Berita Wisata

Benteng Martello di Taman Purbakala Onrust telah menarik puluhan ribu wisatawan ke Kepulauan Seribu

TEMPO.CO, JakartaBenteng Martello di Taman Purbakala Onrust merupakan salah satu tempat wisata di Kepulauan Seribu. Sepanjang tahun 2022, sebanyak 28.691 wisatawan mengunjungi Kawasan Cagar Budaya Desa Pulau Untung Jawa.

Mis ‘Ari, Kepala Unit Pengelola (UP) Museum Bahari Jakarta mengatakan, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung. Taman Arkeologi Onrust. Selain kawasan cagar budaya, tempat ini juga menjadi destinasi wisata bahari.

“28.691 wisatawan berwisata melihat peninggalan sejarah zaman kolonial Belanda, termasuk Benteng Martello,” kata Mis’ Ari, Kamis, 5 Januari 2023, seperti dikutip dari Di antara.

Dari data Unit Pengelola Museum Bahari Jakarta, diketahui jumlah kunjungan terbanyak ke kawasan cagar budaya itu ada di pulau seribu itu terjadi pada bulan Juli, yaitu 3.737 wisatawan. Kemudian 3.699 orang berkunjung di bulan Juni dan 3.512 orang di bulan Agustus. Kunjungan pada Mei tercatat 3.105 orang dan pada Maret 2.646 orang.

Wisata Sejarah Taman Purbakala Onrust meliputi tiga pulau yaitu Pulau Onrust, Pulau Cipir dan Pulau Kelor. Ketiga pulau tersebut memiliki bangunan bersejarah dari zaman penjajahan Belanda.

Mis’Ari memperkirakan kunjungan wisatawan ke Benteng Martello dan bangunan bersejarah lainnya di kawasan itu akan lebih tinggi pada 2023 dibandingkan tahun lalu karena PPKM dicabut. Revitalisasi gedung VOC di Pulau Onrust sudah selesai. Dermaga di ketiga pulau itu juga diperbaiki pada 2022, kata Mis’ Ari.

Baca juga : Benteng Martello, sisa-sisa kejayaan Belanda di Pulau Kelor

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button