Tempat Wisata

Pantai Sowan Tuban – atraksi, aktivitas liburan, lokasi dan harga tiket

Pemandangan, aktivitas liburan, lokasi & harga tiketPantai Sowan salah satu pantai unik di tuban yang menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan ditumbuhi banyak jenis pohon. Pantai yang menawarkan berbagai wahana permainan seru dan spot foto keren.

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Bogoran, Bogorejo, Kec. Bancar, Kab.Tuban, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Pantai Sowan adalah sebuah pantai di Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Itu terletak di balik hutan lebat pohon seperti Randu, Klampis dan Acacia. Dengan ini, udara di pantai ini sangat sejuk dengan pemandangan yang indah. Keteduhan pepohonan di sana pasti akan membantu Anda.

Dengan cara ini, pantai ini sangat cocok untuk liburan, baik liburan panjang maupun liburan akhir pekan. Selain itu, pantai ini juga memiliki fauna seperti burung jalak, kutilang, prenjac dan perkutut yang membuat telinga Anda mendengar suaranya yang merdu khas. Sangat menarik bukan?

Oleh karena itu, tempat wisata di Pantai Sowan ini sangat cocok untuk liburan anda untuk menenangkan pikiran dan membuang penat untuk sementara waktu. Namun sebelum Anda pergi ke pantai ini, alangkah baiknya untuk mengetahui detail dari destinasi ini.

Atraksi Pantai Sowan

Atraksi Pantai SowanKredit foto: Solusi Rekayasa Google Maps

1. Pemandangan alam yang indah

Keindahan Pantai Sowan tidak perlu diragukan lagi. Banyak flora dan fauna bertemu di sana. Seperti pepohonan rindang, makhluk laut, burung, monyet, ular bahkan hewan lainnya. Tentu saja karena pantai ini berada di balik hutan.

Namun, hutan yang dimaksud bukanlah hutan liar atau rimba raya, melainkan hutan yang dihiasi dengan payung unik berwarna-warni agar terlihat indah dan menarik. Wisatawan tentu akan tertarik.

2. Banyak taman bermain

Pantai Sowan memiliki banyak wahana baik untuk anak-anak maupun dewasa. Wahana tersebut tentunya tidak berada di pinggir pantai yang berombak. Sehingga wisatawan tertarik untuk mengunjungi tempat ini. Apalagi untuk liburan keluarga.
Selain itu, pantai ini juga memiliki taman bermain untuk orang dewasa. Di antaranya adalah flying fox. Pengunjung akan berteriak kencang karena kendaraan yang satu ini.

3. Jumlah spot foto Instagram-ready

Pantai ini juga memiliki spot foto instagramable yang bisa mencerahkan feed media sosial kamu. Seperti foto di sepeda gantung dan karpet ajaib. Di spot foto ini kamu bisa berfoto sendiri atau berpasangan.

Meskipun layak untuk mengambil foto di sini, Anda tidak akan rugi karena foto Anda pasti akan terlihat bagus. Namun ada spot foto gratis seperti plakat tulisan, bukit kayu, foto dengan background laut dan masih banyak spot foto lainnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Sowan

Alamat Pantai SowanKredit foto: Google Maps Dody Hariyanto

Alamat Pantai Sowan berada di Dusun Bogoran, Desa Bogorejo. Lebih tepatnya, di Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur. Selain itu, ada beberapa jalur atau rute yang bisa digunakan untuk menuju pantai. Jadi sangat mudah untuk mengakses jika Anda pergi ke sana.

Untuk menuju tempat wisata pantai ini relatif mudah karena tempat wisata yang satu ini dilalui oleh kendaraan umum. Jalur angkutan umum, Anda bisa naik Angkot atau Len. Namun, Anda harus tetap dekat dengan Tuban. Pertama anda berada di kecamatan Jenu, kemudian anda melewati hutan Jenu, setelah itu menuju Desa Glondong dan berakhir di kecamatan Bancar atau kecamatan Tambak Boyo.

Di kecamatan Bancar terdapat Pantai Sowan di sebelah barat. Anda juga akan menemukannya dengan mudah karena berada di pinggir jalan pantai utara.

Tetapi jika Anda masih tidak tahu, jangan takut untuk bertanya. Pastinya warga sekitar tahu tentang keberadaan pantai cantik ini. Tetapi jika Anda sangat pemalu, gunakan teknologi Google Maps terbaru. Meskipun terkadang tidak tepat, aplikasi ini sangat membantu.

Selain itu, ada jalur kedua yaitu dengan bus, pilih bus AKAP dengan tulisan Surabaya-Tuban. Jangan lupa beritahu kondektur jika ingin singgah di Pantai Sowan. Nanti kalau sudah sampai, akan diberitahu.

Rute dari kota Rembang mengikuti jalur pantai utara menuju Surabaya. Pantai yang indah ini berjarak 45 km dari pusat kota. Rute dimulai dari kecamatan Pati kemudian menuju ke Sluke dan prospek, setelah itu mencapai Kragan dan Sarang, kemudian mencapai perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur dan berakhir di desa Sukolilo menuju Bulu.

Berbeda dengan rute yang sudah disebutkan, rute terakhir adalah jika Anda ingin mengendarai kendaraan pribadi. Rute dimulai dari Terminal Tuban, lalu ikuti saja jalur pantai utara Tuban menuju Semarang. Jarak pantai ini sekitar 40 km dari pusat.

