Berita Wisata

Harga tiket naik saat libur tahun baru 2023, wisatawan masih memadati Pantai Batakan Tanah Laut

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI – Waktu liburan Tahun Baru 2023 telah tiba dan dimanfaatkan sejumlah warga Kalsel untuk mengunjungi sejumlah tempat wisata, seperti Pantai Baakan di Kabupaten Tanah Laut (Tala).

Informasi yang dihimpun banjarmasinpost.co.id, Minggu (1/1/2023), sejak Sabtu (31/12/2022), sejumlah tempat wisata di Tala banyak dikunjungi wisatawan.

Misalnya di Pantai Baakan Baru dan Pantai Cemara Asri Baakan (Pantai Baakan Lama).

Mereka menginap di pantai 40 kilometer dari Pelaihari (ibu kota Tala). Bahkan menurut koordinator pemilik penginapan Pantai Baakan Baru Ahmadi, semua kamar sudah dipesan beberapa minggu sebelumnya.

Ia mengatakan, tercatat 130 kamar penginapan milik warga pantai Baakan Baru penuh.

Tarifnya pun naik menjadi Rp350.000 berlaku mulai 25 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023, sedangkan tarif normal Rp250.000.

Begitu pula tempat perkemahan glamor (glamping) yang dibangun Kantor Pariwisata Tala di pantai setempat, sudah penuh dipesan sejak November 2022.

Total ada 7 unit glamping dengan tarif Rp 250.000 Tarif yang dikenakan tidak naik meski di malam tahun baru.

Jalan-jalan di Pantai Baakan BaruRAMAI – Suasana jalan-jalan di Pantai Baakan Baru, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Sabtu (31/12/2022).

Baca juga: Harga BBM per 1 Januari 2023 di SPBU Pertamina Seluruh Indonesia, Pertalite, Solar di Dexlite

Sementara itu, tarif masuk ke Pantai Baakan Baru mengalami kenaikan saat liburan tahun baru yang sedang berlangsung.

“Tarifnya Rp 10.000 dibanding sebelumnya Rp 5.000,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tala, HM Rafiki Effendi.

Ia mengatakan, tarif masuk objek wisata lain milik Pemkab Tala juga mengalami kenaikan.

Harga tiket masuk Pantai Takisung di Desa Takisung Kecamatan Takisung misalnya naik menjadi Rp15.000 dan Air Terjun Bajuin di Desa Sungaibakar Kecamatan Bajuin juga naik menjadi Rp15.000.

“Kenaikan tarif tersebut berlaku sesuai dengan izin yang mereka ajukan, yakni selama dua hari, yakni dari 31 Desember 2022 sampai dengan 1 Januari 2023,” ujar Rafiki.

Pejabat Tingkat II Bumi Tuntung Pandang ini mengatakan, setiap wisatawan yang membayar tiket masuk juga otomatis terlindungi asuransi selama berada di objek wisata tersebut.

Sementara itu, Bupati Tala mengimbau pengunjung tetap waspada karena potensi hujan lebat dan angin kencang masih bisa terjadi.

Beberapa pengunjung juga kaget dengan kenaikan harga tersebut, namun umumnya mereka memaklumi hal tersebut karena pengelola pantai juga harus ekstra waspada menghadapi peningkatan jumlah pengunjung.

Hal ini juga sering terjadi di berbagai objek wisata lainnya.

“Saya juga kaget kemarin pas tahu tarifnya naik. Tapi bagi saya itu tidak masalah, yang penting aman dan nyaman saat bersantai di sana,” kata Yayan, warga Banjarbaru yang menginap. di pantai Baakan Baru.

(Banjarmasinpost.co.id/roy)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button