Berita Wisata

Rekomendasi tempat liburan murah dan seru

Pikirkan anggaran yang diperlukan agar pengeluaran selama liburan tidak membengkak

REPUBLIKA.CO.ID, Perayaan akhir tahun kerap dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu bersama orang tersayang. Biasanya orang akan mengunjungi berbagai destinasi wisata yang cocok untuk liburan bersama sahabat atau bersama keluarga. Namun, tidak jarang Anda menemui kesulitan saat memilih destinasi wisata yang akan dikunjungi.

Bahkan, Anda harus berulang kali mengecek rekomendasi tempat liburan dari berbagai situs. Memang menentukan tempat liburan di Indonesia yang akan Anda kunjungi memang sangat sulit.

Di satu sisi, Anda pasti ingin menikmati liburan yang menyenangkan. Namun di sisi lain, Anda juga harus mempertimbangkan anggaran apa yang diperlukan untuk menjaga biaya liburan Anda tetap rendah. Oleh karena itu, tidak hanya perlu menentukan tempat liburan yang bagus, tetapi juga budget yang terjangkau.


Rekomendasi destinasi liburan di Indonesia

Seperti yang kamu tahu, ada banyak tempat liburan di Indonesia yang bisa kamu kunjungi. Bisa dibilang, destinasi wisata di Indonesia sangat lengkap dan tersebar luas dari Sabang sampai Merauke. Mulai dari kekayaan wisata alam, wisata budaya yang tak kalah melimpah, dan lain-lain. Inilah nikmat sebagai warga negara Indonesia yang patut kita syukuri.

Namun karena banyak sekali destinasi liburan yang bagus di Indonesia, terkadang Anda malah pusing saat ingin menentukan destinasi wisata untuk liburan Anda. Lantas dimana saja rekomendasi liburan murah tapi tetap seru di Indonesia? Pergilah, simak ulasan selanjutnya!


1. Taman Nasional Way Kambas, Lampung

Taman nasional adalah tempat wisata yang sangat baik dan layak untuk Anda kunjungi. Tempat wisata ini terletak di Lampung Timur. Situs ini berada di bawah pengawasan langsung Kementerian Kehutanan sebagai tempat konservasi beberapa satwa yang jumlahnya dianggap semakin berkurang. Beberapa di antaranya adalah gajah dan harimau sumatera, siamang, buaya dan lain-lain.

Jika Anda berkunjung ke sini, Anda bisa menyaksikan proses perkembangbiakan hewan-hewan yang ada. Tidak Tidak hanya itu, Anda juga dapat berkemah, melakukan perjalanan di hutan, mengamati kehidupan liar, dan melakukannya pelatihan keluar.

Selain itu, Anda juga akan merasakan atraksi gajah di sini. Taman Nasional Way Kambas bisa menjadi pilihan rekomendasi tempat liburan yang menarik di Indonesia, apalagi jika Anda mengajak anak-anak karena biasanya anak-anak tertarik dengan dunia satwa liar. Selain itu, Anda juga bisa mendidik mereka tentang pentingnya menjaga alam dan lingkungan, terutama dalam hal pemberdayaan hewan yang dilindungi.

Untuk biaya sendiri, mahasiswa hanya dikenakan biaya Rp 3.000. Sedangkan wisatawan domestik umum dikenakan biaya Rp 5.000 hingga Rp 7.000 untuk masuk ke kawasan Way Kambas. Untuk biaya parkirnya sendiri, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 hingga Rp 20.000 tergantung kendaraan yang Anda gunakan.

2. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Bagi Anda yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, mungkin sudah bosan dengan pemandangan pusat kota yang dipenuhi gedung-gedung tinggi dan megah. Beruntung ada tempat wisata bagus yang masih masuk dalam wilayah administrasi DKI Jakarta yaitu Kepulauan Seribu. Seperti namanya, ada berbagai pulau yang bisa Anda kunjungi. Mulai dari Pulau Bidadari, Pulau Onrust, Pulau Tidung, Pulau Pari dan masih banyak lagi.

Untuk tiket masuk dan transportasi akan dikenakan biaya mulai dari Rp 25.000. Selama waktu tersebut, Anda akan menaiki kapal dari Pelabuhan Kali Adem dan Pelabuhan Marina Ancol menuju tempat tujuan. Tempat liburan yang recommended ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menikmati wisata laut dan pantai tanpa mengeluarkan biaya yang terlalu besar.

3. Dieng

Kalau bicara destinasi liburan yang bagus, maka Dieng wajib masuk. Bagaimana tidak, kawasan pegunungan Jawa Tengah ini selalu berhasil memukau wisatawan yang berkunjung dengan keindahan alamnya. Sebut saja Bukit Sikunir, Telaga Warna, Telaga Pengilon, Kawah Sikidang, bahkan Gunung Prau bisa Anda akses melalui Dieng.

Namun keindahan Dieng tidak hanya terletak pada wisata alamnya saja. Banyak juga tempat wisata budaya dan wisata yang bisa anda kunjungi seperti Candi Arjuna dan Museum Kailasa. Bahkan, Festival Budaya Dieng digelar rutin setiap tahun. Biasanya akan ada beberapa acara yang menjadi agenda, seperti festival jazz di atas awan dengan berbagai bintang tamu, karnaval budaya dan lampion terbang bersama.

