Berita Wisata

Rekomendasi Wisata Semarang | merdeka.com

Merdeka.com – Membentang dari Sabang hingga Merauke, Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang indah. Setiap daerah memiliki daya tarik wisata andalannya masing-masing, baik wisata alam maupun wisata buatan.

Beberapa orang bahkan rela melakukan perjalanan jauh untuk menikmati keindahan yang ada di setiap daerah di Indonesia. Semarang merupakan daerah yang patut diapresiasi keindahannya.

taboola tengah artikel

Jika memiliki waktu luang, Anda bisa mengunjungi wisata Semarang secara keseluruhan, baik kota maupun kabupatennya. Namun, itu pasti akan memakan waktu lama dan Anda mungkin merasa bingung ke mana harus mengunjungi. Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Semarang yang bisa Anda kunjungi saat liburan.

Wisata Viral Semarang

1. Taman Bunga Celosia
Tempat wisata Semarang ini terletak di kawasan Bandungan, Kabupaten Semarang. Taman Bunga Celosia buka mulai pukul 09:00 hingga 16:00 WIB. Tiket masuknya juga cukup terjangkau, harganya berkisar antara Rp20.000 hingga Rp40.000.

Memasuki taman ini, Anda akan disuguhi pemandangan berbagai jenis bunga, mulai dari celosia, hebras, lavender, dianthus, gerbera hingga krisan. Selain bisa melihat bunga, kamu juga bisa melihat miniatur monumen dari berbagai negara.

Bagi Anda yang datang bersama keluarga dan membawa anak kecil, jangan khawatir! Taman Bunga Celosia juga menawarkan area khusus yang berisi wahana untuk anak-anak. Selain itu, Anda juga bisa membeli berbagai jenis bibit bunga untuk dijadikan oleh-oleh.

2. Cimory di Lembah

Bagi anda yang suka mengkonsumsi susu sapi wajib mengunjungi tempat wisata ini. Cimory On the Valley merupakan tempat wisata yang menawarkan banyak oleh-oleh yang terbuat dari olahan susu sapi, seperti yogurt, susu segar dan makanan beku.

Selain itu, ada beberapa wahana dan replika landmark dunia yang bisa dinikmati pengunjung. Saat lapar, Anda juga bisa berhenti untuk menikmati makanan dan minuman di restoran.

3. Taman Hiburan Saloka

Saloka Theme Park adalah taman hiburan terbesar di Jawa Tengah. Tempat wisata ini bahkan masuk dalam daftar destinasi wisata yang disusun oleh Pesona Indonesia. Saloka theme park memiliki 25 wahana yang terbagi dalam beberapa zona yaitu zona pesisir, Balalantar, Ararya, Kamayayi dan Segara Prada.

Selain berisi wahana, taman hiburan Saloka juga menawarkan pertunjukan animasi laser Baru Klinthing dan beberapa tempat kuliner seperti restoran, kafe, atau food truck. Tempat wisata ini buka mulai pukul 10.00 hingga 18.00 WIB dan pada hari libur nasional buka mulai pukul 10.00 hingga 20.00 WIB. Harga tiket berkisar antara Rp 120.000 hingga Rp 150.000.

2 dari 4 halaman

Wisata Ungaran Semarang

1. Umbul Sidomukti Ungaran

Salah satu destinasi wisata di Semarang yang bisa Anda kunjungi saat berlibur adalah Umbul Sidomukti. Tempat wisata ini menawarkan berbagai fasilitas yang lengkap. Mulai dari fasilitas outbond, bumi perkemahan, kolam renang, kafe, resort.

2. Taman Vanaprastha Gedong Songo

Wisata Semarang ini cocok bagi anda yang ingin menyegarkan pikiran setelah sibuk belajar atau bekerja. Vanaprastha Gedong Songo Park menawarkan keindahan alam berupa pemandangan hutan pinus dengan udara yang segar. Anda juga bisa menyewa villa untuk tempat menginap.

3 dari 4 halaman

Pariwisata Kota Semarang

1. Kelenteng Sam Poo Kong

Rekomendasi wisata Semarang selanjutnya adalah Klenteng Sam Poo Kong yang terletak di Bongasari Kota Semarang. Meski identik dengan tempat sembahyang, Anda tetap bisa berkeliling menikmati keindahan pura ini.

