Berita Wisata

20 Tempat Wisata Yogyakarta Untuk Liburan Super Lengkap

Jakarta

Yogyakarta selalu menjadi salah satu tujuan wisata favorit bagi keluarga. Nah, itulah 20 tempat yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke Yogyakarta.

detikcom telah merangkum tempat wisata Yogyakarta mulai dari pantai hingga kuliner yang wajib kamu kunjungi selama liburan di Yogyakarta.

1.Malioboro

PUBLISITAS

Gulir untuk melanjutkan konten

Tidak cukup ke Yogyakarta jika tidak berkeliling Malioboro. Jalan ikonik dengan Yogyakarta ini menawarkan banyak kegiatan menarik. Salah satunya adalah bisa membeli aneka baju batik atau sekedar jalan-jalan santai.

Selain itu, kini kendaraan sudah tidak bisa lagi melewati kawasan Malioboro, sehingga Anda bisa berkeliling kawasan ini dengan santai tanpa khawatir kendaraan melintas. Coba juga kuliner malam di sekitarnya.

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan Foto: Getty Images/iStockphoto/zodebala

Salah satu candi yang bisa dikunjungi di Yogyakarta adalah Candi Prambanan. Candi yang indah dan megah ini merupakan salah satu bukti peninggalan agama Hindu di Indonesia.

Untuk memasuki kawasan Candi Prambanan, traveler harus membeli tiket, dewasa Rp 50 ribu, sedangkan anak-anak hanya Rp 25 ribu. Candi Prambanan mudah diakses karena berada di jalan utama Yogyakarta-Solo.

3. Pusat Buku Dagang Yogyakarta

Berada di belakang taman pintar, Jogja Shopping Book Center terkadang juga dianggap sebagai bagian dari Taman Pintar oleh banyak wisatawan. Mengapa tempat buku itu menjadi tempat wisata?

Ya, karena di tempat wisata ini Anda bisa berbelanja sekaligus berwisata. Anda bisa berburu foto sambil menikmati suasana klasik khas toko buku lokal.

Apalagi berbagai buku menarik ada di sini, mulai dari buku sekolah, buku kuliah, buku bacaan, hingga buku-buku langka dan yang jarang Anda temukan. Bahkan untuk harga di sini terbilang sangat murah, karena di mall buku banyak toko yang menawarkan buku bekas.

4. Bukit pasir

Destinasi anti mainstream ini disebut gundukan pasir. Di sini Anda bisa berselancar di atas pasir. Bagus kan? Anda juga bisa berfoto ala gurun Dubai sambil menikmati sandboarding.

Gumuk pasir ini terletak di Gumuk Pasir Parangkusumo di Jl.Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Angkutan umum untuk menuju gumuk pasir pantai Parangkusumo bisa menggunakan bus Jogja – Parangtritis. Untuk memasuki kawasan ini, traveler harus membayar biaya masuk sebesar Rp10.000.

5. Pinus Penger

Sejumlah wisatawan bermain di Hutan Pinus Pengger, Dlingo, Bantul, Yogyakarta, Sabtu (14/4/2018).  Hutan pinus yang menawarkan spot foto unik dan menikmati pemandangan dari atas bukit menjadi tujuan wisata alternatif bagi wisatawan dari luar daerah Yogyakarta.Sejumlah wisatawan bermain di Hutan Pinus Pengger, Dlingo, Bantul, Yogyakarta, Sabtu (14/4/2018). Hutan pinus yang menawarkan spot foto unik dan menikmati pemandangan dari atas bukit menjadi tujuan wisata alternatif bagi wisatawan dari luar daerah Yogyakarta. Foto: Pradita Utama

Bantul punya satu Hutan Pinus yang Instagramable, namanya Pinus Pengger. Selain menawarkan pemandangan alam dari ketinggian, Pinus Pengger juga memiliki banyak spot foto yang Instagramable. Ada tujuh spot foto dengan berbagai bentuk, antara lain telapak tangan, jempol, dan jembatan setengah lingkaran.

Untuk mencapai tempat wisata yang terletak di Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul ini, pengunjung hanya perlu menempuh perjalanan darat hingga 23 kilometer dari jantung kota Yogyakarta menuju Desa Mangunan, Dlingo.

