Tempat Wisata

Sireview Lauik, Pendakian ekstrim dengan pemandangan yang menakjubkan

Lihatlah Lauik ke salah satu destinasi terpopuler dan menantang di kota Padang yang menarik untuk dijelajahi. Jalur ekstrim dihiasi dengan pepohonan, perbukitan dan pemandangan laut dari ketinggian.

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: J L. Selayo-Padang, Indarung, Kec. Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat; map: Cek lokasi

Sireview Lauik adalah sebuah jalan di Sumatera Barat. Rute tersebut merupakan salah satu dari 4 rute ekstrim di Sumatera. Tremnya berupa tikungan tajam, disertai tanjakan yang cukup curam.

Jalan tersebut cukup berbahaya bagi pengemudi atau pengemudi pemula. Dimana jalan yang berbahaya seringkali memakan korban jiwa. Meski demikian, lintasan jalan berbahaya ini cukup unik dan menarik. Pemandangan yang terbuka dari jalan sangat indah dan bisa memanjakan mata.

Banyak pengendara yang turun dari kendaraannya hanya untuk menikmati keindahan panorama alam yang spektakuler. Beberapa orang juga sering berfoto dan selfie di tempat ini. Jalur Sireview Lauik merupakan satu-satunya jalan yang menghubungkan Padang ke Arosuko atau ke kota Solok.

Kisah Sireview Lauik

Kisah Sireview LauikSumber gambar: Twitter @infosumbar

Sejarah nama Sireview Lauik karena setiap pengendara yang melewati jalan terjal ini bisa menikmati keindahan alam yang menakjubkan.

Pemandangan alam dan pemandangan kota Padang dari ketinggian. Hal ini membuat para pengendara terpesona dan menggiring orang dahulu untuk memberi nama Sireview Lauik ke destinasi ekstrim ini.

Tempat ini dikelilingi oleh banyak pohon dan bukit. Ada sebuah sungai kecil yang juga menghiasi keindahan alamnya. Sungai mengalir di sepanjang jalan.

Jalan tol yang menjadi jalur utama bagi pengendara yang ingin berkendara ke luar kota ini memiliki sejarah yang singkat. Dulu sebelum menjadi bagus dan mulus seperti sekarang. Itu adalah jalan berbatu yang mudah.

Jalan ini berupa tanah biasa yang becek dan licin saat hujan. Selain lumpur, tanah longsor bisa terjadi saat hujan dan jalan ditutup.

Selain itu, jalan ini juga bisa berdebu di musim panas. Karena kering dan jarang hujan. Namun dengan keindahan alam yang tersaji di tempat ini, orang bisa bertahan untuk berjalan kaki melewati jalanan tersebut.

Karena semakin banyak pengendara lewat di jalan, jalan sedang diperbaiki. Kini Jalan Sireview Lauik telah berubah menjadi jalan aspal indah yang memiliki pesona indah di sepanjang jalan.

Lambat laun, tempat menakutkan bagi pengendara menjadi pusat wisata. Situs ini dikunjungi oleh pengunjung dari berbagai latar belakang. Sekarang ada rest area di kedua halte dan sekaligus tempat untuk menikmati keindahan alam di sekitar rute yang menantang.

Pos ada di depan tikungan tajam. Lalu satu lagi tak jauh dari tikungan tajam Sireview Lauik.

Pendakian maut ini terletak di Padang, Sumatera Barat. Lokasi tepatnya berada di jalan raya menuju Arosuko, Solok. Jalan masuk yang merupakan tempat wisata ini berjarak 1 jam dari Kota Padang. Sireview Lauik adalah jalan yang berjarak 15 km dari pusat kota

Fakta menarik dari Sireview Lauik

Fakta tentang LauikSumber gambar: Twitter Zackey454ss

1. Jalur menakutkan dan ekstrim yang tidak pernah sepi

Fakta unik dari hit spot yang merupakan lintasan berbahaya ini adalah tidak pernah sepi pengunjung. Selain itu, tempat yang kini menjadi tempat wisata ini juga tidak pernah sepi dari pengendara. Jalan ekstrim selalu dipadati kendaraan yang melintas.

Menurut beberapa pengamat yang mengamati lintasan Silihat Lauik, jalan tersebut diperkirakan dilalui lebih dari sembilan ribu kendaraan. Tidak hanya kendaraan roda empat, sepeda motor, bus, dan truk juga silih berganti melintasi jalan tersebut.