Di kawasan wisata Pagoda Sam Poo Kong, Anda akan disuguhi dengan bangunan klasik bergaya China yang cocok untuk spot foto. Tiket masuk tempat wisata ini juga relatif murah, hanya perlu membayar Rp 5.000. Namun, jika ingin menjelajah lebih dalam, Anda perlu merogoh kocek lebih dalam dengan merogoh kocek sekitar Rp 28.000.

2. Kota Tua

Bagi Anda yang suka menikmati dan mengamati bangunan berarsitektur kolonial, Kota Lama wajib dikunjungi. Keindahan bangunan Kota Lama paling cocok untuk Anda nikmati di sore hari karena akan terlihat semakin menawan dengan senja yang menemani setiap langkah Anda.

3. LawangSewu

Tempat wisata Semarang yang satu ini tentunya sudah Anda kenal dengan baik. Lawang Sewu adalah bangunan yang dulunya merupakan markas Perusahaan Kereta Api Hindia Timur Belanda. Selain itu, gedung ini juga digunakan sebagai kantor Dinas Perkeretaapian Republik Indonesia dan kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer.

Lawang Sewu telah melalui serangkaian proses revitalisasi dan telah dilestarikan menjadi museum sekaligus tempat wisata. Ikon wisata Semarang ini terkenal dengan jumlah gapuranya yang banyak, itulah sebabnya orang menyebutnya Lawang Sewu alias Gerbang Seribu. Lawang Sewu terletak di Jalan Pemuda, dekat dengan pusat kota Semarang, Simpang Lima.

4. Galeri Seni Kontemporer Semarang

semarang Galeri seni kontemporer atau dikenal juga dengan Semarang Gallery (Galsem), berlokasi di Jalan Taman Srigunting no 5-6, Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. Museum ini menyimpan berbagai koleksi karya seni buatan seniman dari seluruh nusantara.

Pengunjung bisa mengabadikan foto-foto keren yang ada instagrammable di spot foto yang disediakan. Selain itu, museum ini juga sering mengadakan pameran, seperti lukisan, sketsa, arsip, pertunjukan rekaman, instalasi. Pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

4 dari 4 halaman

Wisata Alam Semarang

1. Rawa Pusing

Rawa Pening merupakan wisata alam Semarang yang memiliki luas sekitar 2.670 hektar. Danau ini terletak di empat kecamatan di Kabupaten Semarang yaitu Kecamatan Bawen, Kecamatan Ambarawa, Kecamatan Tuntang dan Kecamatan Banyubiru.

Danau ini memiliki pemandangan yang indah karena memperlihatkan kegagahan Gunung Ungaran dan Gunung Merbabu. Selain itu, danau ini juga dikelilingi berbagai fasilitas seperti rumah makan, rumah joglo, pondok apung, bebek air, perahu kayu dan masih banyak lagi fasilitas lainnya dengan harga yang cukup terjangkau.

2. Hapus Eling

Eling Bening merupakan sebuah tempat rekreasi yang terletak di Perbukitan Ngrawan, tepatnya berada di Jalan Sarjono, Ambarawa, Kabupaten Semarang. Wisata Alam Semarang menawarkan pemandangan yang menyegarkan mata yaitu perpaduan Gunung Merbabu, Andong, Telomoyo, persawahan yang menghijau dan Danau Rawa Pening.

Di kawasan wisata ini Anda bisa menikmati berbagai aktivitas. Mulai dari berenang, menikmati makanan restoran, jalan-jalan, terbang, menunggang kuda, bersepeda, senam, berfoto Instagramable, hingga berkemah. Eling Bening buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 18:00 WIB.

3. Air Terjun Klenting Kuning

Air Terjun Klenting Kuning terletak di Desa Kemawi, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang. Nama cascade atau air terjun ini cukup unik, mirip dengan salah satu tokoh cerita rakyat. Namun, nama ini justru diambil karena temboknya yang berwarna kuning.

Warna kuning pada dinding air terjun Klenting Kuning disebabkan adanya belerang. Dengan kombinasi pemandangan tebing kuning, tumbuhan hijau dan air yang menyegarkan, Curug Klenting Kuning sangat cocok untuk Anda yang ingin bersantai.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Semarang, baik yang berada di kota maupun di lingkungan sekitar. Anda bisa mengunjungi tempat-tempat ini sendiri sebagai solo traveler atau bersama keluarga besar.

(mdk/manajemen)

TOPIK TERKAIT

Mengikuti

taboola di bawah artikel

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button