Berita Wisata

5 Dapur Khas Ciamis yang Cocok Untuk Kenang-kenangan

menyenangkan

Selain wisata alam yang indah, Kabupaten Ciamis juga memiliki segudang kuliner khas yang wajib dicicipi, mulai dari makanan berat hingga jajanan sebagai oleh-oleh.

Saat berkunjung ke Ciamis, berikut beberapa rekomendasi kuliner yang bisa Anda coba untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

1. Galendo

Kuliner Ciamis, Galendo.Galendo. Foto: spesial

Galendo merupakan salah satu makanan khas Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Terbuat dari ampas pati minyak kelapa yang diproses untuk menghasilkan rasa manis dan asin. Galendo dapat dikonsumsi langsung atau digunakan sebagai campuran bahan makanan.

Proses pembuatan Galendo dimulai dengan mengupas sejumlah kelapa dan kemudian memarutnya. Kelapa parut disaring dan patinya diambil dan diendapkan.

Setelah didiamkan selama beberapa jam, sari kelapa tersebut kemudian dimasukkan ke dalam panci besar kemudian dimasak menggunakan kompor. Proses memasak galendo memakan waktu hingga 4 jam.

Setelah pati matang terlihat kuning, minyak kelapa dipisahkan kemudian disaring hingga minyaknya mengalir ke dasar ember. Kemudian ditekan untuk memisahkan minyak dan galendo. Setelah kering, galendo siap dikemas dan dipasarkan.

Ada dua jenis galendo yang biasa dijual, dalam bentuk batangan atau bubuk. Harganya sekitar Rp 80 ribu per kilogram.

2. Abon Rajawali

Abon Sapi, masakan khas Ciamis.Ciamis daging giling spesial. Foto: spesial

Parutan adalah makanan yang terbuat dari serat daging hewan atau abon. Abon Rajawali merupakan salah satu oleh-oleh khas Kabupaten Ciamis, Jawa Barat yang sangat populer dan digemari.

Cita rasa yang dipertahankan sejak tahun 1968 menjadi ciri khas Abon Rajawali. Dibuat dengan resep tradisional Ibu Iloh. Sejak tahun 2000, Abon Rajawali telah diproduksi oleh generasi ketiga, yaitu Novi Mustika Dewi.

Rumah produksi Abon Rajawali terletak di Kelurahan Rancapetir, Desa Ciamis, Kecamatan Ciamis. Pemasaran Abon Rajawali biasanya dilakukan di kota-kota besar seperti Bandung, Bekasi, Depok dan Jakarta. Abon adalah makanan siap saji yang disantap dengan nasi.

Untuk harga Abon Rajawali per onsnya Rp 34 ribu. Pembeli juga bisa membeli sesuai keinginan tergantung dana yang tersedia. Untuk 80 gram sampai 1 ons, itu bisa untuk tiga kali makan.

3. Soto Iyun

Soto iyun merupakan masakan khas Ciamis yang sudah melegenda. Soto iyun ini memiliki rasa dan bumbu yang enak, membuat masyarakat ketagihan untuk mencicipi soto iyun ini.

Warung nasi yang membuka ke Jalan Wr Supratman, Ciamis, Jawa Barat. Buka setiap hari untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Harga untuk satu porsinya mulai dari sekitar Rp 20 ribu.

Memiliki toilet, tempat parkir yang luas dan juga lokasi yang dekat dengan pusat kota.

4. Pasang Gembrun

Makanan Khas Ciamis, Colok Gembrung.Pasang Gembrun. Foto: spesial

Colok gembrung adalah jajanan berkerikil seperti sate dan sudah ada sejak lama. Camilan ini hanya tersedia di Ciamis.

Colok gembrung memiliki cita rasa yang khas, karena bumbunya dibuat dengan resep khusus berdasarkan galendo yang juga merupakan makanan khas Ciamis. Kulit atau ampasnya dipotong kecil-kecil mirip dengan sate tetapi ditusuk dengan lidi.

Saat dimakan, kulitnya lembut. Olahan bumbu galendo yang melapisi kulit terasa asin dan sedikit manis.

Cara memakannya bisa langsung sebagai camilan. Atau bisa juga disantap dengan ketupat dan nasi. Colok gembrung dinikmati oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Harga colokan gembrung hanya Rp 1.000, namun dijual menggunakan ikat daun pisang per ikat. Mulai dari Rp 5 ribu dan Rp 10 ribu.

5. Penjualan pisang

Jualan khas Ciamis terbuat dari bahan baku pisang Siem yang banyak diproduksi sebagai produk rumah tangga. Salah satu penjualan yang terkenal adalah sale pisang sukasuka atau yang juga dikenal dengan sale sby.

Penjualan SBY ini berasal dari Desa Karanglayung, Desa Cijeungjing, Kecamatan Cijeungjing. Disebut penjualan SBY karena pernah meraih penghargaan Upakarti Pelayanan Perintis yang diberikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Jual beli pisang ada bermacam-macam, mulai dari jual ambon, jual tipis, jual gulung, jual bulat dan jual molen. Harga jual pisang sekitar Rp 20 ribu hingga Rp 35 ribu.

Ini adalah beberapa makanan khas Ciamis yang terkenal. Padahal, masih banyak kuliner Ciamis lainnya yang bisa dicicipi dan dijadikan oleh-oleh, seperti seroja, jeruk kalua, jawadah takir, mustofa (olahan kentang), sate etom dan lain-lain.

(iqk/iqk)

Source: www.detik.com

Related Articles

Back to top button