Salah satu keunggulan Dieng sendiri tentunya adalah harga masuk yang relatif murah untuk setiap destinasi wisatanya yaitu hanya berkisar Rp10.000 hingga Rp25.000. Hal ini menjadikan Dieng salah satu rekomendasi tempat liburan di Indonesia yang wajib kamu kunjungi saat liburan akhir tahun.

4. Taman Sari, DI Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan salah satu daerah di Indonesia yang masih kaya akan budaya. Hal ini terlihat dari bangunan tua dan peninggalan yang masih berdiri kokoh di tanah Jogja. Salah satu cagar budaya yang bisa Anda kunjungi adalah Taman Sari yang terletak di Patehan, Kraton Yogyakarta.

Bangunan ini merupakan taman keraton peninggalan Keraton Yogyakarta. Menurut situs Biro Kebudayaan Provinsi DIY, Taman Sari dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1757 dengan menggabungkan arsitektur Jawa dan Portugis. Hal inilah yang membuat Taman Sari memiliki gaya arsitektur yang sangat indah, sehingga cocok bagi Anda yang menyukainya berburu Foto.

Di dalam Taman Sari terdapat berbagai bangunan dan kotak foto yang sangat indah dengan tampilan bangunan kerajaan yang klasik. Sejumlah kotak di Taman Sari yang bisa anda gunakan adalah Gedhong Gapura Hageng, Sumur Gumuling, Umbul Pasiraman, Gedhong Sekawan dan masih banyak lagi.

Sementara itu, harga tiket masuk ke salah satu tempat liburan rekomendasi di Jogja ini hanya Rp 5.000 untuk wisatawan lokal.

5. Malioboro, DI Yogyakarta

Jalan Malioboro merupakan kawasan yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Yogyakarta. Soalnya, di kawasan ini banyak sekali barang yang bisa kamu beli dengan harga yang cukup terjangkau. Mulai dari makanan khas Yogyakarta, pakaian, aksesoris dan pernak-pernik. Selain itu, kamu juga bisa menjumpai artis-artis yang kerap unjuk kebolehannya di sini.

Namun, pesona Malioboro Tidak hanya ini, kamu tahu. Kawasan Malioboro bisa dibilang strategis. Memang ada beberapa destinasi yang cocok dijadikan rekomendasi tempat liburan saat berkunjung ke Jogja, yaitu Pasar Beringharjo, Museum Benteng Vredeburg, Tugu Jogja, dan Zero Mile Yogyakarta.

6. Pelabuhan Ratu, Jawa Barat

Jika Anda mengunjungi provinsi Jawa Barat, Pelabuhan Ratu sepertinya tempat wisata yang bagus untuk dikunjungi. Berlokasi di Sukabumi, destinasi wisata yang satu ini begitu memesona dengan beragam hal yang ditawarkan. Bisa dibilang kawasan ini dikuasai oleh tempat wisata air, seperti Pantai Citepus, Pantai Cimaja, Karang Hawu, Curug Cikaso, Curug Sodong dan masih banyak lagi.

7. Kawah Ijen, Jawa Timur

Rekomendasi tempat liburan ini agak beda dari yang lain. Kawah Ijen adalah sebuah kawah di Gunung Ijen. Uniknya, kamu bisa menyaksikan blue fire yang hanya ada dua di dunia ini, kamu tahu. Fenomena api biru atau api biru hal ini memang sangat jarang terjadi karena bercampurnya oksigen dengan gas alam dari Gunung Belerang. Bahkan, jika Anda mengunjungi kawah Ijen, Anda harus mengunjunginya pada pagi hari sebelum matahari terbit agar bisa terlihat lebih jelas.

Kemudian, karena destinasi liburan di Indonesia ini berada di kawasan pegunungan, Anda juga bisa menikmati hamparan pemandangan dari puncak Gunung Ijen.

Selain itu, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya jika ingin berkunjung ke sini. Biaya masuknya hanya sekitar Rp 5.000 hingga Rp 7.000 ditambah biaya parkir. Namun, Anda juga perlu mengeluarkan uang ekstra untuk menyewa masker gas saat memasuki kawasan kawah Ijen.

Berikut beberapa rekomendasi tempat liburan murah dan asyik untuk mengisi liburan akhir tahun Anda bersama keluarga dan orang-orang tersayang. Ke mana Anda berencana untuk berlibur? Saya harap Anda memiliki liburan yang baik dan pergi sesuai rencana.

Biarkan liburan Anda Tidak lebih rumit dan lebih menyenangkan, Pergilah coba atur rencana liburan anda dengan aplikasi daftar tugas disebut DoCheck. Anda dapat berkolaborasi dengan teman untuk membuat rencana liburan impian dengan fitur kolaborasi aplikasi. Memang, Anda juga dapat bertukar komentar langsung di aplikasi, kamu tahu. Tentunya hal ini akan memudahkan Anda dalam berkoordinasi untuk menyusun rencana-rencana yang telah disusun.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button