Harga Tiket Masuk Pantai Sowan Tuban

Harga Tiket Masuk Pantai Sowan TubanSumber Gambar: Google Maps Alfiyan Anwar

Pantai Sowan dimiliki oleh tiga institusi, sehingga memiliki harga yang relatif tinggi dibandingkan dengan wisata pantai lainnya. Tapi jangan khawatir, harganya masih terjangkau untuk semua pengunjung.

Biaya masuknya bervariasi yaitu Rp 10.000 untuk hari biasa dan harga Rp 15.000 dikenakan pada akhir pekan atau hari libur. Biaya parkir sendiri adalah Rp 3.000 untuk kendaraan bermotor dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda 4. Seperti halnya pariwisata pada umumnya, biaya untuk menggunakan toilet adalah Rp 2.000.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Sowan

Aktivitas menarik Pantai SowanSumber gambar: Google Maps Supriyanto Supriyanto

1. makanan

Makan adalah sesuatu yang wajib bagi manusia. Tak terkecuali saat berlibur di Pantai Sowan. Namun kali ini, jangan makan makanan buatan sendiri, junk food, atau makanan yang Anda makan setiap hari. Namun makanan di pantai ini adalah makanan laut yang sangat bervariasi dengan rasa yang enak.

Oleh karena itu, liburan keluarga yang harmonis tentu tercapai. Karena jika Anda sibuk di rumah dan jarang makan bersama keluarga, komunikasi akan sedikit. Beginilah momen liburan ini paling pas, terutama saat makan.

2. Berenang

Liburan di pantai pasti akan banyak bertemu air. Banyaknya air mengundang Anda untuk bermain dan berenang. Namun tetap ikuti aturan yang berlaku agar tetap aman dan terlindungi.

Aturannya seperti batas di mana Anda bisa berenang. Karena aturan ini untuk keselamatan Anda sendiri. Tapi pasti ada turis yang tidak bisa berenang, kan? Tapi jangan khawatir, masih banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di tempat wisata ini.

3. Nikmati drive game

Pantai Sowan tidak hanya indah dan sejuk, tetapi juga memiliki banyak wahana, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Jadi moms tidak perlu khawatir dengan si kecil karena wahana anak tidak ada di pantai. Tetapi Anda harus membayarnya lagi.

Seperti disebutkan, ada wahana dewasa seperti Flying Fox, spot foto sepeda gantung, karpet ajaib dan lain-lain.

4. Nikmati alam dengan jalan-jalan di hutan

Kegiatan menarik selanjutnya adalah alam Tadabur, dimana kita selalu bisa mensyukuri apa yang telah diciptakan oleh Yang Maha Kuasa. Di pantai ini Anda bisa melihat kreasi kekuatan yang sangat luar biasa seperti pohon akasia yang hijau dan rindang. Suara deburan ombak menghempaskan semilir angin yang sejuk. Anda dapat melakukan ini dengan berjalan-jalan melalui hutan.

Fauna termasuk burung, ular sanca, monyet dan makhluk laut. Bisa menenangkan pikiran dan membuat Anda bersyukur bisa berlibur di pantai yang indah ini. Sehingga liburan bukan hanya liburan, tetapi juga iman dan ilmu bertambah.

Akomodasi hemat terdekat dari Lokasi Pantai Sowan

Akomodasi hemat terdekat dari Lokasi Pantai SowanSumber gambar: Google Maps Andri Purna

1. Hotel Favorit Tuban

Pertama ada penginapan bernama Favehotel Tuban. Lokasi hotel ini berjarak 3,92 km dari Pantai Sowan. Jika Anda berlibur di pantai ini, baik bersama keluarga maupun sendiri, ada baiknya Anda memilih hotel ini karena fasilitasnya yang cukup lengkap.

2. Hotel Charis Tuban

Selanjutnya adalah Votel Hotel Charis Tuban. Hotel ini sangat dekat dengan pantai ini yang hanya berjarak 1,83 km. Anda dapat berjalan kaki ke pantai dari penginapan ini.

3. Guest house di pelabuhan

Penginapan ini adalah yang paling populer di pantai. Bulu Fishery Harbour Guest House Inn menjadi pilihan populer bagi wisatawan karena fasilitasnya yang cukup lengkap.

Fasilitas di Sowan Beach Tuban

Fasilitas Pantai Sowan TubanSumber gambar: Google Maps Abdul Kohar

Banyak sekali fasilitas yang bisa kamu dapatkan di tempat ini. Diantaranya yaitu tempat parkir yang sangat luas, outbond atau camping, prewedding pasangan atau bahkan anda prewedding bersama pasangan, toilet dan warung dengan aneka makanan dan minuman yang enak.

Fasilitasnya sangat lengkap. Anda juga bisa berteduh di bawah pohon yang rindang ditemani berbagai fauna disana dengan udara yang sejuk. Selain itu, tersedia pula fasilitas berbagai wahana yang akan membuat Anda betah. Bahkan jika perjalanannya berbayar, itu akan membuat liburan Anda tak terlupakan.

Itulah beberapa informasi tentang Pantai Sowan di Tuban. Banyak wisatawan yang datang ke sini dan memberikan ulasan yang baik. Bagaimana Pantai Sowan membuat daftar liburan Anda selanjutnya?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button