Berita Wisata

Abrasi merusak pantai Pandansari, Bantul, mengancam bangunan

Bantul, IDN Times – Abrasi melanda Pantai Pandasari, Kabupaten Bantul. Akibatnya, jalan aspal sepanjang hampir 200 meter dan lebar hampir tiga meter di sisi utara Pantai Pandansari itu rusak parah, bahkan kendaraan tidak bisa melintas.

Selain merusak jalan aspal, rumah dan kebun buah naga juga terancam rusak akibat gelombang pasang.

1. Jalan aspal sepanjang 200 meter hancur diterjang gelombang pasang

Abrasi merusak Pantai Pandansari, Bantul, mengancam bangunan dan tamanAbrasi di Pantai Pandansari Bantul (IDN Times/Daruwaskita)

Seorang warga Pantai Pandansari, Sumberejo mengatakan, jalan yang rusak parah tidak bisa lagi dilalui akibat abrasi pantai terjadi pada bulan ke-10 tahun 2022 saat gelombang pasang air pasang hampir menerjang kawasan pesisir selatan Bantul.

“Sebenarnya di jalan itu ada pohon cemara yang sekarang rusak dan hancur, tapi pohon cemara itu juga tumbang diterjang ombak. Setelah itu, hanya 200 meter jalan yang juga rusak diterjang gelombang pasang,” ungkapnya. Kamis (4/1/2023).

Baca Juga: Alasan Pesisir Selatan Jogja Lebih Berbahaya Dibanding Pantai Utara Jawa

2. Jalan aspal yang tersisa juga terancam rusak parah akibat gelombang pasang

Abrasi merusak Pantai Pandansari, Bantul, mengancam bangunan dan tamanAbrasi di Pantai Pandasari Bantul (IDN Times/Daruwaskita)

Menurut Sumberejo, jalan beraspal hanya menyisakan sekitar 200 meter yang kondisinya masih bagus. Namun, pinus di sisi selatan jalan juga sudah mulai tumbang, dan air laut sudah mendekati daratan.

“Bila tahun ini abrasi kembali, dipastikan jalan aspal yang berjarak sekitar 20 meter dari bibir pantai akan hancur diterjang gelombang pasang,” ujarnya.

Bukan hanya jalan yang rusak parah, rumah dan kebun buah naga di sisi utara Pantai Pandansari juga terancam diterjang ombak.

“Bila ombak menerjang kebun buah Mangunan, dipastikan bibit buah naga juga akan mati karena terkena air laut yang mengandung garam,” ujarnya.

3. Dikhawatirkan kawasan konservasi penyu Pantai Samas juga terkena abrasi

Abrasi merusak Pantai Pandansari, Bantul, mengancam bangunan dan tamanAbrasi Pantai Pandasari Bantul (IDN Times/Daruwaskita)

Sementara itu, Rujito, warga Pantai Samas, tak jauh dari Pantai Pandansari mengatakan abrasi yang terjadi di Pantai Pandansari terparah pada 2022. Ratusan pohon cemara tambak udang tumbang bahkan jalan akses aspal menuju Pantai Pandansari juga rusak akibat longsor. gelombang pasang.

“Memang cemara tidak efektif menahan abrasi, tapi alam tidak bisa melawan,” ujarnya.

Pria yang kerap disapa Mbah Duwur ini khawatir gelombang pasang yang diperkirakan terjadi pada pertengahan 2023 juga akan menerjang pantai Samas.

“Tempat konservasi penyu saat ini hanya berjarak 50 meter dari bibir pantai, saya khawatir juga akan terkena ombak,” katanya.

Baca juga: Nelayan Bantul Tak Laut, Pasokan Ikan Langka

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button