Berita Wisata

Banjir Semarang mulai surut, perbaikan hingga perbaikan tanggul jebol di Pantai Marina

Semarang, CNNIndonesia

Banjir yang membanjiri sejumlah tempat di kota semarang mulai mundur. Dermaga Pantai Marina yang menjadi salah satu penyebab banjir juga sudah diperbaiki.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi memastikan banjir khususnya Jalan Raya Kaligawe yang merupakan akses jalan menuju Pantura sudah surut.

Situasi yang sama juga terjadi di permukiman Genuk, Pedurungan, Ngaliyan, dan Semarang Barat yang terendam banjir sejak Sabtu (31/12) lalu.

PUBLISITAS

GULIR UNTUK MEMBATASI KONTEN

Polda Jateng juga menerjunkan ratusan personel untuk membantu upaya darurat, antara lain memperbaiki tanggul yang jebol di Pantai Marina dan mengatasi banjir di sejumlah wilayah dengan cara memompa air.

“Tiga titik banjir di Kota Semarang yakni Kaligawe, Genuk dan Marina saat ini secara umum sudah berangsur surut. Kami berupaya meminimalisir dampak banjir. Di Marina, tanggul sudah berhasil ditutup, ombak mulai turun, sehingga air laut tidak akan meluap ke daratan,” kata Luthfi saat berkunjung ke posko dapur umum dan kesehatan yang dioperasikan Satbrimobda dan jajaran Biddokkes Polda Jateng di Genuk, Semarang, Rabu (4/1).

Meski mundur, Luthfi tetap meminta jajarannya untuk membantu logistik pangan bagi warga terdampak banjir di beberapa lokasi di Kota Semarang.

“Kami juga memperhatikan bantuan, dapur umum, dll. Saya perintahkan jajaran Semarang untuk memenuhi kebutuhan logistik dan pangan warga selama pengungsian,” jelas Luthfi.

Sejumlah petugas juga telah disiagakan untuk berpatroli di pemukiman warga yang terkena banjir. Langkah ini diambil untuk mengamankan harta benda warga setelah mereka dievakuasi ke lokasi pengungsian.

“Patroli permukiman dilakukan oleh anggota Polrestabes, Polsek dan Ditpolairud menggunakan perahu karet, juga dibantu oleh relawan,” jelasnya.

(dmr/isn)

[Gambas:Video CNN]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button