Berita Wisata

Terkait kabar tsunami di pantai selatan, Ridwan Kamil menegaskan bahwa itu hoax

Bandung

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan laporan prakiraan tsunami di pantai selatan adalah berita bohong atau hoaks. Ridwan Kamil mengaku sudah mendengar kabar tersebut selama dua hari terakhir.

“Keduanya yang muncul adalah hoaks terkait tsunami di pantai selatan. Ini sudah diklarifikasi oleh BMKG,” kata Ridwan Kamil usai mengikuti rapat virtual terkait pemantauan perayaan malam tahun baru di Gedung Sate, Sabtu (31/3). /12/2022).

Lebih lanjut, Ridwan Kamil mengatakan, BMKG memastikan pantai selatan Jabar diterjang gelombang tinggi, bukan tsunami. “Tapi, tidak ada potensi tsunami,” kata gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu.

Ia mengatakan masyarakat atau wisatawan yang ingin berkunjung ke Pangandaran atau pantai lain di selatan Jawa Barat dipastikan aman. Ia ingin masyarakat di Jawa Barat bisa menikmati perayaan tahun baru dan liburan pantai tanpa dihantui tsunami prank.

Selain itu, Kang Emil juga memastikan kondisi lalu lintas di Jabar memang padat namun situasi terkendali. Dia mencontohkan, di Jawa Barat ada 326 posko dan 27.000 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan perayaan tahun baru.

Sebelumnya, saat liburan Natal kemarin, wisata di Pangandaran relatif sepi. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, Pantau Guntari mengatakan libur Natal tidak berpengaruh signifikan terhadap jumlah kunjungan.

“Wisatawan yang kesepian masih dihantui rumor hoaks dan informasi mentah yang diterima masyarakat dari BMKG,” kata Watch usai rapat evaluasi dengan pelaku bisnis perhotelan Pangandaran dan PHRI, Selasa, 27/12/2022.

(selatan/mso)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button