Berita Wisata

Wisata Kawah Ijen memang unik dan memiliki keindahan blue fire

JURNALACEH.COM- Kawah Ijen merupakan salah satu tujuan wisata utama di Provinsi Jawa Timur. Lokasinya berada di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi.

Kawah Ijen merupakan objek wisata alam berupa danau asam, berwarna hijau kebiruan yang memiliki kedalaman hingga 200 meter. Volume danaunya juga bisa mencapai 36 juta meter kubik dan memiliki ketinggian 2.386 meter di atas permukaan laut.

Danau ini terbentuk secara alami akibat letusan Gunung Ijen yang masih aktif sehingga membentuk lekukan besar dan menjadi sebuah danau.

Baca juga: 7 Sirkuit Rekomendasi di Tangerang, Cocok untuk Piknik Keluarga

Tempat wisata alam ini memiliki pemandangan yang sangat indah, sehingga tidak hanya menarik wisatawan lokal saja, tetapi juga mancanegara.

Meski jaraknya jauh dan pendakian yang harus Anda lakukan cukup sulit, namun Anda tidak akan menyesal begitu sampai di puncak, karena Anda bisa melihat keindahan kawah Ijen yang sangat mempesona dan akan membuat Anda terkagum-kagum.

Keunikan dari kawah Ijen adalah memiliki api biru atau blue fire yang berasal dari hasil pembakaran gas belerang gunung Ijen.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Wisata Di Jakarta Timur Yang Hits Dan Seru

Fenomena blue fire di kawah Ijen biasanya muncul antara pukul 02.00 hingga 04.00 WIB. Api biru di tengah malam yang gelap menciptakan cahaya yang begitu indah.

Karena keindahan blue fire tersebut, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang rela melakukan night climbing dan dinginnya suasana malam untuk mencapai blue fire tersebut.

Tempat wisata alam ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, mulai dari toilet, warung makan, pemandu wisata, tempat parkir yang luas, dan pusat oleh-oleh.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button