6. Jurang Tembelan

Ngarai Tembelan merupakan salah satu tempat wisata yang bisa dikunjungi untuk menikmati pemandangan yang sangat indah dan luar biasa. Jurang Tembelan memiliki keunikan dengan pemandangan jembatan atau gardu pandang yang menyerupai kapal.

Traveler bisa menikmati berbagai pemandangan alam sambil minum kopi atau mencicipi makanan di warung makan yang ada di kawasan Ngarai Tembelan. Jurang Tembelan terdapat di Mangunan, Dlingo, Bantul.

7. Taman Pendidikan Sindu Kusuma

Taman Pendidikan Sindu KusumaSindu Kusuma Edupark Foto: Widi Arini/d’Traveler

Bagi Anda yang mencari tempat wisata di dekat kota, Sindu Kusuma Edupark bisa menjadi pilihan liburan Anda. Sindu Kusuma Edupark merupakan tempat wisata taman hiburan yang menjadi favorit para traveller di Jogja.

Ada beberapa wahana, seperti bioskop 3D, kereta hantu, boom-boom car, flying fox, sepeda, kolam renang, hingga bianglala. Bianglala Raksasa menjadi favorit para traveler karena kincir raksasanya membuat Anda bisa melihat indahnya suasana Jogja dari ketinggian.

Berkunjung ke Sindu Kusuma Edupark selalu menyenangkan bersama keluarga atau pasangan.

8. Tirta Budi atau Blue Lagoon

Bagi yang ingin bermain air di Yogyakarta bisa menuju ke Pemandian Tirta Budi alias Blue Lagoon. Seperti namanya, Blue Lagoon karena airnya berwarna biru dan jernih seperti oasis di padang pasir.

Pemandian ini berbentuk baskom yang tidak begitu besar, terdapat pancuran kecil yang di tengahnya mengalir air dari batang bambu. Dahulu masyarakat setempat menggunakan pemandian ini untuk kegiatan sehari-hari, namun karena keindahan tempat ini, banyak orang yang tertarik untuk berkunjung dan mandi disana.

Meski ukuran kolam Blue Lagoon tidak besar, namun ada yang unik di sini, yaitu adanya ikan-ikan kecil. Jika tubuh kita masuk ke dalam kolam ini, bersiaplah untuk pasukan ikan kecil mendekat.

9. Taman Bunga Matahari

Anda yang suka berfoto bisa datang ke Taman Bunga Matahari yang terletak di Pantai Samas, Bantul, Yogyakarta. Lokasi sangat dekat dengan pantai dan sepanjang jalan dekat pantai terdapat taman bunga matahari.

Di sana Anda dapat mengambil foto sebanyak yang Anda inginkan dengan latar belakang bunga matahari yang bagus. Anda hanya perlu membayar 5.000 rupee untuk tiket masuk. Ada juga alat peraga seperti topi, kaca mata dan sejenisnya untuk berfoto.

10. Bunker Kaliadem

Tempat wisata alam Yogyakarta yang terletak di Sleman ini menampilkan keindahan alam yang sejuk, dingin dan mengasyikkan. Di sini Anda bisa langsung melihat pemandangan keindahan di bawah Gunung Merapi.

Untuk memasuki kawasan Bunker Kaliadem, wisatawan cukup membayar tiket masuk sebesar Rp10.000. Di sini, traveler bisa memilih melihat bunker dan pemandangan Gunung Merapi atau menjelajahi kawasan dengan jeep.

11. Pantai Parangtrite

Suasana di Pantai Parangtritis, Bantul, DIY, Jumat (1/4/2022).Suasana di Pantai Parangtritis, Bantul, DIY Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng

Salah satu pantai yang paling populer di Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Pantai ini unik dengan ombaknya yang besar dan adanya gunungan pasir di sekitar pantai yang biasa disebut gumuk pasir.

Pantai ini berada di desa Kretek, Kretek, Bantul. Untuk memasuki kawasan ini, wisatawan cukup membayar Rp 10.000 saja.

Selain menikmati hamparan pasirnya, traveler bisa menunggu sore di sini. Entah duduk sambil mencicipi buah kelapa muda, bermain air atau berkeliling pantai sambil mengendarai becak.

Selanjutnya Tebing Breksi Yogyakarta Tour.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button