Tempat Wisata

Pantai Tirang Semarang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Tirang merupakan salah satu tempat wisata bahari yang paling populer di Semarang, tepat di ujung runway Bandara Ahmad Yani. Tempat terbaik untuk memancing dan menyaksikan matahari terbenam.

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kecamatan Tugurejo. Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah; map: Cek lokasi

Kota Semarang merupakan salah satu tempat wisata unggulan di Jawa Tengah yang sayang untuk dilewatkan. Berbagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi dengan panorama yang mempesona di kota Semarang. Salah satu destinasi wisata yang bisa Anda temukan di Semarang adalah Wisata Pantai Tirang.

Pantai ini letaknya cukup strategis karena berada di antara ujung runway bandara Ahmad Yani dan perumahan Graha Padma. Hal ini juga sangat dekat dengan Pantai Maron. Selain itu, pantai ini dulunya adalah sebuah pulau bernama Pulau Tirang, sebuah pulau yang kaya akan flora dan fauna.

Pantai Tirang memiliki berbagai atraksi khusus yang dapat menarik pengunjung. Beberapa di antaranya adalah matahari terbenam yang indah dan banyak ikan dengan harga masuk yang murah. Meski akses menuju tempat ini cukup sulit, namun masih bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel ini sampai habis.

Atraksi Pantai Tirang

Pemandangan di Pantai TirangKredit foto: Google Maps Vincentia Horsman

1. Matahari terbenam yang indah dan panorama pesawat lepas landas

Pantai Tirang menawarkan keindahan yang sangat indah seperti pantai lainnya. Selain itu, tampilan keindahan matahari terbenam yang memukau dan memukau para pengunjung saat menikmati matahari terbenam. Di pantai ini, wisatawan juga bisa melihat pesawat lepas landas, yang membuat pemandangan terlihat lebih indah.

2. Memancing yang menyenangkan

Pantai ini juga menjadi tempat memancing yang sangat seru. Daerah pesisir ini menghasilkan banyak ikan, terutama di pantai. Wisatawan juga dapat melihat kolam rakyat yang berjejer. Sehingga sangat cocok bagi anda yang hobi memancing.

Pantai ini juga populer sebagai pantai yang memiliki tempat memancing yang strategis bagi pengunjungnya sendiri. Ada beberapa jenis ikan di pantai, seperti ikan putih, juga dikenal sebagai ikan baramudi, dan juga ikan dokan, yang disukai oleh penduduk setempat.

3. Berbagai spot foto menarik

Ada banyak kesempatan foto menarik di Pantai Tirang. Begitu banyak gambar bagus untuk menghiasi galeri ponsel Anda. Atau bahkan media sosial Anda.

Jika anda datang pada sore hari anda akan melihat sunset yang sangat indah. Fenomena matahari terbenam akan sangat indah jika disertai dengan pemandangan pesawat lepas landas. Maka sangat tepat untuk mengambil potret diri dengan matahari terbenam dan pesawat di latar belakang.

4. Pasir pantai yang lembut

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai TirangSumber gambar: Google Maps Usman Efendi

Pantai ini memiliki pasir yang lembut dan tidak ada bebatuan. Bagi pengunjung untuk berjalan-jalan di sepanjang pantai dan menikmati ombak yang tenang. Berjalan menyusuri pantai, pengunjung disuguhi aktivitas warga sekitar yang merawat kolam mereka.

Sayang sekali pantai ini masih kurang terawat. Hal ini bisa jadi karena akses yang masih sulit dan juga banyak sampah mangrove di sepanjang pantai.

5. Mangrove

Pantai ini memiliki berbagai macam keindahan untuk Anda nikmati. Eksotisme pantai terindah di Semarang ini membuat pengunjung sangat terkesan dengan keindahannya. Salah satunya adalah pohon bakau yang tumbuh di sekitar Pantai Tirang.

6. Terumbu karang yang indah dan ombak yang menggulung

Para wisatawan juga dapat menikmati keindahan yang bervariasi dari berbagai jenis terumbu karang yang menghuni kawasan pantai.

Selain itu, kawasan pantai seluas 240,70 hektar ini terkenal dengan keindahan pantainya yang memukau wisatawan saat melihat gulungan ombak. Ombak di pantai ini tidak terlalu besar dan cocok untuk Anda yang suka bermain air dan berenang.

Alamat dan rute menuju lokasi Pantai Tirang

Alamat Pantai TirangKredit foto: Google Maps dapatkan Hotel Semarang

Pantai menawan ini merupakan salah satu destinasi wisata di Desa Tugurejo, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Tempat ini terlihat indah dan dapat menghadirkan suasana yang berbeda dalam aktivitas kita sehari-hari.

Untuk menuju lokasi Pantai Tirang, pengunjung bisa lepas landas dari Bandara Ahmad Yani. Kemudian melewati Jalan Pantura yang kemudian berlanjut ke Jalan Pantura Kendal Semarang. Kemudian menuju Jalan Siliwangi yang melewati Jalan Hanuman Raya dan terakhir langsung menuju ke kecamatan Tugurejo dimana tempat wisata tepi pantai ini berada.

