Berita Wisata

The Heritage Palace: harga tiket, jam buka dan fasilitas Halaman semua

KOMPAS.com – The Heritage Palace merupakan objek wisata bertema bangunan bergaya Eropa klasik yang menawarkan banyak spot foto Instagrammable.

Lokasinya di Jalan Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo Rt.002 Rw. 008, Honggobayan, Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo.

Baca juga: The Heritage Palace, bekas kilang gula yang disulap jadi menara ala Eropa

Direktur Pemasaran dan Operasional Franky Hardy menjelaskan: “The Heritage Palace merupakan kunjungan keluarga karena dapat dinikmati oleh segala usia.

“Konsep wisata keluarga kami adalah memperkenalkan bangunan kolonial kuno dan fotografi,” jelasnya. Kompas.comMinggu (1/1/2023).

Baca juga: Kebun Binatang Jurug di Kota Solo Dibuka Kembali Akhir Januari 2023

The Heritage Palace Sukoharjo, Solo merupakan tempat wisata di sebuah bangunan klasik bergaya Eropa yang merupakan bekas pabrik gula Dermaga. Instagram @theheritagepalace The Heritage Palace Sukoharjo, Solo merupakan objek wisata bangunan bergaya Eropa klasik bekas pabrik gula

Daya tarik The Heritage Palace adalah bekas bangunan pabrik gula Gembongan (PG) peninggalan kolonial Belanda yang didirikan pada tahun 1899. Bangunan bergaya Eropa klasik ini telah diakui sebagai bangunan cagar budaya, seperti dikutip dari situs resminya.

“Bangunan tersebut merupakan peninggalan kolonial Belanda yang awalnya didirikan pada tahun 1899 sebagai pabrik gula dengan nama PG Gembongan,” jelasnya.

Baca Juga: 8 Wisata Dekat Candi Mangkunegaran Solo, Dari Keraton Hingga Pasar Bersejarah

Berdiri di atas lahan seluas 2,2 hektar, The Heritage Palace memiliki sembilan bangunan megah bergaya klasik Eropa. Namun, kata Franky, hanya lima bangunan yang difungsikan sebagai destinasi wisata.

The Heritage Palace Sukoharjo, Solo merupakan tempat wisata di sebuah bangunan klasik bergaya Eropa yang merupakan bekas pabrik gula Dermaga. Instagram @theheritagepalace The Heritage Palace Sukoharjo, Solo merupakan objek wisata bangunan bergaya Eropa klasik bekas pabrik gula

Fasilitas Istana Pusaka

The Heritage Palace menawarkan sejumlah fasilitas wisata yang menarik bagi pengunjung. Fasilitas wisata ini dapat dinikmati oleh pengunjung dari segala usia, menjadikannya pilihan yang cocok untuk tempat liburan keluarga.

Secara umum The Heritage Palace terbagi menjadi dua kawasan wisata yaitu pedalaman dan di luar.

“The Heritage Palace menawarkan fasilitas tugas bangunan tua, taman, konsep foto kotak foto tiga dimensi, Omah Kwalik dan museum angkut kawasan pedalaman“kata Franky.

Bagi wisatawan yang ingin mendapatkan foto sebanyak-banyaknya, Franky menyarankan pengunjung untuk menggunakan jasa agen fotografi di The Heritage Palace.

“Ada fasilitas petugas yang bisa membantu menembak setiap kendaraan yang ada. Kami melatih mereka dalam teknik menembak dengan sudut maksimal,” imbuhnya.

Baca juga: 5 Hotel Murah di Solo untuk Tahun Baru, Mulai Rp 100.000

1. Foto latar belakang bangunan bergaya Eropa

The Heritage Palace Sukoharjo, Solo merupakan tempat wisata di sebuah bangunan klasik bergaya Eropa yang merupakan bekas pabrik gulaDermaga. Instagram @theheritagepalace The Heritage Palace Sukoharjo, Solo merupakan objek wisata bangunan bergaya Eropa klasik bekas pabrik gula

Wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang bangunan bergaya kastil klasik Eropa. Bangunan Heritage Palace yang didominasi warna abu-abu ini cantik sebagai background foto.

Tempat favorit wisatawan adalah pintu masuk gedung bertulisan The Heritage Palace.

2. Taman di luar

The Heritage Palace Sukoharjo, Solo merupakan tempat wisata di sebuah bangunan klasik bergaya Eropa yang merupakan bekas pabrik gula Dermaga. Instagram @theheritagepalace The Heritage Palace Sukoharjo, Solo merupakan objek wisata bangunan bergaya Eropa klasik bekas pabrik gula

Terdapat taman di area keraton pusaka yang dilengkapi dengan patung hias, bangku taman, lampu taman dan tanaman hias.

Jika wisatawan membeli tiket di luarbisa berfoto di taman di luar ini. Ada beberapa mobil antik yang diparkir di taman sehingga bisa dijadikan tambahan properti foto.

Baca juga: Kenapa Surakarta Disebut Solo? Konsultasikan sejarahnya

3. Museum Transportasi

Museum Angkut di Heritage Palace Sukoharjo, SoloDermaga. Instagram Museum Angkut @theheritagepalace di Heritage Palace Sukoharjo, Solo

Museum transportasi ada di area tersebut pedalaman Istana Warisan. Wisatawan yang berkunjung ke museum ini bisa melihat koleksi mobil antik.

Belum lagi, wisatawan bisa berfoto dengan mobil-mobil antik tersebut.

Baca Juga: Aturan Mengunjungi Masjid Agung Sheikh Zayed Solo Saat Dibuka

4. Foto tiga dimensi

Kawasan interior Keraton Sukoharjo, Solo merupakan objek wisata berupa bangunan bergaya klasik Eropa yang merupakan bekas pabrik gula. Dermaga. Instagram @theheritagepalace Ruang interior Heritage Palace Sukoharjo, Solo merupakan objek wisata bangunan bergaya Eropa klasik bekas pabrik gula

Wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang lukisan tiga dimensi agar terlihat nyata. Selain foto individu, kotak Foto tiga dimensi ini bisa digunakan untuk berkelompok agar lebih seru.

5. Omah Kwalik

Omah Kwalik di Heritage Palace Sukoharjo, Solo Dermaga. Instagram @theheritagepalace Omah Kwalik di Heritage Palace Sukoharjo, Solo

Omah Kwalik menjadi spot foto yang unik karena properti yang digunakan terbalik. Namun, jangan khawatir karena properti tersebut telah diatur sedemikian rupa sehingga aman untuk digunakan.

Palais du Patrimoine buka setiap hari. Sedangkan jam buka The Heritage Palace adalah 09:00-16:30 WIB untuk penjualan tiket.

Namun, pengunjung yang sudah membeli tiket dan berada di dalam Istana Pusaka diperbolehkan mengunjungi kawasan tersebut hingga pukul 19.00 WIB.

Baca Juga: Rumah Budaya Kratonan Solo, Destinasi Wisata Sejarah Kontemporer

Tiket masuk ke Heritage Palace terbagi menjadi dua jenis. Pertama, tiketnya di luar Rp 30.000 per orang.

“Tiket ini hanya dapat diakses di daerah tersebut di luar kursus, selimut terlihat taman dan bangunan cagar budaya,” jelas Franky.

Kedua, tiket terusan seharga Rp55.000 per orang hari dalam seminggu dan Rp 65.000 per orang pada saat itu akhir pekan dan hari libur umum. Tiket terusan ini berlaku untuk semua perjalanan pedalaman dan di luar.

Baca Juga: 5 Hangout Solo yang Instagrammable

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terbaru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button