Lalu lintas jalan utama sering dicadangkan pada waktu-waktu tertentu. Penyebab kemacetan lainnya adalah seringnya beberapa truk yang membawa barang tiba-tiba berhenti di pinggir jalan. Truk biasanya mengangkut banyak barang dan melebihi batas maksimal. Hal ini menyebabkan kemacetan lalu lintas di lokasi tersebut.

2. Jalan lebih lebar dari jalan raya lainnya

Karena seringnya terjadi kemacetan di jalur ini, pemerintah telah melebarkan jalan lebih lebar dari jalan tol lainnya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kemacetan di jalan raya.

Namun fakta menunjukkan, meski jalan sudah sering dilebarkan, namun masih sering terjadi kemacetan. Kelebihan beban tersebut seringkali menyebabkan beberapa kejadian dan kejadian yang tidak diinginkan.

3. Sireview Lauik sering mengambil pengorbanan

Selain macet, jalan ekstrem ini juga sering memakan korban. Dimana jalan terjal tersebut memiliki sejarah misterius yang membuat pengendara selalu berhati-hati di titik ini.

Kecelakaan mobil sering terjadi jika disebabkan oleh jalan yang licin. Penyebab lainnya adalah tumpahan minyak CPO. Selain itu, penyebab lainnya adalah masalah pada rem pada kendaraan pengemudi.

4. Jalan utama yang menghubungkan kota

Fakta menarik tentang LauikSumber gambar: Twitter Tmcpoldametro

Rute unik Sireview yang berbahaya adalah jalan utama di Kota Pandang. Rute ini menghubungkan kota dengan kota-kota lain.

Di Sumatera Barat hanya ada satu jalan utama. Jalan tersebut hanya bisa dilalui orang yang ingin melintasi kota atau provinsi.

5. Rute Nasional

Semakin ramai dengan pengunjung, jalan tersebut menjadi penghubung antar kota. Tidak hanya antar kota, jalan yang sebenarnya merupakan jalur nasional ini juga dapat menghubungkan provinsi lain dengan provinsi Sumatera Barat.

Jalan ini digunakan sebagai jalan nasional. Dimana treknya adalah jalan yang dipenuhi pepohonan dan hutan di sepanjang jalan.

Atraksi Sireview Lauik

Daya tarik Sireview LauikSumber gambar: Twitter perjalanan udara

1. Berada di ketinggian 220 meter di atas permukaan laut

Karena berada di ketinggian 220 meter di atas permukaan laut, situs Sireview Lauik yang kini menjadi tempat wisata memiliki udara yang sejuk.

Selain itu, suhunya dingin dan sejuk. Alhasil, pengunjung merasa nyaman dan berlama-lama di lokasi wisata.

2. Keajaiban keindahan alam

Meski merupakan tempat yang berbahaya, jalur ini menjadi salah satu tempat favorit bagi sebagian orang yang sering berkunjung ke tempat ini. Selain itu, lokasi ideal ini juga menjadi dambaan sebagian orang yang belum pernah mengunjungi tempat tersebut.

Kawasan wisata dengan keindahan alam menjadi salah satu pilihan tempat wisata. Dimana tempatnya dingin, suasana dan suhunya sejuk. Bukit-bukit yang indah dapat dilihat dari jauh.

Selain itu, dari ketinggian jalan Anda bisa menikmati keindahan laut. Luasnya Samudra Hindia memang menakjubkan. Anda tidak akan menemukan ini di tempat lain.

3. Panorama alam yang mempesona

Kawasan jalan Sireview Lauik tidak hanya menawarkan keindahan alam perbukitan dan laut yang indah. Namun di pagi hari, tempat wisata ini menyimpan panorama alam yang menakjubkan. Di pagi hari, embun yang diselimuti cahaya mulai menerangi hal yang menarik.

Tidak hanya di pagi hari, saat sore hari dimulai, tempat ini akan dipenuhi oleh para pecinta yang menunggu indahnya matahari terbenam.

Jika senja terlewatkan, malam juga akan terlihat sangat menakjubkan dari ketinggian jalan ini. Ribuan lampu perumahan di sekitar kota yang terlihat dari ketinggian adalah pemandangan yang harus dilihat.

