Berita Wisata

Viral Tiket Masuk Wisata Gunung Pancar Mahal, Pengunjung Menjerit! : Perjalanan okezone

KE Bagi pecinta wisata alam, Bogor merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi karena memiliki banyak tempat wisata alam yang indah. Salah satunya adalah wisata alam Gunung Pancar.

Gunung Pancar yang terletak di kawasan Sentul, Bogor, menjadi salah satu tempat yang diminati masyarakat. Berada di ketinggian 300 hingga 800 mdpl, suhu Gunung Pancar hampir sama dengan suhu kota Bogor.

Pepohonan Gunung Pancar didominasi oleh pohon pinus. Di beberapa daerah juga tumbuh Rasamala, Puspa, Beringin dan lain-lain.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Gunung Pancar, seperti glamping, trekking, outbond, camping, bahkan Anda bisa mengabadikan momen prewedding dengan latar belakang hutan pinus Gunung Pancar.

Wisata Gunung Pancar

Namun, pengelolaan wisata Gunung Pancar belum maksimal. Masih banyak hal yang luput dari perhatian pengelola objek, terutama mengenai penebangan liar yang kerap terjadi di sana.

Video pengaduan pungli oleh pengelola wisata Mont Pancar beredar di jejaring sosial melalui platform TikTok.

Video yang diposting akun @mr.santoso menjelaskan beberapa sampel yang diambil warga di sekitar Gunung Pancar.

Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dari pintu masuk ke kawasan dari gerbang pertama, pengunjung harus membayar sekitar Rp 7.500 per orang. Kemudian begitu memasuki lokasi trail, pengunjung kembali membayar Rp 10.000 per orang.

Sedangkan untuk tarif tempat parkir dihitung bukan berdasarkan jumlah kendaraan, melainkan berdasarkan jumlah penumpang yaitu Rp 20.000 per orang.

Bagi pengunjung yang ingin berendam tarifnya lebih tinggi, mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 100.000 per pengunjung. Padahal, air yang digunakan untuk mandi sudah kotor.

Wisata Gunung Pancar

Jika ingin bersantai atau istirahat sejenak di pondok-pondok di sekitar Gunung Pancar, Anda harus membayar tambahan Rp30.000 per pengunjung.

Dalam keterangan videonya, kreator TikTok itu juga menjelaskan kondisi gubuk yang reyot dan penuh sampah di sekitarnya.

Di kolom komentar, banyak pengguna yang membenarkan adanya pungutan liar yang kerap terjadi di Gunung Pancar. Bahkan, beberapa pengguna juga berbagi pengalaman ketika harus membayar makanan dengan harga yang tidak wajar.

“Betul, kemarin saya keluar uang Rp 400.000 untuk lewat pintu,” tulis akun @tia***

“Kemarin saya makan 2 mie rebus, 3 teh manis, 1 kopi total Rp 90.000,” keluh akun @taw***.

Infografis Kota Bogor

Beberapa pengguna bahkan menandai akun TikTok Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno untuk menuntut perbaikan pengelolaan pariwisata Gunung Pancar.

Dengan potensi wisata yang demikian, sudah seharusnya pengelola dan warga setempat ikut mengembangkannya, agar wisata Gunung Pancar menjadi lebih baik lagi.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button