Berita Wisata

Menawarkan panorama alam, Wisata Alam Gunung Adat siap dibuka kembali

RBG.id – Wisata alam Gunung Pabeasan yang terkenal keindahan dengan panorama alamnya dibuka kembali pada liburan tahun baru 2023.

Tempat yang memiliki ciri khas pohon pinus dan cocok untuk berkemah ini akan menjadi sumber tabungan warga desa di masa mendatang.

Hal tersebut ditegaskan oleh Pemerintah Desa Malati (Pemdes), Kabupaten Naringgul yang kini telah resmi membuka kembali wisata alam yang terletak di kawasan hutan penghasil pinus Perum Perhutani RPH Cidaun, BKPH Sindangbarang, KPH Cianjur seluas seluas dua hektar.

Diketahui, pembukaan tersebut tak lepas dari kerjasama antara Perum Perhutani dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan organisasi pemuda desa.

Kepala Desa Malati Hendra Irawan telah membuka kembali Situs Wisata Alam Gunung Pabean untuk meningkatkan sumber ekonomi masyarakat desa Malati.

“Untuk membantu kesejahteraan masyarakat, tidak cukup hanya mengandalkan bantuan pemerintah karena pertama bantuan pemerintah itu terbatas dan kedua, ada aturan mainnya,” ujarnya.

Sebagai contoh kecil, menurutnya, selain dampak dari wisatawan, masyarakat bisa mengubah pohon pinus yang getahnya dimanfaatkan menjadi karet sehingga menjadi sumber pendapatan masyarakat.

Masih nanti di lokasi wisata alam Gunung Pabeasan akan didirikan tempat edukasi hewan seperti kelinci dan lainnya yang akan menarik minat anak sekolah untuk belajar atau alat pengetahuan.

Hendra menambahkan, pembagian pendapatan dan semacamnya akan dilakukan dalam Perdes untuk diketahui dan disetujui masyarakat.

“Membuat keuangan terbuka dan transparan sehingga nantinya masyarakat paham dan masyarakat merasa memiliki dan memahami aturannya,” ujarnya. (oleh Anda)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button