Rute lain: Dari bundaran Kalibanteng, lurus terus sampai ketemu kantor online Samsat. Kemudian terus ikuti jalan lurus sampai menemukan perumahan yang disebut Graha Padma. Setelah melintasi kawasan pemukiman, selanjutnya Anda akan menemukan sungai dan kolam ikan milik warga.

Pantai ini hanya bisa dimasuki dengan roda dua, jadi pengunjung yang datang dengan mobil bisa memarkir kendaraan roda empat ini di tempat parkir dekat pintu masuk, kemudian untuk sampai ke pantai pengunjung harus berjalan kaki sekitar 200 meter. Ini karena aksesnya sangat sulit.

Biaya masuk ke tempat ini cukup terjangkau untuk semua kalangan. Untuk memasuki kawasan pantai yang banyak ikan di pantai Tirang, pengunjung membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000. Anda juga membayar Rp 5.000 untuk biaya parkir.

Aktivitas menarik di Pantai Tirang

Aktivitas Menarik Pantai TirangKredit foto: Google Maps Saigo No Zero

1. Memancing

Pantai Tirang memiliki beberapa kawasan wisata untuk Anda nikmati. Nah, salah satunya adalah memancing. Bagi Anda yang memiliki hobi memancing, tempat ini sangat cocok. Selain memancing, ada hal lain yang bisa dilakukan. Keanekaragaman ikan di pantai memudahkan para pemancing untuk mendapatkan ikan.

Ada juga berbagai jenis ikan yang bisa Anda tangkap di tempat ini. Misalnya Ikan Ikedokan, Blanak, Rusa Rusah, Sembilan, Kakap Putih dan Mujahir. Namun, pengunjung situs ini juga dilarang memancing udang dan bandeng, karena kedua jenis makhluk laut tersebut telah dibudidayakan di pembibitan.

2. Nikmati indahnya matahari terbenam dari pantai

Pengunjung juga bisa menikmati pesona sunset di pantai yang terkenal dengan keindahannya ini. Sangat tepat jika Anda datang dalam cuaca cerah sehingga Anda bisa melihat pesona matahari terbenam dari pantai.

Panorama matahari terbenam akan terlihat lebih sempurna juga karena landasan pacu pesawat di dekat pantai. Hal ini memungkinkan pengunjung untuk menyaksikan pesawat terbang di atas pantai.

3. Nikmati pemandangan laut yang indah

Air laut yang relatif jernih juga menjadi keunggulan Pantai Tirang. Selain itu, ada banyak hal yang bisa dilakukan saat berada di pantai ini. Karena aksesnya yang relatif sulit, pantai ini relatif sepi pengunjung.

4. Nikmati pemandangan deretan kolam

Pantai ini memiliki ombak yang tenang, sehingga sangat cocok untuk dijadikan kawasan budidaya. Memang benar, warga sekitar juga sudah membuat kolam di sana. Sangat menyenangkan ketika wisatawan berjalan-jalan sore sambil merenungkan keindahan kolam.

Selain itu, ombak yang tenang juga bisa diciptakan untuk permainan air dan berenang di pantai. Pasti bikin kamu ketagihan liburan lagi di pantai cantik ini.

5. Memotret Ria

Banyak sekali spot foto bagus di pantai Tirang ini. Seperti matahari terbenam dengan pesawat lepas landas, pohon bakau dan pantai yang tenang. Jadi Anda bisa puas berfoto di sana. Selain itu, tempat ini relatif sepi pengunjung karena aksesnya yang sulit.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Tirang Semarang

Fasilitas Pantai Tirang SemarangKredit foto: Google Maps eco 1105

Pantai Tirang memiliki banyak fasilitas yang menunjang kebutuhan wisatawan. Mulai dari tempat parkir yang luas, mushola, toilet umum dan penginapan. Selain itu, terdapat berbagai spot foto menarik yang akan menghiasi media sosial Anda.

Jika Anda suka memancing, maka pantai ini adalah tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu Anda memancing. Jadi jangan sampai ketinggalan, alat pancing dan umpan.

Ada banyak penginapan di dekat pantai ini. Tiga di antaranya adalah Front One in Hotel, Hotel Tugu Indah dan Redoorz dekat Bandara Ahmad Yani. Meski relatif mahal, ketiga hotel tersebut memiliki fasilitas yang memadai seperti WiFi, AC, TV, restoran, dan layanan kebersihan. Jarak ke Pantai Tirang sendiri hanya sekitar 3 km.

Selain itu, fasilitas yang paling penting adalah keramahan masyarakat adat kawasan Tugurejo. Karena keramahan membuat liburan lebih menyenangkan dan aman. Penduduknya ramah tidak hanya kepada wisatawan lokal tetapi juga kepada wisatawan asing.

Liburan di Pantai Tirang sangat mengasyikkan. Pemandangan indah menghiasi pantai yang tenang dan berombak. Jika anda berwisata ke Jawa Tengah khususnya ke kota Semarang, pantai ini sangat cocok untuk anda berlibur terutama pada saat liburan panjang.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button