Argasunya dan Pantura Mundu.

4 dari 4 halaman

Makam Sunan Gunung Jati

berziarah ke makam Sunan Gunung Jati

©2022 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Makam Sunan Gunung Jati merupakan bagian dari sejarah Wali Songo yang masih sering dikunjungi oleh masyarakat umum. Makam Sunan Gunung Jati memiliki desain dari perpaduan gaya arsitektur Arab, Jawa dan Cina, sehingga indah dan unik.

Tak hanya dikunjungi warga Cirebon, Makam Sunan Gunung Jati juga dikunjungi warga dari luar daerah. Untuk mengedepankan kenyamanan pengunjung, Makam Sunan Gunung Jati juga dilengkapi dengan fasilitas umum seperti toilet, tempat parkir, dan warung makan yang bisa Anda temukan di area sekitar.

Lapangan Keadilan

tempat jaksa penuntut umum kota cirquebon

©2021 Liputan6/ Merdeka.com

Tempat wisata di Cirebon yang terakhir adalah Alun-alun Kejaksan. Berlokasi di Jl. Kartini, Kebon Baru, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat, Kejaksan Square akan memberikan Anda kenyamanan dengan berbagai fasilitas umum yang lengkap.

Anda bisa mengajak keluarga Anda untuk datang ke sini. Mulai dari playground, shelter pedagang asongan, jogging track, pedestrian hingga microlibrary, Anda tidak akan bosan bersama keluarga. Menariknya, Alun-Alun Kejaksan juga memiliki ruang terbuka yang akan terlihat memukau. Di tempat ini Anda juga bisa mencoba berbagai jenis kuliner khas Cirebon.

[ank]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button