Di tempat ini terdapat pendopo yang berfungsi untuk singgah dan menikmati keindahan kota Padang. Anjungan yang berbentuk seperti rumah adat khas Minang ini selalu ramai dikunjungi pengunjung. Tempat ini bernama Padang Scenic Point.

Dimana anda bisa melihat pemandangan kota Padang dari kejauhan dari pendopo. Tidak hanya Padang Scenic Point yang ramai saat musim liburan tiba, namun pada hari-hari biasa tempat ini akan tetap ramai.

Lubuk Paraku adalah tempat wisata di dekat jalur seram. Tempat wisata ini adalah rumah pemandian. Pemandian ini memiliki aliran air yang segar dan sejuk. Sumber airnya berasal langsung dari sumber air pegunungan.

THR atau Taman Hutan Raya Bung Hatta adalah sebuah taman yang terletak di dekat Jalan Silihat Lauik. Taman Hutan Raya sama dengan Taman Hutan Raya lainnya. dimana beberapa tumbuhan langka dilestarikan di taman dan ada juga tumbuhan yang keberadaannya dilindungi.

Kejadian unik di Sireview Lauik

Sireview kegiatan Lauik KegiatanSumber gambar: Twitter Suka fotobus

Beberapa insiden dan peristiwa sering terjadi di jalan utama Sireview Lauik. Sebuah kecelakaan mobil terjadi di mana pengemudi kehilangan kendali atas kendaraan. Kecelakaan ini terjadi pada tahun 2020. Mobil masuk dan terjebak di jurang.

Untungnya, semua penumpang mobil selamat. Tidak ada kematian. Para korban mengalami luka ringan karena terjatuh saat mobil melaju ke jurang.

Sebuah insiden satu kali juga bus tingkat yang lewat di jalan. Bus tingkat itu melewati rute Sireview Lauik yang berliku dan curam dengan kecepatan yang santai.

Menurut beberapa pengamat, pengemudi bus tampak terlatih saat mengemudikan bus tingkat. Diduga sopir bus sudah terbiasa melewati jalan tersebut.

Tips melewati pendakian Sireview Lauik

Tips Ulasan LaikSumber gambar: Twitter hipoabisida

Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, Anda harus mempersiapkan kendaraan Anda sebelum keberangkatan. Periksa kendaraan Anda untuk anomali. Seperti rem, ban sepeda motor dan lain-lain. Pastikan tidak ada masalah di dalam kendaraan. Yang terpenting kendaraan sudah dirawat agar tidak rewel saat mendaki tanjakan yang terjal.

Di Jalan Sireview Lauik, hati-hati jangan sampai mendahului kendaraan di depan. Ikuti jalan Anda sendiri. Juga, cobalah untuk mengurangi kecepatan Anda saat mengemudi.

Berkonsentrasi pada mengemudi. Jika Anda merasa lelah dan mengantuk, mintalah teman Anda untuk mengganti pengemudi. Jika tidak ada waktu luang, Anda bisa beristirahat sejenak untuk menghilangkan rasa lelah dan kemudian melanjutkan perjalanan. Pengendara bisa menikmati keindahan alam di sekitar pelek sebelum melanjutkan perjalanan.

Fasilitas yang tersedia di Sireview Lauik Padang

Fasilitas Sireview Lauik FasilitaSumber gambar: Twitter Kautsar Tirta Fu

Destinasi wisata ini, padat dan tidak pernah sepi, tidak memiliki fasilitas yang lengkap, bahkan sangat sedikit. Masyarakat setempat dan pemerintah setempat belum memperhatikan lokasi wisata tersebut.

Tidak ada tempat untuk membuang sampah di sekitar tempat wisata. Juga, tidak ada kamar mandi atau bahkan tempat untuk mencuci tangan. Beberapa warung yang menjual jajanan di kawasan tersebut hanya buka dan berjualan pada hari libur. Pedagang tidak terlihat pada hari kerja, meskipun pengunjung masih ramai. Penjualan yang dijajakan tidak lengkap dan masih sangat terbatas.

Itulah beberapa informasi tentang Sireview Lauik yang mencolok di kota Padang. Melakukan perjalanan dan melintasi tanjakan ekstrim ini diharapkan Anda berhati-hati dan ingat untuk mengabadikan momen saat berada di tanjakan hits ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button