Berita Wisata

Berkat Dana Bersama, Pemdes Sungai Cingam Gelar Festival Pantai – RIAU24JAM.COM

RUPAT, RIAU24JAM.COM – Berbagai kegiatan di Pantai Ketapang Desa Sungai Cingam melalui BUM Cingam Jaya Leadership for Community Empowerment Program Bermasa Bupati Bengkalis Kasmarni dan H. Bagus Santoso dalam Olah Raga Seni Budaya Pemdes Sungai Cingam, festival Jong-layar kabupaten Rupat, voli pantai dan gasing sebagai seni budaya di seluruh Riau. Turnamen yang berlangsung ±5 hari ini dibuka secara resmi oleh Ketua Parbudpora Kabupaten Bengkalis Edi Sakura, Senin (26/12) pagi.

Berbagai kegiatan hari pembukaan seperti tarian bernuansa melayu dan hiburan lainnya diadakan pada pembukaan festival Jong Layar, Bola Voli Pantai dan Gasing yang sebelumnya mengadakan direct entry serta selebaran promosi.

Tampak hadir dari berbagai elemen seperti yang disampaikan dalam sambutan Kepala Desa Sungai Cingam “Jamil, S.Pd.I, Bupati Bengkalis yang diwakili oleh Kepala Badan Parbudpora” Edi Sakura, S.Pd, M .Pd”, Lembaga Adat Melayu Sei. Cingam dan Anggota, Camat Rupat diwakili oleh Sekretaris Cam M.Zaki Nasrul Haq, S.STP, Camat Rupat Utara, Afrizal Kapolsek Rupat Iptu Siswoyo dan Anggota, Dan Ramil O4 Rupat Kapten Inf Tamram dan para anggota, rekan-rekan perangkat desa Ketua yang hadir Ibu TP PKK Sei. Cingam beserta anggota, ketua dan anggota BPD, Kadus, RT/RW dan seluruh instansi yang hadir adalah pendamping desa, ratusan penonton dan peserta mengikuti lomba tersebut.

Pak Jamil dalam sambutannya mengatakan,
Adapun kegiatan yang kami lakukan saat ini kami laksanakan dari anggaran Dana Bermas. Kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bengkalis, Ibu Kasmarni, yang telah meluncurkan Dana Satu Anggaran Satu Milyar Dolar.

“Kami selaku Pemdes Sungai Cingam dan seluruh masyarakat desa, program ini membantu kami dalam melakukan berbagai kegiatan, baik fisik maupun pemberdayaan masyarakat. Aplaus Bupati Bengkalis,” ujar Kades Jamil.

Lanjutnya, dengan Negeri Pantai Ketapang, kami di sini selalu bersinergi dengan program Bupati ini, bagaimana Pulau Rupat bisa terkenal. “Jadi hari ini adalah ‘AWAL’, semoga tahun depan lebih ramai lagi. Yang kita harapkan tahun depan peresmian disini,” harap Pak Jamil.

Selanjutnya Sambutan Pangdam Rupat Aulia yang diwakili oleh Bapak Zaki Nasrul Haq, Kami mohon bantuan dana massal untuk usulan Bupati Kasmarni 1M untuk satu desa, satu kecamatan dan satu kecamatan, kami dari kecamatan kabupaten, dari desa Sungai Cingam khususnya, kami telah berada di bidang kerjasama. “Insyaallah tahun depan kita bisa menganggarkan untuk festival tersebut, agar lebih meriah lagi, kita dari pemerintah berupaya untuk memperluas lahan di Pantai Ketapang ini,” kata Zaki.

Selain itu, sambutan Kadisparbudpora Edi Sakura menyampaikan terima kasih kepada pemerintah desa dan masyarakat Desa Sungai Cingam serta pihak-pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Ketapang Beach Festival 2022. Semoga festival ini dapat dijadikan sarana promosi potensi destinasi wisata. di Desa Sungai Cingam.

“Kita tentu berharap dengan potensi wisata yang ada disini, Desa Sungai Cingam suatu saat nanti bisa mencanangkan diri sebagai desa wisata Kabupaten Bengkalis bahkan dunia. Namun perlu diingat bahwa pengembangan desa wisata tidak bisa dilakukan secara instan, hanya dengan membuat objek wisata atau mengadakan event wisata di desa,” kata Edi Sakura.

Lebih dari itu, lanjut Kadisparbudpora, konsep pengembangan desa wisata harus mampu memenuhi sejumlah elemen penting yang tidak lepas dari peran komunitas atau masyarakat sebagai aktor utama. Demikian juga harus mempersiapkan diri menjadi tuan rumah yang baik bagi wisatawan saat berkunjung ke obyek-obyek wisata di desa ini, selain harus memperkuat perekonomian masyarakat dengan menggunakan aset dan potensi yang dimiliki. Saat ini, pariwisata merupakan salah satu industri yang dapat kita andalkan untuk mendukung pergerakan ekonomi desa dan daerah.

“Kami menyambut baik Ketapang Beach Festival ini, karena industri pariwisata memiliki komponen utama yang dapat memberikan multiplier effect yang tinggi, berupa destinasi, daya tarik wisata dan gastronomi daerah, transportasi, akomodasi, perbankan, dll, sehingga pariwisata menjadi sangat menjanjikan. daerah,” jelasnya.

Kami Pemkab Bengkalis terus berupaya memajukan dan mengembangkan industri pariwisata di daerah ini, antara lain wisata pantai, wisata alam, wisata religi, wisata kuliner dan lain-lain. Kami juga memberikan bantuan keuangan khusus kepada desa Bermasa (BKK) yang telah kami salurkan 1 Milyar per desa, dengan melakukan kegiatan yang positif dan bermanfaat seperti ini. Apa yang kami lakukan sejalan dengan tujuan program unggulan Bantuan Keuangan Massal, yaitu agar desa dapat melakukan aktivitas kehidupan masyarakat, termasuk percepatan infrastruktur dan penguatan sumber daya. upaya mendukung pencapaian Kabupaten Bengkalis Bermarwah. , Maju dan Sejahtera (Bermasa).

“Untuk itu, masyarakat mohon bersinergi, bekerjasama dan mendukung, agar kegiatan ini terlaksana dengan sukses, sehingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Kami juga mengharapkan dukungan masyarakat Sungai desa Cingam kecamatan Rupat, agar dana Bermas ini terus kita laksanakan dan anggarkan, dalam upaya kita bersama membangun desa agar lebih maju dan mandiri serta juga percepatan dalam upaya mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera, baik secara jasmani dan rohani.
Semua potensi yang ada di desa kami hadir melalui perencanaan yang terstruktur dan terarah, termasuk pantai di Ketapang ini, sehingga kami bisa mandiri dalam pengembangan pariwisata yang sekaligus mempercepat peningkatan ekonomi masyarakat”, ujar Edi. Sakura.

Terakhir kata Edi Sakura menyampaikan pesan Bupati Bengkalis, kepada masyarakat yang mengikuti animasi Ketapang Beach Festival 2022, kami ucapkan selamat berlomba, selamat berkompetisi, selamat bersenang-senang dan yang terpenting jaga keselamatan. keamanan dan ketertiban serta kebersihan pantai kita. . Memberikan dukungan yang baik dan bermanfaat, agar Festival ini dapat berjalan sesuai rencana.**

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button