Berita Wisata

Gila! Spiderman Parepare menemukan banyak hal ini beraksi di Pantai Cempae

INDOZONE.ID – Hari Maritim Nasional di Indonesia diperingati setiap tanggal 23 September. Dengan luas 70% lautan dan 30% daratan, Indonesia sering disebut sebagai negara maritim. Namun sayangnya, kepedulian dan kesadaran akan perlindungan laut, khususnya sampah, sangat mengkhawatirkan.

Maka, bertepatan dengan peringatan Hari Bahari Nasional tahun ini, Spiderman Parepare kembali beraksi di kawasan pesisir Pantai Cempae, Desa Cempae, Kecamatan Soreang, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Jumat (23/9/2022). ) sore .

Spiderman sedang bersiap-siapSpiderman Parepare membersihkan pantai (Z Creators/Rudi Hartono)

Di bawah terik matahari, Spiderman Parepare memungut sampah plastik dan sampah kain yang bahkan sudah tertimbun pasir.

“Kesadaran untuk menjaga laut dari sampah sangat minim, kampanye tentang pentingnya pantai yang bersih sangat dibutuhkan, makanya saya tidak pernah lelah mengajak masyarakat untuk menjaga laut kita dengan bertindak dengan kantong sampah setiap hari,” jelas Spiderman Parepare, seorang aktivis lingkungan yang kerap terlihat membersihkan pantai dengan setelan jas. Super heromiliknya.

Ini memang bukan aksi pertama yang dilakukan Spiderman Parepare dalam upayanya mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan. Sebelumnya, Spiderman Parepare mengibarkan bendera merah putih raksasa di tengah laut untuk menarik perhatian masyarakat.

“Spiderman Parepare sangat kompak, dia terus mengajak orang untuk melihat pantai, kampanyenya unik, tapi cocok dengan budaya kita,” kata Ibrahim, salah satu warga Parepare.

Dalam aksinya ini, Spiderman Parepare berhasil mengumpulkan ratusan gelas plastik bekas dan botol air minum plastik. Tidak hanya itu, juga banyak mengumpulkan limbah kain dan popok bekas dari kawasan pesisir Pantai Cempae.

Spiderman sedang bersiap-siapSpiderman Parepare menemukan plastik terkubur di pasir (Z Creators/Rudi Hartono)

Sampah yang dikumpulkan oleh Spiderman Parepare biasanya akan dijemput langsung oleh petugas kebersihan Kota Parepare setelah aksi Spiderman selesai.

“Alasannya bagus untuk membuat semua orang melihat ke arah laut. Nenek moyang kita membangun rumah yang menghadap ke laut atau sungai karena mereka menghormati laut dan titik air, tetapi sekarang kebanyakan orang membangun rumah mereka kembali ke lubang air agar sampahnya bisa langsung mengalir. ke jalur air,” katanya kepada Spiderman Parepare.

Spiderman Parepare berjanji akan melanjutkan aksinya guna mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ambil bagian dalam menjaga lingkungan. Meski cara yang dilakukannya selalu mendapat sorotan karena kostum yang digunakannya.

Artikel menarik lainnya:

Buat cerita serumu sendiri dan dapatkan berbagai hadiah keren! mari bergabung Z-pencipta dengan mengklik di sini.

Z-penciptaZ-pencipta

Source: www.indozone.id

Related Articles

Back to top button